Sejarah Pertandingan Olahraga Olimpiade

Siapa yang tidak mengetahui ajang perhelatan pertandingan olahraga Olimpiade, yaitu sebuah pertandingan yang diikuti oleh seluruh dunia dan diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Dengan berbagai cabang olahraga yang diperlombakan terutama yang paling terkenal adalah bidang atletik
Sejarah Pertandingan Olahraga Olimpiade
Sejarah Pertandingan Olahraga Olimpiade

Berikut ini adalah sejarah asal mula Olimpiade dimulai, bangsa yang menyelenggarakan pertama kali, berdasarkan legenda, tujuan dan fungsi olimpiade pada saat sejarah kuno hingga dihapuskannya perlombaan ini pada masa tersebut.

Pada masa sejarah kuno atau pertandingan Olimpiade kuno pada saat itu adalah merupakan acara festival keagamaan dalam bentuk perlombaan atletik setiap empat tahun sekali di sebuah tempat suci Zeus di Olympia, Yunani. Sebuah persaingan yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa negara, kota dan kerajaan Yunani kuno.

Pertandingan ini terutama menampilkan perlombaan atletik, gulat dan pankraiton (bela diri campuran). Salah satu tujuan diadakannya olimpiade ini adalah setiap konflik atau peperangan dari masing-masing negara dan kota ditunda sampai dengan olimpiade selesai. Ide ini diselenggarakan oleh Yunani, karena mereka menyadari bahwa bangsa mereka tidak pernah istirahat dalam berperang. Sehingga dengan diadakannya olimpiade ini para pemuka agama pada saat itu dapat melakukan ziarah ke Olympia dengan tenang tanpa mengalami gangguan perselisihan antar negara dan seolah-olah mereka terlindungi oleh Zeus.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan pesta olimpiade ini pertama kali diadakan pada saat itu. Namun salah satu legenda yang paling terkenal dalam menggambarkan olimpiade ini adalah Heracles dan ayahnya Zeus sebagai nenek moyang dari olimpiade. Menurut cerita, Heracles pertama kali membuat pertandingan olimpiade dan memiliki kebiasaan melakukannya setiap empat tahun sekali, kemudian setelah berlangsung selama dua belas kali berturut-turut akhirnya Heracles membangun stadion olimpiade sebagai suatu simbol kehormatan untuk ayahnya Zeus.

Tahun awal yang paling banyak diterima oleh para ahli sejarah untuk olimpiade kuno adalah pada tahun 776SM, ini didasarkan pada prasasti yang ditemukan di Olympia, yang berukiran daftar para pemenang lomba lari olimpiade setiap empat tahun sekali yang dimulai pada tahun 776SM. Dan banyak temuan sejarah yang memperlihatkan beberapa lomba yang dipertandingkan diantaranya adalah Pentathlon (lompat jauh, lempar cakram dan lempar lembing, jalan cepat, lomba lari, gulat, tinju dan balapan kuda). Sejarah mencatat bahwa Coroebus, seorang juru masak dari kota Elis merupakan seorang juara olimpiade pertama.

Olimpiade pada saat itu menekankan pada mendasarnya kepentingan sebuah agama atau kepercayaan, dengan menampilkan acara olahraga bersama sebagai sebuah bentuk ritual pengorbanan terhadap Zeus berupa patung monumen yang dibuat oleh Phidias. Dimana terdapat patung Zeus di istananya yaitu di Olympia dan satu lagi di Pelops yang melambangkan pahlawan ilahi (Dewa terhebat) dan Raja Dewa Olympia. Di Pelops terkenal dengan perlombaan kereta kuda dengan Raja Oenomaus dari Pisatis.

Para pemenang dari pertandingan ini diabadikan dalam bentuk puisi dan patung, sehingga resmilah pada saat itu games (pertandingan) diadakan setiap empat tahun sekali dan diberi nama dengan Olimpiade, serta digunakan oleh orang Yunani sebagai salah satu cara mereka dalam pengukuran waktu. Pertandingan adalah bagian dari siklus yang dikenal sebagai Panhellenik Games, yang termasuk Pythian Games, Games Nemea, dan Games Isthmian.

Pada masa kuno, olimpiade mencapai puncaknya pada abad ke-6 dan abad ke-5SM, tapi kemudian secara bertahap menurun tingkat kepentingannya ketika Roma mendapatkan kekuasaan dan sangat berpengaruh di Yunani. Meskipun tidak ada penjelasan secara ilmiah kapan pertandingan olimpiade berakhir pada masa kuno dulu, namun para ahli sejarah sepakat tahun yang memungkikan adalah pada tahun 393M, yaitu ketika kaisar Theodosius I menetapkan bahwa semua kebiasaan adat dan kegiatan keagamaan dihapuskan. Dan tanggalan lain yaitu pada tahun 426M, diteruskan oleh penggantinya yaitu Theodosius II yang memerintahkan untuk penghancuran semua kuil Yunani.

Demikian sejarah legenda berdirinya sebuah pesta olah raga terbesar atau disebut dengan olimpiade yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...