Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Samsung Galaxy Note 4

Jika anda seorang penggemar dari seri Samsung Galaxy Note (atau seorang penggemar Phablets), mungkin artikel ini sangat cocok bagi anda yang ingin meningkatkan performa smartphone yang anda miliki.
Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Samsung Galaxy Note 4
Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Samsung Galaxy Note 4

Galaxy Note 4, merupakan phablet andalan Samsung yang dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Anda memiliki dua pilihan spesifikasi prosessor yang disediakan yaitu quad-core maupun octa-core. Anda dapat mengabadikan berbagai momen menarik, hanya dari sekedar coretan atau gambar yang iseng sampai dengan bermain game yang seru pada smartphone anda.

Tapi tahukah anda, meski telah di desain dengan tampilan yang mewah, kemudahan, serta kemampuan hardware yang canggih, Samsung Galaxy Note 4 ini masih dapat ditingkatkan dari segi kecepatannya. Berikut ini diantaranya :

Ganti TouchWiz UI

Silahkan ganti dengan menggunakan Google Now Launcher pada Galaxy Note 4 anda pada TouchWiz UI (user interface khusus buatan samsung). Akibatnya phablet anda akan terasa lebih cepat digunakan, tampilan lebih bersih, serta lebih ramping dari berbagai efek yang digunakan. Namun tidak perlu khawatir, anda masih memungkinkan untuk dapat memanfaatkan fitur S Pen anda yang mengagumkan. Hanya dengan menginstal Google Now Launcher dan tekan tombol Home, pilih Google Now dan tekan Always.

Gunakan Download Booster

Jika anda pernah melakukan download sebuah file dan itu berlangsung lumayan lama, atau bahkan tidak selesai sehingga aplikasi Galaxy Note 4 anda terlanjur otomatis tertutup. Cobalah dengan memanfaatkan fasilitas Download Booster, yang berfungsi dan memungkinkan anda secara bersamaan menggunakan koneksi Wi-Fi dan paket data internet untuk men-download file pada kecepatan hiper. Namun pastikan anda memiliki kuota data yang cukup untuk melakukan hal ini, kemudian pilih menu Setting -> More Networks (in Connection) kemudian aktifkan Download Booster.

Membersihkan beberapa ruang penyimpanan

Sebagian alasan ponsel anda semakin terasa lambat dari waktu ke waktu adalah karena terlalu banyaknya file yang usang atau sudah tidak berguna yang tersimpan. Bisa jadi hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan, maka sesekali waktu disarankan anda untuk dapat membersihkannya. Pindahkan file musik anda ke memori eksternal (SD Card), hapus aplikasi anda yang sama sekali tidak pernah digunakan, backup foto-foto anda ke cloud torage (penyimpanan awan) dan kosongkan folder download anda. Dengan menjaga Galaxy Note 4 anda ramping dari file penyimpanan dan bersih akan menjaga performa kecepatan smartphone ini.

Hilangkan shortcut S voice

Hal ini adalah bagaimana cara anda menyingkapi, sebuah Galaxy Note 4 akan benar-benar kembali ke layar awal ketika anda menekan tombol home. Ini karena Note 4 memiliki cara pintas untuk aplikasi S voice dihubungkan terhadap tombol home. Dengan menekan satu kali menuju halaman awal, sedangkan dengan menekan dua kali untuk halaman S voice.

Dengan mematikan menu ini, akan membuat Note 4 anda dapat kembali ke layar awal lebih cepat karena sistem tidak akan ragu untuk langsung menuju ke halaman awal, dengan menunggu perintah tekan kedua. Silahkan masuk ke halaman S voice, tekan tombol menu pada bagian kanan atas, pilih setting dan hilangkan checklist pada kotak Open via the home key.

Perbaharui aplikasi anda

Terdapat alasan sebuah pengembang aplikasi sering memperbaharui aplikasi mereka, terutama ketika versi terbaru dari Android keluar. Menjaga aplikasi anda selalu up-to-date maka akan memberikan kesempatan kepada smartphone anda dalam menjaga performa terbaik mereka. Silahkan berkunjung ke halaman Play Store untuk meng-update aplikasi yang anda gunakan dengan versi terbaru.

Nonaktifkan animasi

Animasi disini berfungsi untuk transisi antara satu layar dengan layar yang lain. Seperti saat kota dialog muncul atau anda membuka kunci ponsel dan layar terbuka adalah posisi saat terakhir anda mematikan layar tersebut. Memang hal tersebut membuat terlihat bagus, namun menambah beban juga terhadap kinerja smartphone anda. Meskipun tidak meningkatkan kecepatan yang lebih, namun dengan mematikan animasi juga memberikan pengurangan terhadap kinerja prosessor handphone anda.

Silahkan pilih menu Setting -> Options Developer dan ubah pengaturan untuk Window Animation Scale dan Transition Animation Scale ke posisi Off. Atau jika anda ingin melihat perbedaannya silahkan coba satu-persatu dari posisi Animation Scale 10x.

Gunakan aplikasi Greenify

Bahkan ketika anda tidak menggunakan aplikasi tertentu, banyak dari masing-masing aplikasi tersebut tetap berjalan dibelakang layar. Kadang-kadang beberapa hal tersebut memang berguna untuk melakukan sinkronisasi email atau memperbaharui RSS feed, namun jika beberapa aplikasi tersebut sedang tidak digunakan tentu hanya akan menghisap sumber daya yang ada seperti kinerja RAM, Prosessor bahkan daya baterai smartphone anda. Gunakanlah aplikasi seperti Greenify untuk membekukan aplikasi tertentu dan menghibernasi prosesnya sampai anda benar-benar membutuhkannya kembali.

Identifikasi yang membuat Galaxy Note 4 anda menjadi lambat

Kadang-kadang anda tidak tahu mengapa handphone anda bisa menjadi begitu lambat. Dalam kasus ini, terutama jika Note 4 anda memiliki prosessor Snapdragon. Anda dapat menggunakan Qualcomm Trepn Profiler untuk memeriksa real-time CPU dan beban yang dimiliki oleh GPU. Serta anda dapat memeriksa aplikasi yang memonopoli kinerja prosessor dan umumnya untuk mengawasi kinerja sistem.

Menghapus Cache

Sesekali luangkanlah waktu untuk menghapus cache pada perangkat anda, apakah itu cache dari aplikasi atau cache sebuah sistem. Untuk cache aplikasi dapat dibersihkan secara manual dengan cara pilih menu Setting ->Application Manager dengan memilih aplikasi tertentu dan tekan tombol Clear Cache.

Semua cache aplikasi dapat dibersihkan secara sekaligus dengan memilih menu Setting->Storage and Clearing Cache Data. Sistem cache dapat direset dengan me-reboot ke pemulihan dan membagi partisi untuk cache dari menu tersebut.

Jika anda telah memasang beberapa aplikasi namun tidak mengetahui aplikasi mana saja yang kurang bagus atau menjadikan smartphone anda lambat, anda dapat masuk ke halaman Application Manager dan pada icon menu di atas pilih Reset App Preferences.

Factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik

Mungkin ini langkah terakhir, yaitu dengan menggunakan cara Factory Reset jika anda mendapatkan masalah kinerja pada smartphone Android anda secara serius. Tetapi juga cara ini digunakan untuk pemeliharaan sistem Android, terutama setelah melakukan update sistem. Pastikan anda memiliki semua aplikasi dan data yang di-backup, kemudian pergi ke halaman Setting->Backup and Reset.

Anda dapat memilih opsi Google Backup pada bagian atas, kemudian pilih Factory Data Reset kemudian Reset Device pada halaman berikutnya. Setelah menutupnya anda dapat mengembalikan aplikasi dan data yang tadi di backup, dan Note 4 anda kembali seperti baru lagi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja Samsung Galaxy Note 4 anda, mungkin anda dapat menambahkan tips lain untuk meningkatkan kinerja phablet ini? Silahkan berikan pendapat anda pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...