Fakta Yang Terdapat Pada Otak Manusia

Otak manusia seperti sebuah komputer raksasa yang mengontrol tubuh kita dan memungkinkan kita untuk berfikir. Semua sensor khusus yang terdapat dalam tubuh menyampaikannya ke otak, dan kemudian otak mengirimkan sinyal balik ke tubuh kita. Proses ini terletak di dalam kepala kita, dan sangat didukung oleh gula yang terbuat dari makanan yang anda makan. Otak akan selalu berubah dari waktu ke waktu, dan akan menyesuaikan dengan hal-hal yang terjadi pada hidup kita. Organ indah ini sangat rumit, dan masih banyak menyisakan teka-teki bagi para ilmuwan tentang bagaimana cara organ penting dalam tubuh ini bekerja.

Fakta Yang Terdapat Pada Otak Manusia
Fakta Yang Terdapat Pada Otak Manusia

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik yang terdapat pada otak manusia :

Otak orang dewasa memiliki berat, kurang lebih sekitar 1,3Kg atau biasanya hanya sekitar 2% dari berat badan, namun menggunakan hampir sebanyak 20% dari seluruh energi tubuh.

Otak mengapung dalam carian yang disebut dengan cairan Cerebrospinal, yang membantu melindungi dari bahaya dan memberikan beberapa nutrisi ke sel-sel otak.

Tengkorak (atau tempurung) yang melindungi otak terdiri dari 22 tulang berbeda yang bergabung bersama-sama.

Otak terdiri dari 3 bagian yang berbeda yaitu Otak besar (Cerebrum), Otak kecil (Cerebelum) dan batang otak (Brain Stem).

Cerebrum, yang merupakan bagian terbesar dari otak, memiliki tugas dalam pikiran, emosi, dan indra seperti sentuhan, rasa, bau dan penglihatan. Bagian inilah yang kita gunakan untuk berpikir.

Cerebelum, yang merupakan bagian otak yang lebih kecil memiliki tugas dalam membantu menjaga keseimbangan dan mengkoordinasikannya dengan pergerakan tubuh kita.

Brain Stem, atau batang otak berfungsi untuk menghubungkan otak ke sumsum tulang belakang. Hal ini juga berfungsi untuk melakukan berbagai hal yang tidak anda sadari seperti bernafas, detak jantung dan makanan yang anda cerna.

Otak dibagi menjadi 2 bagian, masing-masing bagian setengahnya mengontrol sisi yang berlawanan dari tubuh.

Kebanyakan saraf dalam tubuh anda terhubung ke sumsum tulang belakang, tetapi ada 12 saraf yang berasal dari otak itu sendiri. Bagian ini mengontrol beberapa fungsi yang paling penting dalam tubuh anda, termasuk penglihatan, penciuman, gerakan wajah dan detak jantung.

Otak mengandung miliaran sel saraf yang menerima dan mengirimkan sinyal dari seluruh tubuh.

Setiap ingatan atau memori anda akan tersimpan secara aman pada area khusus otak yang disebut dengan Hippocampus.

Otak bekerja dengan sinyal listrik, kekuatan yang sama yang memberikan cahaya di malam hari juga menjalankan otak anda, memberikan anda pikiran, emosi dan pergerakan otot tubuh anda.

Semua oksigen yang anda hirup di luaran, otak menggunakannya sebanyak 25% dari itu semua.

Otak juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan, dengan bahan kimia yang disebut hormon yang dilepaskan dari kelenjar khusus yang disebut kelenjar Pituitari.

Ketika anda lahir, anda memiliki semua neuron (sel-sel otak) yang pernah anda miliki. Mereka semua tidak terhubung satu sama lain, meskipun anda mempelajari hal-hal baru seperti merangkak, berjalan atau naik sepeda.

Dalam rangka untuk menjalanka kinerja otak anda secara baik, maka anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, kalsium dan asam lemak seperti omega 3.

Fakta terakhir namun bukan akhir dari pencarian ilmuwan, bahwa otak manusia 3 kali lebih besar dari otak hewan yang memiliki ukuran sama dengan kondisi tubuh manusia tersebut.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...