Apa yang dimaksud dengan Giroskop

Sebagian besar dari anda mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu Giroskop dalam bahasa Inggris Gyroscope, atau mungkin banyak juga yang mengenalnya. Giroskop adalah alat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi dan penyeimbang grafitasi, berdasarkan prinsip-prinsip kekekalan momentum sudut. Dalam geometri, orientasi suatu objek seperti garis, pesawat atau bentuk kaku sebuah tubuh merupakan bagian dari deskripsi tentang bagaimana ia ditempatkan di dalam ruang tersebut.
Apa yang dimaksud dengan Giroskop
Apa yang dimaksud dengan Giroskop

Menurut konservasi momentum sudut, dalam momentum sudut sistem tertutup (kuantitas yang dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan keseluruhan dari sistem fisik) adalah konstan. Sebuah giroskop mekanik pada dasarnya adalah sebuah roda berputar atau piringan as roda (poros tengah untuk roda berputar) dapat secara bebas untuk mengambil sebuah orientasi.

Sejarah Giroskop

Pada awalnya alat Giroskop dikenal dan dibuat di Jerman oleh Johann Bohnenberger, yang pertama kali menulis buku tentang alat tersebut pada tahun 1817. Pada awalnya dia menyebutnya "mesin". Hal ini didasarkan pada sebuah bola besar yang berputar. Pada tahun 1832, Walter R. Johnson yang berasal dari Amerika mengembangkan perangkat serupa yang di dasarkan pada piringan As roda yang berputar.

Seorang Matematikawan Perancis, Pierre-Simpson Laplace, menganjurkan agar perangkat tersebut digunakan sebagai alat bantu mengajar, hingga akhirnya kabar tersebut sampai kepada Leon Foucault, seorang ahli Fisika di Perancis. Pada tahun 1852, Foucault menggunakan alat tersebut dalam percobaan yang melibatkan rotasi bumi. Pada tahun 1860 dengan munculnya teknologi motor listrik memungkinkan giroskop dapat berputar tanpa batas, kemudian dari sini lahirlah prototipe pertama yang diberinama "Gyrocompasses atau Girokompas".

Dalam pemakaiannya, Girokompas pertama kali dipatenkan pada tahun 1907 oleh seorang penemu Jerman yang bernama Hermann Anschutz. Selama perang dunia II, giroskop menjadi komponen utama untuk pesawat dan persenjataan anti pesawat.

Cara kerja giroskop

Ketika giroskop berputar, dirinya akan terus berusaha tetap mengarah pada arah yang ditentukan sehingga ketika berputar tetap seimbang. Istilah ini disebut dengan gaya Giroskopik. Sebagai contoh hal ini dapat kita lihat pada kerja perputaran ban sepeda motor atau sepeda. Keduanya dapat tetap seimbang ketika dipengaruhi oleh gaya giroskopik.

Contoh penggunaan Giroskop
  • Giroskop dapat digunakan sebagai alat navigasi ketika kompas magnetik tidak bekerja dengan baik.
  • Karena memiliki presisi yang tinggi, maka giroskop dapat digunakan untuk mempertahankan arah di terowongan pertambangan.
  • Selain digunakan pada kompas, pesawat, pointing pada perangkat komputer, giroskop juga digunakan dalam elektronik konsumen seperti handphone.
  • Integrasi giroskop telah memungkinkan untuk pengenalan lebih akurat dalam gerakan ruang 3D.
  • Giroskop elektronik juga digunakan pada iPhone (untuk melacak orientasi spasial dari iPhone).
  • Nintendo (Jepang) telah mengintegrasikan giroskop kedalam Wii (video game konsol) remot kontrol, untuk melacak orientasi controller, yang memungkinkan aksi permainan lebih menarik.
  • Inovasi terbaru dari giroskop, yaitu telah memasang giroskop besar di perahu, untuk mengurangi pergerakan perahu ketika terombang-ambing oleh gelombang laut di samudra.
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...