Berbagai jenis kompas dan penggunaannya

Sebuah kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah relatif terhadap kutub magnet bumi. Alat ini terdiri dari pointer magnet yang bebas disejajarkan ke arah utara magnetik poros bumi, atau terkadang ke arah yang bebas untuk disejajarkan berdasarkan lokasi dari benda-benda angkasa. Dimana magnetik utara mengacu pada kutub medan magnet bumi. Kutub medan magnet bumi yang dgunakan adalah arah utara sebenarnya yang mengacu pada geografis kutub utara. Kompas telah banyak digunakan sejak zaman kuno untuk penetapan arah dan untuk navigasi di lautan.
Berbagai jenis kompas dan penggunaannya
Berbagai jenis kompas dan penggunaannya

Berbagai jenis kompas dan penggunaannya

Magnetik Kompas

Jenis yang paling umum dari kompas adalah kompas magnetik, yang digunakan untuk menentukan arah utara magnetik. Sebuah kompas magnetik dibuat dengan menempatkan sedikit besi magnet atau baja yang diatur dalam gesekan rendah sehingga dapat bergerak bebas. Dalam kebanyakan kompas, ujung utara potongan logam ditandai dengan cat merah sehingga semua arah dapat ditentukan.

Gyro Kompas atau Lang Kompas

Ini adalah tipe khusus yang dikembangkan di abad ke-19 untuk menentukan arah utara sejati. Sebuah kompas gyro pada dasarnya adalah sebuah roda berputar sangat cepat atau bola yang menggunakan hukum kekekalan momentum sudut dan berputar dari poros bumi untuk menentukan arah utara sejati. Gyro atau Lang kompas biasa digunakan pada kapal-kapal besar karena dalam keadaan ini dimana prediksi yang akurat sangat dibutuhkan untuk menentukan arah utara yang sebenarnya.

Astro Kompas

Ini adalah jenis lain dari kompas yang dapat memprediksi utara sebenarnya namun bukan utara magnetik. Kompas ini bergantung pada arah utara benda langit untuk menemukan utara sejati, yang digunakan dalam banyak situasi. Seperti dalam kondisi khusus, dimana kompas magnetik dan gyro kompas tidak akan berfungsi ketika digunakan di kutub utara maupun kutub selatan. Jadi penggunaan astro kompas dalam menentukan arah yang tepat dari utara benar-benar membutuhkan informasi yang akurat dari waktu, tanggal, longitudinal dan latitudinal lokasi.

Solid State Kompas

Dalam dunia digital moderen, kompas solid state menjadi lebih populer. Kompas ini menggunakan banyak sensor magnetik elektronik yang dapat menghitung secara akurat kemana arah kompas menunjuk.

GPS Kompas

GPS kompas dengan cepat menggantikan penggunaan kompas tradisional lainnya. Namun, sebagian besar militer dan kapal tetap menggunakan kompas gyro dan kompas magnetik jika kompas GPS tidak mendapatkan jangkauan sinyal yang cukup baik dari satelit. Kompas GPS menggunakan satelit pada orbit geo synchronous di atas Bumi, untuk membedakan  lokasi yang tepat terhadap arah yang sedang mereka tuju. Banyak pejalan kaki dan pengendara menyukai kompas ini karena relatif mudah digunakan.

Base Plate Kompas

Ini adalah kompas yang paling terjangkau. Cairan di isikan di dalam kompas pada dasar segi empat yang terbuat dari plastik bening. Kompas ini termasuk lensa pembesar untuk membaca peta, dengan komponen atau part bagian yang bercahaya untuk dapat digunakan pada kondisi yang agak gelap dan banyak digunakan di seluruh dunia. Kompas ini banyak digunakan dan cukup efektif dalam berbagai tujuan.

Kompas Kartu

Kompas kartu atau biasa disebut kompas laut umumnya digunakan dalam kapal dan perahu. Menggunakan jarum tetap, dengan posisi yang menggantung kompas akan bergerak untuk membaca secara terarah berdasarkan gerak pada perahu.

Thumb kompas atau Kompas Praktis

Penggunaan kompas ini menempel pada ibu jari, yang memungkinkan pengguna dapat memegang peta dan kompas secara bersamaan dengan menggunakan satu tangan saat bepergian yang membutuhkan kecepatan seperti bersepeda atau menggunakan perahu kano. Banyak yang mengetahui kompas ini disebut juga dengan kompas kompetisi.

Kompas Prismatik

Ini adalah perangkat canggih yang dirancang untuk navigasi yang sangat akurat. Susunan penampakan prisma memungkinkan pengguna untuk membaca kompas sambil melihat objek yang posisinya jauh.

Baca juga : Sejarah dan Pembuatan Kompas.

Berikut diatas adalah berbagai jenis kompas yang ada di dunia beserta penggunaannya, dengan perkembangan teknologi saat ini alat-alat pencari arah yang lebih akurat terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia pada berbagai bidang, Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
March 14, 2016 at 9:07 PM delete

Kompas emang super banget. Ga ada kompas pasti buta arah

Reply
avatar
March 15, 2016 at 12:13 AM delete

betul gan alat portabel yang sangat penting dalam perjalanan, trims dah berkunjung :)

Reply
avatar
April 5, 2016 at 2:15 AM delete

Kompas emg esensial banget bro. mantap ulasannya.

Reply
avatar
April 11, 2016 at 6:48 AM delete

Nyari toko kompas terbaik dimana ya?

Reply
avatar
April 11, 2016 at 2:05 PM delete

mungkin bisa coba cari di toko online :)

Reply
avatar
loading...