Keahlian Yang Meningkatkan Karir Desain Anda

Kebanyakan para desainer memulainya dari titik nol, untuk mencapai kesuksesan tentu mereka telah melakukan perjuangan yang besar selama bertahun-tahun untuk menciptakan seni desain dengan kemampuan artistik yang sangat baik. Dimulai dengan terus mengasah kemampuan belajar berbagai bentuk seni baik kursus atau otodidak, menggali informasi, mencari dalam bentuk tutorial, membentuk sebuah tim, hingga memberanikan diri mencari klien dengan kemampuan desain mereka. Dengan keahlian yang semakin meningkat dan banyaknya klien yang merasa puas dengan kinerja mereka, maka sebuah nilai harga tinggi akan menjadi acuan yang pasti untuk keberhasilan mereka.
Keahlian Yang Meningkatkan Karir Desain Anda
Keahlian Yang Meningkatkan Karir Desain Anda

Berikut ini adalah beberapa keahlian atau keterampilan yang mudah disebutkan secara lisan namun sangat sulit untuk direalisasikan jika anda tidak mempelajarinya secara tekun untuk meningkatkan karir desain anda.

Komunikasi

Dalam bentuk pekerjaan atau jasa keahlian apapun komunikasi adalah sebuah poin utama yang sangat penting. Hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin mencari klien atau relasi yang dapat anda raih untuk karir anda. Bahkan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan ketika anda bekerja dengan sebuah tim, tentunya agar kualitas karya desain yang anda hasilkan tercipta dengan sangat baik berdasarkan komunikasi dan kerja sama (teamworks). Ingat, dengan komunikasi yang baik seorang klien akan menilai sikap profesionalisme anda dalam bekerja sehingga mereka akan rela dan mempercayakan project mereka terhadap anda.

Komunikasi adalah sebuah mata pelajaran yang hanya bisa dipelajari melalui pengalaman, jadi teruslah belajar untuk mengasah cara berkomunikasi yang baik untuk meningkatkan potensi anda dalam berkarya.

Kegunaan

Sebuah nilai penting lain dalam keberhasilan sebuah proyek desain adalah kemudahan dalam penggunaan (simpel namun memiliki makna dan nilai seni yang tinggi). Tidak ada gunanya menciptakan sebuah karya tinggi seperti desain web, desain konstruksi, atau proyek desain dalam bentuk apapun yang hanya akan membingungkan orang lain dari proyek yang anda buat. Hal ini akan menimbulkan pertentangan. Mungkin secara nalar anda akan menilai hal tersebut wajar bagi anda, tetapi banyak orang akan menentang pendapat anda karena tidak sesuai dengan kebutuhan desain yang berguna bagi kebanyakan orang pada umumnya.

Gunakanlah pengetahuan dalam membuat arsitektur sebuah desain yang berguna dan mudah dimengerti oleh orang lain. Gunakanlah keahlian ini untuk disampaikan melalui komunikasi yang baik, sehingga memberikan nilai yang tinggi terhadap karir anda.

Keahlian teknis

Keahlian ini terkadang sangat berguna bagi anda yang bekerja dengan sebuah tim. Tidak semua anggota tim anda memiliki keahlian khusus yang sama dalam mengerjakan sebuah proyek. Misalnya ketika mengerjakan proyek dalam pembuatan sebuah website, anda mengkhususkan diri dengan menguasai desain tampilan sedangkan rekan tim anda lebih menguasai dalam bahasa pemrograman yang mendalam. Dengan memiliki keahlian khusus dalam aspek teknis seperti ini sangat berguna bagi anda dalam menjalin komunikasi dengan rekan kerja anda, sehingga saling melengkapi dalam berbagai kebutuhan.

Manajemen proyek

Banyak para desainer menganggap dengan tanpa menyusun sebuah manajemen proyek cukup untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, tapi jika mereka berkembang ke arah proyek-proyek yang besar sebuah manajemen proyek yang baik akan sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan mereka. Seorang desainer yang benar-benar dapat mengelola proyek sebuah desain akan memiliki manajemen proyek yang sudah terencana dengan matang dan akan lebih unggu dibandingkan dengan desainer lain yang tidak memiliki manajemen proyek secara rapi.

Marketing

Jika anda mempelajari teknik pemasaran atau marketing dengan baik maka anda akan mendapatkan lebih banyak sejumlah pekerjaan, pelajarilah teknik pemasaran yang sesuai dengan bidang pekerjaan anda terutama dalam memasarkan diri menjadi seorang desainer. Pemasaran atau marketing ini mencakup secara keseluruhan poin-poin di atas yang diantaranya komunikasi, kegunaan proyek desain yang anda hasilkan, keahlian teknis dan manajemen proyek yang terstruktur. Semua poin penting tersebut harus anda kombinasikan untuk mendapatkan kepuasan klien atau pelanggan anda, sehingga dikemudian hari mereka akan memanggil anda kembali untuk proyek-proyek yang lainnya.
Bagi anda yang ingin menambahkan poin tentang “Keahlian yang meningkatkan karir desain anda”, silahkan memberikan pendapatnya dalam kolom komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...