Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Musik telah menjadi bagian sangat penting dari setiap kebudayaan yang dikenal di bumi. Meskipun tidak sepenting dengan urusan makan atau bernafas, namun entah bagaimana telah menjadi salah satu tindakan paling dasar dari orang-orang di seluruh dunia. Sebagai salah satu contoh bukti, kita telah melihat sebuah seruling yang di ukir dari tulang pada masa periode prasejarah. Bagaimana sebuah musik dapat mempengaruhi kita semua?


Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Banyak dari kita mungkin tidak menyadari, sebuah makanan cepat saji terdapat yang menyehatkan maupun yang tidak. Hal ini pun berlaku untuk musik, ada yang dapat membantu kesehatan kita dan ada juga yang tidak bagus untuk metabolisme tubuh kita. Jadi disini, jika anda tidak menyukai sebuah musik klasik mungkin anda akan kehilangan manfaat yang bagus untuk tubuh anda. Begitu juga sebuah makanan yang tidak enak rasanya belum tentu tidak memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh.

Banyak generasi muda saat ini mengetahui berbagai tokoh klasik yang terkenal seperti Mozart, Beethoven atau Bach, namun belum mendengarkan musik mereka. Kebanyakan musik yang didengar mencakup musik pop, rock atau rap dan sesekali mendengarkan country. Sayangnya, tidak banyak sekali yang menyadari manfaat dari mendengarkan musik klasik.

Berikut ini adalah manfaat dari mendengarkan musik klasik :

Membantu latihan anda

Biasanya kita berasumsi bahwa ketukan musik yang cepat akan membantu mendorong semangat dalam berbagai latihan anda seperti senam, aerobik, gym, dll. Namun mungkin ini sedikit mengejutkan bagi kebanyakan orang, karena sebenarnya musik klasik membantu semangat dalam latihan-latihan tersebut lebih dari jenis musik lain. Terdapat fakta ilmiah yang mendukung bahwa musik klasik membantu anda selama latihan, yaitu membuat denyut jantung dan tekanan darah turun dan juga mengambil pikiran anda dari kelelahan serta rasa sakit yang anda alami selama berolahraga. Energik tapi musik klasik yang memiliki tempo yang tidak terlalu cepat dapat menemani latihan anda menjadi lebih baik.

Relaksasi selama kehamilan dan persalinan

Saat ini semakin banyak perempuan yang memilih mendengarkan musik klasik untuk meningkatkan perkembangan bayi mereka selama kehamilan. Seorang ibu hamil yang mendengarkan musik klasik membantu bayi untuk belajar membedakan antar suara, yang akan membantu dalam memori pendengaran si bayi yang sedang berkembang. Hal ini sangat penting dalam kemampuan bahasa. Memilih saluran musik klasik yang baik akan sangat menyentuh hati anda selama masa kehamilan dan setelah proses persalinan.

Meningkatkan memori anda

Bagian dari otak yang memproses memori terletak tepat di sebelah bagian yang memproses musik. Musik yang terbiasa anda dengarkan akan memiliki efek yang pasti pada memori anda. Percobaan ini dikenal dengan efek Mozart yang terbukti bahwa musik klasik tidak meningkatkan keterampilan menghafal tapi efeknya bersifat sementara, tetapi kemudian para siswa disuruh untuk tidak mendengarkan musik apapun dalam jangka waktu yang lama. Hal ini diyakini musik dengan tempo 60 ketukan per menit seperti Mozart atau Baroque dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan tepat pada waktu yang bersamaan. Aktifasi simultan ini dari kedua sisi otak sangat membantu dalam retensi belajar dan keterampilan mendengar.

Sebagai perangsang otak yang baik

Musik klasik bukan sembarang jenis musik biasa seperti yang terstruktur secara keseluruhan secara bersama-sama, berbeda dari lagu-lagu umum yang ada, serta ketukan yang kita dengar. Hal ini lebih kompleks untuk otak kita dalam mengolahnya. Ketika kita mendengarkan musik klasik jalur otak kita yang memproses penalaran spasial dirangsang, ini adalah fungsi yang rumit dari otak kita yang dikenal sebagai penalaran spasial temporal. Kemampuan kita harus dapat membayangkan ruang dan waktu, serta dapat membuat atau memindahkan gambaran di dalamnya. Kemampuan ini membantu kita sebagai manusia mempelajari ilmu abstrak, rencana dan berfikir untuk waktu kedepan.

Penghilang stress

Hal ini tidak hanya dari kalangan pecinta musik, tetapi juga dari orang-orang yang bekerja pada profesi medis. Mereka merekomendasikan musik klasik dapat menenangkan dan menghilangkan stress yang umum di dunia moderen. Karya klasik yang diciptakan oleh Mozart, Beethoven atau Bach yang dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan sangat bekerja untuk menurunkan tingkat stress secara baik. Untuk pasien di rumah sakit, musik klasik dapat membantu mengatasi kecemasan mengenai kesehatan mereka dan juga membantu dalam mentolerir rasa sakit. Terapi musik adalah cara yang mudah dan murah untuk mengatasi stress dan kecemasan.

Menurunkan tekanan darah

Apakah anda ingin menjaga jantung anda tetap sehat? Menurut sebuah studi Universitas Oxford, dengan mendengarkan musik klasik dapat membantu mengurangi tekanan darah seseorang. Dalam studi tersebut, peneliti memperdengarkan peserta dengan berbagai musik yang berbeda, termasuk rap, pop, techno dan klasik. Musik klasik terdengar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah peserta, sementara sebaliknya rap, pop dan techno benar-benar telah meningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan kreativitas

Untuk meningkatkan kreativitas anda, terutama untuk seorang anak kecil dianjurkan secara rutin dalam mendengarkan musik klasik. Memang dengan mendengarkan musik klasik tidak akan langsung membuat anda kreatif, namun memori musik tersebut akan membantu dimasukan ke dalam pola pikir yang lebih kreatif.

Menghilangkan atau mengatasi depresi

Ketika anda merasa jatuh dalam kesedihan, mungkin sebaiknya biasakan untuk mendengarkan beberapa musik klasik. Karena beberapa penelitian telah membuktikan bahwa musik klasik telah membantu meringankan depresi dan melankolis perasaan hati seseorang. Bahkan dari sebuah studi di Meksiko, bahwa dengan mendengarkan musik klasik dapat membantu meringankan gejala depresi.

Membantu proses dan meningkatkan kualitas tidur

Apakah anda pernah merasakan sulit untuk tidur bahkan telah mencoba untuk memejamkan mata selama berjam-jam? Cobalah untuk sambil mendengarkan musik klasik sebelum tidur. Menurut sebuah studi dari orang-orang yang mengalami kesulitan dalam masalah tidur, dengan mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur dapat membantu proses dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Membuat bahagia

Apakah anda ingin menghilangkan suasana hati yang buruk? Dengan mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan sekresi dopamin, yang mengaktifkan serta memberikan perasaan senang pada pusat otak. Bahkan studi penelitian pada tahun 2013, bahwa musik dapat membantu menempatkan orang dalam suasana hati yang lebih baik.

Meningkatkan produktivitas

Untuk membantu meningkatkan produktivitas anda cobalah dengan mendengarkan musik klasik. Serangkaian penelitian telah membuktikan bahwa, dengan mendengarkan musik klasik membuat atau melakukan pekerjaan yang berulang-ulang menjadi lebih menyenangkan. Ditambah sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Maryland menemukan bahwa musik klasik baroque dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi ahli radiologi.

Silahkan di coba! Walaupun sebuah musik klasik tidak dapat meningkatkan IQ anda hingga sempurna, namun masih terdapat banyak manfaat lain dalam mendengarkan musik ini. Jangan hanya mendengarkan dan mengetahui berbagai manfaat ini, tapi anda sendiri harus mencobanya secara langsung dan mengalaminya. Seperti saya sedang mendengarkan musik klasik, ketika menulis artikel ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel : Era Musik Klasik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...