Komposisi Warna Untuk Website e-Commerce

Tergantung dari bagaimana kita mendefinisikan perdagangan, terhadap situs yang menjual sesuatu secara online. Karena suatu website e-commerce pasti merupakan bisnis accounting baik secara perorangan yang menjual  barang-barang dengan legalitas bisnis perorangan, ataupun departemen store lebih besar yang memang menjual barang secara lebih spesifik dalam usahanya. Walaupun komposisi warna yang baik sangat dibutuhkan dalam pembuatan website e-commerce, akan tetapi tidak ada salahnya situs apapun akan menjadi sangat komersial jika di desain dengan tampilan komposisi warna yang benar, karena hal tersebut sangat memungkinkan mendatangkan pemasang iklan yang memberikan pemasukan tersendiri bagi website tersebut.
Komposisi Warna Untuk Website e-Commerce
Komposisi Warna Untuk Website e-Commerce

Sebuah toko online yang sukses memiliki rumus yang sederhana. Website tersebut harus dapat diakses oleh semua orang. Tentunya harus dapat menarik dan mengundang. Setelah masuk kedalam situs, setiap pengunjung harus dapat bergerak dengan nyaman dalam menjelajahi setiap konten dan menemukan apa yang  mereka butuhkan. Mereka diharuskan dapat memeriksa barang (atau jasa), dan mendapatkan informasi yang mereka cari.

Karena merupakan hal yang pertama kali dalam sejarah, sebuah perangkat elektronik dengan layar  datar dapat menyisipkan tampilan keranjang belanja dan mensimulasikannya dalam berbelanja layaknya toko fisik sebenarnya. Namun terlepas dari keterbatasan sebuah media, belanja secara online dapat dinikmati oleh setiap pembeli hanya berupa gambar dan tulisan saja.

Warna harus berfungsi dan berhasil pada beberapa tingkatan secara bersamaan. (1)Pertama, di tingkat teknis warna harus memungkinkan dan seakurat teknologi yang ada. Sementara pada saat yang bersamaan warna tersebut harus tetap memperdulikan aturan optik yang ada. (2)Kedua, setelah komposisi warna berhasil ditentukan dan dianggap dapat memegang perhatian pengunjung dan tentu saja harus dapat berhasil dalam menyampaikan informasi yang tepat. (3)Ketiga, warna harus berfungsi kompeten sebagai elemen struktural utama dalam desain toko dan tata letak halaman web. Dalam kapasitas ini, warna harus menciptakan efek spasial dan navigasi yang tepat dihalaman dan situs secara keseluruhan. (4)Keempat, sebagai alat estetika utama, warna harus menciptakan rasa harmoni visual, sehingga mempertahankan dan meningkatkan minat pelanggan dalam pengalaman berbelanja.

Berikut Adalah Empat Formula yang Menghubungkan Komposisi Warna Yang Baik Terhadap Pembuatan Website e-Commerce

(1) Convert gambar kedalam format file yang benar

Disamping menurunkan ukuran file dan mempersingkat waktu download, dengan melakukan konversi gambar yang tepat akan memberikan kualitas gambar dan warna yang terbaik dalam website kita.

(2) Pilih warna yang paling tepat dalam menganalisis produk toko atau jasa dan target pasar

Adalah suatu hal yang penting bahwa warna-warna menanggung beberapa hubungan baik simbolis atau literal untuk produk maupun jasa. Jangan pernah sekali-kali mencoba mencari warna atau menerapkan warna yang tidak biasanya dalam sebuah situ jual-beli.

(3) Gunakan warna untuk membuat desain antar muka pengguna yang paling fungsional

Misalnya, gunakanlah warna yang dapat mengarahkan mata ke daerah yang paling penting pada halaman suatu website. Perancang website harus dapat mengidentifikasi apakah urutan yang paling ideal dan normal untuk diperlukan ketika pengunjung datang ke website kita : apa yang harus dilihat oleh pengunjung pertama kali, bagaimana cara agar pengunjung dapat secara terus terfokus melihat pandangan ke depan layar website kita, dan berapa banyak waktu pengunjung yang dapat kita pegang ketika mengunjungi masing-masing halaman konten. Biarkan warna dalam komposisi minimum, karena dengan komposisi warna yang minimal pengunjung akan dapat terfokus dan melihat dengan jelas ketika terdapat sebuah objek benda yang di tampilkan dalam website kita. Terlalu banyak warna dan bentuk membuat tidak mungkin untuk fokus dan menemukan sesuatu.

(4) Gunakan prinsip harmoni warna untuk menciptakan pandangan dan pengalaman visual yang menyenangkan

Dengan kata lain, semua warna dari web situs sistem navigasi, banner, tombol, dan teks – serta gambar display barang (jika ada), semua harus bekerja sama dengan baik dan harmonis. Beberapa atribut umum harus dapat menyelaraskan elemen-elemen tersebut.

Kesimpulan artikel "Komposisi Warna Untuk Website e-Commerce" ini dengan inti dan pertimbangan, sama halnya jika kita membangun sebuah toko dengan kondisi fisik yang sebenarnya, baik lokasi penempatan hingga pewarnaan toko tersebut. Maka tidak akan sedikit berbeda jika kita terapkan terhadap sebuah toko online, karena yang membedakan hanyalah dengan konsep tampilan dua dimensi dan pandangan visual. Namun dalam analisis akhir, warna memberikan peran penting dalam keputusan seorang pelanggan yang kritis, yaitu  jadi membeli atau tidak!

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...