Perkembangan Musik Player

Evolusi musik player telah begitu jauh berkembang sejak akhir-akhir abad ke-19 ketika pertama kali ditemukannya alat perekam suara oleh para ilmuwan, perkembangan mereka telah berubah dari segi bentuk, ukuran dan fungsi dari fonograf hingga menjadi iPhone hingga saat ini.


Perkembangan Musik Player
Perkembangan Musik Player

Berikut ini adalah perkembangan musik player dari waktu ke waktu :

Pada tahun 1857 seorang penemu yang bernama Leon Scott de Martinville's menemukan alat yang bernama Phonautograph, alat ini bisa merekam berbagai jenis suara, namun tidak dapat mereproduksi kembali suara yang telah ia rekam. Bentuk desain awal dari Phonautograph pada akhirnya dijadikan sebagai asal mula dibuatnya Gramophone.

Pada tahun 1877 ilmuwan Thomas Alpha Edison mebuat alat Phonograph yang bisa membuat rekaman musik, berfungsi sebagai perekam suara termasuk suara manusia.

Pada tahun 1887 Emile Berliner menciptakan Gramophone, perangkat pertama yang dapat memainkan rekaman musik dengan menggunakan piringan disk. Gramophone menyebabkan berkembangnya teknologi dalam dunia musik dan sangat diminati oleh para musisi pada saat itu.

Tahun 1896, Gramophone sangat menarik minat berbagai kalangan dan pertama kali dipasarkan dengan nama Victrola, dapat memainkan berbagai piringan disk rekaman musik. Ini adalah media musik player pertama yang secara komersil tersedia di pasaran.

Tahun 1905 mulai hadirnya 78 RPM Standar, alat ini memungkinkan pembeli agar dapat memastikan bahwa rekaman mereka dapat berfungsi dan berjalan dengan benar ketika dimainkan pada Victorlas mereka. Alat ini tetap ada sampai diperkenalkannya LP pada tahun 1940.

Kemudian di tahun 1954 lahirnya Radio Transistor Pertama, dengan alat ini memungkinkan orang-orang untuk menjalankan musik dan mendengarkannya, berfungsi seperti radio portabel kecil pada saat ini.

Pada tahun 1962 lahirnya Stereo Portabel pertama yang diintegrasikan dengan speaker dan dapat merekam, membuat orang dapat membawa alat pemutar rekaman ini kemanapun mereka inginkan.

Audio Kaset mulai hadir di tahun 1963 yang menawarkan bentuk pemutar musik dengan ukuran lebih kecil dan lebih memudahkan untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan alat sebelumnya. Audio kaset merupakan mixtapes pertama di dunia.

Tahun 1965 dirilisnya Tape 8-Track, yaitu 8-Track tape (pita) yang dapat membawa rekaman musik ke dalam mobil, jauh sebelum kaset player audio yang terintegrasi ke stereo mobil.

Tahun 1979 Walkman mulai hadir, merupakan pemutar musik pribadi pertama yang dirilis oleh Sony. Walkman menggabungkan pemutar kaset audio dengan headphone.

Compact Disk pertama kali hadir pada tahun 1983, alat ini menawarkan hasil suara rekaman dengan kualitas yang lebih tinggi, dan memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan kaset audio yang dipakai pada Walkman. Kemudian pada tahun 1984, CD Player Portable mulai tersedia di pasaran.

Kemudian pada tahun 1998 MP3 Player pertama di dunia, alat yang dapat memainkan musik rekaman dengan format file audio MP3. Dari sini orang-orang banyak yang beralih dalam mendengarkan rekaman menggunakan MP3 Player, karena lebih simpel dan kapasitas penyimpan file dapat lebih banyak.

Tahun 2001 Apple mengeluarkan iPod pertama, dengan mengambil tema pemutar musik MP3 pada tahun ini, iPod membuat musik digital secara signifikan menjadi lebih populer di masyarakat.

Pada tahun 2007 Apple kembali merilis iPod Touch, fungsi utamanya masih tetap sebagai pemutar musik, namun iPod Touch menawarkan dukungan lain yaitu menawarkan akses ke Apple App Store, Game dan fitur lainnya.

Berikut diatas adalah perkembangan media player dari waktu ke waktu, apa yang akan hadir berikutnya? Dimana teknologi semakin berkembang dan memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...