Perkembangan Genre Musik

Genre musik adalah sebuah pengelompokan jenis musik yang sesuai dan mirip dari jenisnya satu sama lain. Pengelompokan ini dapat disesuaikan juga dengan kriteria lain, misalnya geografi asal musik dan waktu populernya musik tersebut. Sebuah genre musik dapat didefinisikan oleh teknik musik tersebut, gaya, konteks dan tema musik.
Perkembangan Genre Musik
Perkembangan Genre Musik

Dibawah ini adalah berbagai macam genre musik yang terangkum dalam periode waktu tertentu. Dimana pada tahun tersebut jenis-jenis musik yang ada sangat populer dimainkan oleh para musisi di masanya.

1600 – Periode Baroque (1600 – 1750)

Periode Baroque ditandai oleh bentuk-bentuk musik yang tegas dan karya yang sangat ornamental atau penuh hiasan. Musik Baroque (Barok) dimulai di Eropa sekitar tahun 1600-an sampai dengan tahun 1750-an.

1750 – Periode Klasik (1750 – 1830)

Musik dari periode klasik lebih ringan dan lebih jelas dibandingkan dengan periode Baroque. Dalam arti sederhana merupakan bentuk mudah dari musik Baroque karena didominasi oleh bentuk melodi yang lebih jelas.

Baca juga artikel Era Musik Klasik.

1830 – Periode Romantic atau Romantis (1830 – 1900)

Musik Romantic atau Romantis berusaha untuk mengekspresikan emosi, baik negatif atau positif melalui musik. Orkestra jauh menjadi lebih besar dan populer selama periode ini.


1899 – Scott Joplin Merilis Genre Ragtime "Maple Time Rag"

Sementara pada saat itu musik orkestra masih tetap populer, Scott Joplin mulai merilis genre musik yang baru dan sangat berbeda, atau disebut genre "Ragtime", musik ini ditandai dengan sinkopasi dan irama yang compang-camping.

1900 – Musik Opera Menjadi Semakin Populer (1900 – 1960)

Selama paruh pertama abad ke-20, musik opera menjadi semakin populer dengan rumah-rumah atau studio musik opera banyak beroperasi di kota-kota besar.

1903 – Seorang Musisi W.C. Handy Heard Mempopulerkan Blues di Statsiun Kereta Api

Menggambarkan sisi budaya tradisiional dan spiritualisme Afrika saat itu musik Blues belum terkenal, sampai saatnya seorang musisi bernama W.C. Handy Heard memainkan dan mempopulerkan musik Blues di statsiun kereta api. Kemudian dia lanjut mempopulerkan genre musik ini, dengan mambawanya ke dunia recording dan sampai akhirnya dapat diterima oleh masyarakat.

1904 – Musisi Buddy Bolden Menggabungkan Musik Ragtime Dengan Blues

Genre musik ini belum sempat dan pernah direkam, dimana seorang musisi Buddy Bolden menyatukan Ragtime dan Blues pada awal tahun 1904. Penggabungan ini membentuk dasar dari aliran musik Jazz.

1910 – New Orleans Jazz (Awal 1910)

Pada tahun 1910, musik Jazz telah menjadi populer di New Orleans. Kemudian, sejumlah genre jazz yang berbeda muncul di seluruh negeri, dengan variasi regional yang berbeda. Jazz sangat berpengaruh pada saat itu, dan tetap berpengaruh dalam bentuk moderen bahkan hingga saat ini.

1920 – Awal Musik Country

Musik Country memiliki asal-usul dalam lagu-lagu dari Appalachian Mountains, tetapi di awal 1920-an mulai berkembang menjadi genre musik baru, dan populer di negara-negara Amerika selatan.

1923 – Pertama Kali Folk Blues Rekaman

Rekor pertama kali musik Blues tercatat pada tahun 1923. Folk Blues yang menarik dari kebudayaan, musik dan spiritual Afrika dan akhirnya terbukti berpengaruh pada genre musik pada saat itu.

1930 – Big Band Swing Music

Dengan tahun 1930-an, genre Jazz telah membawa lahirnya sebuah genre baru, Band dengan aliran musik Swing, yang menjadikannya musik dansa yang hidup.

1940 – Awal Mula R & B

Rhythm & Blues atau R & B dimulai pada tahun 1940-an, mengandalkan suara musik Blues. R & B  dipasarkan terutama untuk Afrika – Amerika dan ditandai dengan beat yang kuat, dan sangat dipengaruhi dari gaya Blues tradisional.

1950 – Awal Mula Musik Rock (Awal 1950-an)

Musik Rock dimulai pada awal 1950-an, mengandalkan berbagai genre musik, termasuk Blues, Jazz dan Gospel, serta musik Country. Pada pertengahan hingga akhir 1950-an, musik ini sebagian besar didorong oleh alat musik gitar, dan akhirnya memicu budaya musisi muda tumbuh.

1960 – Kontemporer Folk Musik

Pertengahan 1960-an mulai kebangkitan musik rakyat, mengintegrasikan berbagai tradisi musik dari seluruh dunia. Memang ini bukan kebangkitan pertama kali, tetapi sebagai salah satu yang paling dekat hubungannya dengan musik moderen.

1970 – Awal Mula Musik Rap

Rap dan musik Hip-Hop memiliki asal-usul mereka tersendiri sebagai musik pesta rumahan di New York pada tahun 1970. Genre musik ini pada awalnya mengandalkan irama funk, soul dan disko, hingga akhirnya memberikan bentuk baru dan kebebasan yang menarik dalam berekspresi.

1974 – Awal Mula Musik Punk (1974 – 1976)

Pada tahun 1970-an, musik Rock dianggap kurang memberikan nilai pemberontakan sehingga dikembangkanlah musik Punk Rock. Genre ini menggunakan instrumen yang terbatas, suara keras, lagu-lagu yang diciptakan relatif pendek. Dan lirik yang dinyanyikan biasanya anti kemapanan.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...