Sejarah Alat Musik Drum

Drum adalah alat musik yang telah ada selama ribuan tahun, dan hingga saat ini masih menjadi salah satu alat musik paling populer. Alat musik ini masih merupakan anggota dari alat musik perkusi dalam sistem klasifikasi membranophone. Drum terdiri dari setidaknya satu membran yang disebut drumhead atau gendang kulit, yang membentang di atas shell dengan mengikat pada ujung-ujungnya, dan dibunyikan dengan cara dipukul dengan menggunakan tongkat (atau lebih dikenal stick drum) atau bisa juga secara langsung dengan telapak tangan pemain.
Sejarah Alat Musik Drum
Sejarah Alat Musik Drum

Drum dapat dimainkan secara individu yaitu seorang pemain yang menggunakan drum tunggal, contohnya alat musik Djembe (sebuah alat musik dari Afrika Selatan yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan dan merupakan prinsip dasar dari pembuatan drum moderen). Terdapat juga satu set drum yang berderet dan dimainkan oleh satu orang seperti Bongo drum dan Timpani. Sedangkan sejumlah drum dengan berbagai ukuran yang berbeda dan dimainkan bersama dengan beberapa simbal membentuk dasar drum moderen.

Sejarah perkembangan alat musik drum

5500 SM – Drum dalam budaya kuno

Drum telah ditemukan di Cina sejak zaman kuno dulu. Drum sering digunakan dalam ritual keagamaan atau upacara.

1100 SM – Simbal (Cymbals)

Simbal biasanya terbuat dari logam dan digunakan untuk membuat suara dering atau berdenting. Mereka awalnya di buat di Turki kuno atau Cina, tetapi juga digunakan di Israel dan Mesir.

684 SM – Sebagi genderang perang

Drum telah digunakan untuk mengatur irama marching bagi tentara perang, serta untuk memotivasi prajurit, selama ribuan tahun. Pertempuran dinasti Cina di zaman kuno tercatat memiliki perubahan yang signifikan karena penggunaan drum.

500 SM – Drum sebagai sinyal pemberi pesan

Sejarah Sri Lanka menunjukkan bahwa drum pernah digunakan sebagai bentuk komunikasi antara kota atau suku. Pola atau nada beat drum yang berbeda-beda dapat berarti memiliki berbagai pesan.

1300 M – Snare drum

Selama bertahun-tahun terdapat beberapa drum yang terbuat dari berbagai macam bahan ditemukan. Namun snare drum moderen pertama diciptakan di Eropa pada abad pertengahan.

1300 M – Stick drum

Hanya terdapat sedikit bukti bahwa manusia menggunakan stick drum di zaman kuno, namun bisa jadi alat ini digunakan. Beberapa penemu paling awal menemukan stick drum digunakan pada 1300 M, dan pada saat itu disebut Tabors yang terbuat dari kayu.

1400 M – Timpani

Drum Timpani adalah kelompok drum yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda. Mereka di bawa ke Eropa sekitar tahun 1400-an, akan tetapi tidak digunakan secara luas hingga  tahun 1600-an.

1400 M – Bass drum

Drum lain yang moderen adalah Bass drum. Lebih besar dari snare drum, kemudian dibawa ke Eropa pada tahun 1400-an, dan kadang-kadang disebut sebagai drum Turki.

1700 M – Evolusi bahan kayu drum

Seiring berjalannya waktu, berbagai jenis kayu digunakan untuk membuat drum yang berbeda-beda. Pada tahun 1700-an Beef Wood populer digunakan untuk membuat drum. Dan pada tahun 1800-an secara populer keseluruhan jenis drum termasuk drum militer dibuat dari kayu ebony.

1800 M – Bongo

Drum sebagian besar tidak berubah selama bertahun-tahun, tetapi bentuk dan jenis drum baru ditemukan ketika orang moderen melakukan penjelajahan ke Afrika dan Kuba. Setelah ditelusuri drum Bongo merupakan kebudayaan dari daerah tersebut, satu set drum Bongo selalu terdiri dari dua buah drum yang menyatu.
Alat musik bongo
Alat musik bongo

1930 M – Drum set

Saat ini Drum set telah menjadi barang yang populer. Orang-orang saat ini sudah dapat membeli drum set yang terdiri dari berbagai macam bagian. Set pertama dijual pada awal tahun 1900-an.

1958 M – Evolusi stick drum

Para musisi banyak yang mengeluh bahwa ujung stick drum mereka sering patah. Hingga akhirnya seorang pria bernama Joe Calato menciptakan stick drum pada bagian ujungnya dengan menggunakan nilon untuk membantu memperpanjang umur stick drum tersebut, dan ide tersebut sukses dipakai.

1960 M – Drum set moderen

Individualisme memegang Amerika dan dunia, drum set menjadi semakin populer. Set drum yang lebih moderen mulai muncul dengan tambahan simbal dan bass drum.

1976 M – Pertama kali munculnya electric drum

Seorang pria bernama Karl Bartos menciptakan tipe baru dari drum listrik (electric drum). Penemuannya tidak menghasilkan suara yang berkualitas pada saat itu, tapi hal tersebut akan menjadi sebuah ide yang terus tumbuh dan memegang para musisi di masa depan.

1997 M – electric drum moderen (1997 dan seterusnya)

Electric drum terus berkembang selama bertahun-tahun. Merek perusahaan elektronik besar seperti Yamaha telah melakukan lompatan besar dengan memproduksi electric drum, Roland memperkenalkan electric drum pertama mereka yang dikenal dengan model TD-10 pada tahun 1997.

Hingga kini pengembangan alat musik drum terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Seperti dalam dunia recording tanpa menggunakan drum yang sesungguhnya para pemain sudah dapat memanipulasi berbagai jenis suara drum dengan bantuan software yang canggih, dan menjadikannya sebagai pengiring musik digital. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...