Tips dan Cara Membersihkan Gitar yang Benar

Cara paling sederhana dalam merawat gitar adalah dengan membersihkannya dari berbagai kotoran. Gitar anda harus dibersihkan secara teratur atau setidaknya setiap kali gitar tersebut terlihat kotor atau kusam. Disamping gitar anda terlihat bersih dan mengkilap, tentu dari segi kualitas resonansi suara dan nadanya tetap terjaga.


Tips dan Cara Membersihkan Gitar yang Benar
Tips dan Cara Membersihkan Gitar yang Benar

Tetapi ada beberapa panduan khusus yang harus diperhatikan ketika menangani kotoran, minyak, keringat, dan asap yang mungkin telah menempel pada gitar, itu semua terjadi karena penggunaan atau memang kelalaian anda. Tentu saja hal tersebut sangat beresiko merusak kualitas gitar. Prosedur ini berlaku untuk semua gitar, baik itu gitar akustik maupun gitar listrik dan mungkin bisa berlaku juga untuk gitar bass. Terlebih lagi jika anda memiliki gitar vintage, tentu anda harus memiliki perawatan yang ekstra hati-hati demi menjaganya. Berikut ini adalah tips dan cara membersihkan gitar yang benar.

Bersihkan senar (string) dari kotoran yang menempel

Debu adalah partikel yang selalu terdapat dimana-mana. Tentu saja hal tersebut dapat menempel pada gitar anda. pada umumnya debu dapat dihapus dengan kain kering atau kemoceng, tapi jika debu tersebut telah bercampur dengan minyak alami dari kulit anda, tentu akan menjadi kotoran yang lengket dan menempel pada semua permukaan gitar. Terutama pada bagian senar (string) anda.

Minyak alami yang keluar dari kulit ujung jari anda setiap kali memainkan gitar, seiring waktu minyak ini akan menimbulkan korosi terhadap bahan tali senar dan menyebabkan penumpukan kotoran. Akibatnya senar menjadi lebih cepat aus dari biasanya, menghambat jalan terdengarnya resonansi senar dan yang paling parah kotoran telah meresap kedalam pori-pori fingerboard.

Cara terbaik untuk menjauhi kotoran yang menumpuk adalah dengan membersihkan bagian bawah senar setiap kali selesai memainkan gitar. Anda dapat menggunakan kain lap, tisu atau kapas untuk menghilangkan kotoran tersebut. Lakukan pembersihan dengan cara mencubit senar yang dilapisi kain dari ujung atas sampai ke bawah panjang senar. Usahakan setelah di lap senar benar-benar kering dan tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Tips terbaik membersihkan senar (string) gitar

Mungkin ini sedikit memakan waktu, namun idealnya jika anda ingin membersihkan senar gitar yang terbaik adalah dengan melepasnya dari gitar. Disamping anda dapat membersihkan senar secara menyeluruh dari kotoran, andapun dapat membersihkan pada bagian lainnya seperti fingerboard atau pada sela-sela fretboard menjadi lebih mudah. Bermain aman dengan melepas dua atau tiga senar sewaktu-waktu dalam membersihkan gitar tidak akan menyebabkan ketegangan atau kerusakan pada leher (neck) gitar anda.

Bersihkan Fretboard Anda

Meskipun sebuah gitar sering dimainkan, pada bagian fretboard benar-benar hanya perlu dibersihkan sekali atau dua kali saja dalam satu tahun. Hal ini penting karena untuk menjaga kelembaban alami fretboard dari minyak yang keluar melalui jari anda. Mulailah membersihkan fretboard dengan lembut, kain basah (sebuah kaos atau kaos kaki tidak terpakai mungkin?) yang telah benar-benar diperas atau dihilangkan airnya, karena pastinya anda tidak menginginkan ada air yang menetes pada fretboard tersebut. Untuk masing-masing fretboard diusahakan agar menggunakan bagian kain yang berbeda, agar tidak memindahkan kotoran dari satu fret ke fret yang lain.

Tips membersihkan kotoran pada fretboard yang sulit dihilangkan dengan kain basah

Jika fretboard anda telah memiliki kotoran yang benar-benar menempel dan sulit dihilangkan hanya dengan mengelap menggunakan kain basah, mungkin anda dapat membersihkannya dengan sikat kawat baja yang kecil. Namun perlu di ingat bahwa anda harus menutup pada bagian pickup (untuk gitar listrik) dengan rapat, karena dikhwatirkan serabut dari sikat kawat tersebut akan menempel pada magnet yang terdapat di pickup.

Cara lain untuk membersihkan fret pada bagian yang sulit dijangkau, mungkin anda dapat menggunakan ujung kartu ATM atau bekas kartu perdana seluler, kapas basah, pipa kecil yang bersih atau sikat gigi kecil.

Kemudian jika fretboard anda telah kering, selanjutnya anda dapat menyelesaikannya dengan mengoles pada bagian fret tersebut menggunakan cairan khusus pembersih fretboard (biasanya tersedia di toko alat musik). Atau alternatif penggantinya adalah dengan menggunakan minyak yang mengandung mineral atau minyak zaitun (pengalaman penulis menggunakan minyak kayu putih atau pelumas mesin 'singer' :D ). Pastikan penggunaan minyak tidak terlalu berlebihan, namun jika itu terjadi hapuslah dengan kain kering.

Bersihkan body gitar pada bagian depan dan belakang

Sebuah gitar sebagian besar bagian-bagiannya berbahan kayu, dan sebagian besar setiap jenis kayu sangat membutuhkan perawatan yang telaten, terutama kayu pada gitar anda. bersihkan kayu dari debu dan segala jenis kotoran, karena hal tersebut akan mengurangi penampilan gitar anda.

Bersihkan body gitar pada bagian depan dan belakang dengan menggunakan kain kering atau kain basah yang telah benar-benar diperas airnya. Untuk bagian siku-siku body gitar yang sulit dijangkau anda bisa menggunakan minyak seperti yang digunakan untuk membersihkan fretboard.

Tips memoles ulang body gitar anda

Beberapa kali dalam setahun, setelah melakukan pembersihan mungkin anda berfikir ingin untuk memoles kembali gitar anda dengan menggunakan vernish agar terlihat mengkilap seperti baru. Yang perlu diperhatikan anda harus benar-benar jeli dalam memilih vernish dengan merek terbaik (yang disarankan oleh ahlinya), atau sebagai saran jika anda memiliki gitar elektrik dengan merek tertentu misalkan Gibson, produsen mereka biasanya menyediakan vernish khusus yang siap digunakan untuk memoles ulang gitar produksi mereka. Dan pastikan ketika memoles gitar, semprotkan cairan vernish ke lap bukan secara langsung ke gitar anda. Selanjutnya silahkan poles body pada bagian depan dan belakang termasuk leher (neck) gitar anda. Proses ini berlaku untuk gitar listrik dan gitar klasik atau akustik.

PERINGATAN!!! Apapun yang anda lakukan, jangan pernah memoles gitar anda dengan menggunakan vernish untuk furnitur. Minyak ini secara permanen akan dapat merubah resonansi gitar anda, seperti kayu yang akan mengalami kerapatan tekstur jika dibasahi dengan bahan vernish ini.

Membersihkan tuning keys

Semprot lap kering dengan pembersih kaca dan poleslah masing-masing tuning keys sampai mereka mengkilap kembali.

Membersihkan bridge

Sebuah kain basah seharusnya cukup untuk membersihkan bagian bridge pada gitar anda, tetapi mungkin anda juga membutuhkan pipa pembersih yang kecil atau sikat gigi kecil untuk membersihkan kotoran yang melekat pada sela-sela bridge tersebut.

Membersihkan pickup atau bagian hardware (untuk gitar listrik)

Meskipun sebuah kotoran atau debu tidak mempengaruhi kinerja bagian hardware atau pickup anda, tetapi tetap saja hal tersebut tidak akan menarik untuk dilihat ketika gitar sedang dimainkan. Anda hanya perlu membersihkannya dengan lap kering pada bagian tersebut, atau jika anda ingin membuatnya mengkilap gunakanlah cairan yang tidak bersifat abrasif (cairan khusus memoles pickup atau tanyakan kepada ahli).

Jangan pernah menyentuh pickup gitar listrik dengan apapun selain kain kering atau sikat pembersih debu. Pickup bersifat magnetis dan sangat membenci air, jangan pernah mengambil resiko dengan mengganggu medan magnet tersebut karena pickup sangat sensitif dengan cairan.

Tips membersihkan pickup yang berkarat

Jika pickup gitar anda terkena karat, yang harus anda lakukan adalah buka atau keluarkan pickup dari gitar anda dengan menggunakan kunci khusus pembukanya, hati-hati jangan sampai mengganggu jaringan kabel yang terletak di bagian dalam. Kemudian bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih karat (tanyakan kepada ahli), dengan cara memolesnya secara lembut dengan kain bersih.

Tambahan
  • Setelah selesai memainkan atau membersihkan gitar anda biasakanlah untuk menyimpan kembali pada tempatnya, dalam arti softcase atau hardcase gitar tersebut. Jangan dibiasakan menyimpan gitar di lantai terbuka atau didirikan di atas lantai, dan yang terparah jangan pernah sekalipun menggantung gitar di tembok karena akibatnya sangat fatal.
  • Untuk gitar klasik atau akustik jauhkan gitar dari sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama atau terkena air hujan, karena untuk menghindari kelembaban yang drastis dan perubahan suhu yang dapat merubah tekstur kayu. Jika gitar anda retak karena pernah mengalami benturan atau terjatuh segeralah bawa ke tempat perbaikan, karena jika dibiarkan retakan akan terus melebar dan bertambah parah.
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
August 15, 2016 at 9:09 AM delete

saya pake gitar cort SFX-ME NAT..... fretboardnya saya lap dgn kain basah... lalu warnanya berubah menjadi lbh terang... apakah akan kembali ke warna semula atau ini tidak wajar

Reply
avatar
August 15, 2016 at 9:29 AM delete

kalau pengalaman saya pernah di lap dengan kain basah (tidak terlalu basah), asalkan harus segera dilap kembali dengan kain yang kering agar fretboard tidak menjadi lembab. untuk masalah warna saya tidak pernah mengalami perubahan.

Reply
avatar
September 28, 2016 at 12:35 AM delete

Benar Banget. Tips Cara Merawat Gitar ini akan sangat berguna bagi seorang gitaris.

Reply
avatar
loading...