Membuat Kompas Magnetik Sederhana

Kompas magnetik adalah alat navigasi kuno yang digunakan untuk menunjukkan empat arah mata angin : utara, selatan, timur dan barat. Kompas ini terdiri dari jarum magnet yang menyelaraskan diri dengan medan magnet bumi ke titik utara. Jika kita sedang kehilangan arah dan tersesat tanpa memiliki kompas, kita dapat dengan mudah membuat sendiri  kompas magnetik dengan menggunakan sepotong logam magnet dan semangkuk air.
Membuat Kompas Magnetik Sederhana
Membuat Kompas Magnetik Sederhana

Bahan yang dibutuhkan

(Satu) Ketika kita berfikir bahan apa yang cocok digunakan untuk membuat sebuah jarum kompas, tentu saja adalah sepotong logam dalam bentuk apapun yang dapat menempel pada magnet. Sebuah jarum jahit adalah pilihan yang paling bagus, karena biasanya jarum jahit adalah benda yang sering dibawa ketika kita bepergian atau backpacking. Atau selain jarum jahit anda bisa menggunakan :

  • Penjepit kertas atau paperclip
  • Pisau cukur atau silet
  • Peniti
  • Penjepit rambut

(Dua) Ambil sebuah magnet (yang berfungsi memberikan medan magnet kepada jarum kompas). Anda dapat merubah jarum jahit biasa menjadi jarum magnet dengan berbagai cara : menempelkannya dengan sepotong baja atau besi, menggosokannya dengan magnet, atau menggesekkanya dengan benda lain yang memiliki medan magnet sehingga menghasilkan listrik statis. Berikut benda-benda yang dapat memberikan medan magnet kepada jarum jahit :

  • Sebuah magnet mainan yang biasa ditempel pada kulkas cukup baik untuk percobaan ini. Atau anda juga dapat membeli magnet polos di toko kerajinan.
  • Anda dapat menggunakan baja atau paku besi, tapal kuda, linggis, atau perkakas rumah tanggal lain jika anda tidak memiliki magnet.
  • Kain sutra atau kain wol juga dapat digunakan untuk menghasilkan magnet pada jarum atau besi pipih dengan cara menggesekkannya.
  • Pilihan terakhir, jika semuanya tidak anda miliki anda bisa mengguanakan rambut anda sendiri untuk menghasilkan listrik statis.

(Tiga) Sediakan barang tambahan lain, selain jarum dan magnet. Yaitu anda membutuhkan mangkuk atau toples, air, dan penampang seukuran koin yang terbuat dari gabus yang berfungsi untuk menahan jarum agar tetap mengapung di atas air.

Membuat Kompas

(Satu) Ambil jarum jahit atau benda logam lain seperti yang telah disebutkan di atas, kemudian gosokan dengan magnet yang telah disiapkan. Gosok dengan arah yang sama secara berulang-ulang kurang lebih sebanyak 50 kali, disarankan jangan menggosoknya dengan arah yang saling berlawanan. Setelah itu jarum akan berubah menjadi jarum magnet (memiliki medan magnet).

Metode yang sama juga dilakukan jika anda tidak memiliki magnet, misalkan dengan menggunakan kain sutra atau kain wol. Gosokan jarum atau benda logam lainnya dengan kain tersebut, disarankan jangan menggunakan barang-barang yang lembut jika logam yanga anda gunakan adalah pisau cukur.

(Dua) Masukkan jarum kedalam gabus yang berukuran koin. Jika anda menggunakan jarum jahit, tusukan jarum dengan posisi horizontal pada tepi gabus, sehingga jarum menembus melalui gabus dan keluar di sisi lain. Usahakan panjang ukuran jarum yang menembus dengan sisa jarum yang masih diluar ukuran panjangnya sama.

Jika anda menggunakan logam jenis lain seperti pisau cukur atau penjepit kertas, cukup tempatkan di atas gabus sehingga merata seimbang di tengah. Anda mungkin memerlukan potongan gabus yang lebih besar jika logam yang digunakan adalah pisau cukur.

Setiap benda kecil yang dapat mengapung di atas air dapat dijadikan sebagai pengganti koin gabus. Jika anda berada di alam liar dan membutuhkan sesuatu yang berfungsi untuk mengapungkan jarum anda, maka anda dapat menggunakan daun sebagai pengganti koin gabus tersebut.

(Tiga) Simpan kompas di atas air. Isi mangkuk atau toples dengan beberapa inci air dan tempatkan kompas yang telah kita buat di atas air. Jarum magnet akan menyesuaikan dirinya sendiri dengan medan magnet bumi ke titik utara dan selatan. Angin atau air yang tidak tenang akan menggangu pembacaan arah jarum kompas, jadi ketika jarum magnet melakukan pembacaan yang akurat usahakan agar air dalam mangkuk atau toples dalam keadaan tenang.

Pembacaan Kompas

Mengetahui apakah jarum magnet berfungsi dengan benar. Jarum dan koin gabus atau daun yang mengapung di atas air harus perlahan-lahan berputar searah atau berlawanan ke titik utara atau ke titik selatan. Jika tidak bergerak, berarti jarum belum berfungsi dengan benar. Sebaiknya anda cabut kembali dan gosok ulang jarum dengan magnet.

Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel Berbagai Jenis Kompas dan Penggunaannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...