Tips Agar Tas Dan Sepatu Kulit Tetap Awet

Sudah susah payah menabung demi membeli koleksi tas atau sepatu kulit idaman, namun kesal karena tak sampai menahun kulitnya berjamur, warna memudar dan mengelupas. Masalah ini bukan 100% dari kualitas produk, melainkan cara penyimpanan dan perawatan yang salah. Bahan kulit (leather) memerlukan perlakukan khusus demi menjaga keindahannya. Simak cara terbaik merawat produk fasyen dari bahan kulit agar tetap awet.
Tips Agar Tas Dan Sepatu Kulit Tetap Awet
Tips Agar Tas Dan Sepatu Kulit Tetap Awet

Lindungi Dari Sinar Matahari

Layaknya kulit tubuh, koleksi tas dan sepatu yang berbahan dasar kulit juga harus dihindari dari sinar matahari langsung. Terlalu lama terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan bahan kulit rentan terkelupas. Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan bahan kulit kehilangan warnanya sehingga lama-lama terlihat kusam.

Simpan di Dalam Dust Bag

Saat membeli tas dan sepatu berbahan kulit, umumnya kamu juga akan diberikan dust bag secara gratis. Dust bag berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang dirancang khusus untuk mempertahankan kualitas produk dan kulit. Coba isi tas dan sepatu kulit dengan buntalan koran agar bentuknya tetap terjaga. Anda juga harus memberikan sedikit 'pernapasan' dengan mengangin-anginkan sepatu dan tas di ruangan penuh udara. Lakukan hal ini minimal sekali dalam seminggu dan simpan kembali tas atau sepatu kedalam dust bag secara rapi.

Hindari Terkena Air

Supaya bahan kulit selalu mulus, hindari meletakkannya di tempat yang mudah terkena air. Kamu harus menjaganya dari air hujan, tumpahan air minum, bahkan keringat. Air memiliki kelembapan tinggi yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur. Jika koleksi tas atau sepatu secara tidak sengaja terkena air, segera bersihkan dengan kain lembut yang mudah menyerap air. Kamu juga dapat menghilangkan jamur dengan cara menyikatnya secara perlahan, menggunakan sabun khusus pembersih kulit.

Masukkan Silica Gel

Saat membeli tas dan sepatu berbahan kulit, umumnya kamu juga akan menemukan plastik kecil bertuliskan "Silica Gel". Jangan terburu-buru membuang barang tersebut karena sesungguhnya silica gel berfungsi menyerap kelembapan serta mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur. Letakan pula kamper pada lemari tas dan sepatu untuk menghindari aroma tidak sedap yang mengganggu.

Hindari Plastik

Tahukah kamu apa musuh terbesar dari bahan kulit? Yes, it's a plastic! Jangan simpan koleksi tas dan sepatu dalam posisi bersentuhan dengan plastik. Plastik dapat menyerap warna pada kulit sehingga membuatnya terlihat pudar. Bukan hanya itu saja, menempelnya plastik pada bahan kulit dapat menimbulkan noda yang terkesan seperti jamur. Meskipun kini banyak sekali jasa yang menawarkan recoloring produk kulit, namun butuh biaya besar pula untuk melakukan perawatan tersebut.

Silahkan baca artikel : Tips dan Cara Membersihkan Gitar yang Benar

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...