Panduan Berguna Merancang Footer Layout Sebuah Website

Agar sebuah blog atau website apapun menjadi benar-benar sukses, terdapat banyak aspek yang perlu anda pertimbangkan dan di masukan ke dalam ruang gerak situs anda. Misalnya, aspek seperti desain visual, konsistensi merek atau konten anda dan secara keseluruhannya adalah segala sesuatu yang dapat menentukan apakah pengunjung benar-benar suka dengan website anda.
Panduan Berguna Merancang Footer Layout Sebuah Website
Panduan Berguna Merancang Footer Layout Sebuah Website

Pengguna tidak hanya harus mampu dengan mudah dalam melakukan navigasi dan mencari konten pada situs anda, tetapi mereka harus bisa mendapatkan hal yang menyenangkan ketika mengunjungi website anda.

Perhatikan footer sebuah website

Halaman utama dan header adalah dua hal yang paling umum bahwa para desainer cenderung berfokus pada hal ini untuk menarik minat pengunjung ke dalam sebuah website. Akibatnya, pada bagian footer umumnya hanya dijadikan bagian pelengkap biasa saja seperti halaman (page) untuk Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us, dll.

Namun, sebuah footer tidak harus selalu di desain dengan seperti ini. Bahkan footer sama pentingnya dengan sebuah header, jika anda mendesainnya dengan sempurna. Hal ini karena footer berfungsi sebagai "Port of Call" atau port panggilan terakhir bagi pengunjung website anda.

Hal ini umumnya memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menggunakan beberapa layanan yang tersedia pada situs anda, seperti memeriksa artikel lain atau memberikan layanan kepada pengunjung untuk menuju ke halaman kontak terhadap anda dengan fasilitas Contact Us.

Mengapa hal ini sangat penting

Membuat footer website dengan cara yang benar sangat penting karena hal ini pada dasarnya memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mempelajari informasi baru pada website atau blog anda. Selain itu, tidak hanya membuat sebagai alat yang baik dalam sebuah navigasi, tetapi juga dapat menjadi cara yang baik untuk membantu membuat kesan pertama kepada orang lain.

Anda tidak boleh melupakan bahwa footer harus mampu menyediakan link yang berkualitas sehingga memungkinkan pengguna untuk menavigasi melalui webite dengan mudah.

Selain itu, pada bagian footer anda harus dapat melibatkan pengguna situs dengan konten yang berkualitas. Serta menambahkan fasilitas sharring sosial media, sehingga dapat mendapatkan kunjungan pembaca secara berkelanjutan.

Serta anda dianjurkan untuk membangun kepercayaan secara individu terhadap pengunjung dengan cara memberikan fasilitas menu yang mudah jika mereka ingin menghubungi anda dengan pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin mereka miliki.

Meskipun footer secara umumnya terletak pada bagian bawah halaman sebuah website, namun dengan desain yang baik akan memberikan kesan yang baik pula terhadap pengunjung.

Buatlah tampilan visual yang menarik

Aspek yang paling dasar dan efektif untuk sebuah footer adalah daya tarik visual atau desain footer itu sendiri. Hal ini bahkan dapat terlihat sangat bagus walaupun anda tidak menyertakan link menu pada bagian footer anda, namun dengan desain tampilan yang bagus hal ini dapat menjadi bagian yang sangat kuat dari website anda.

Meskipun mungkin anda menginginkan desain tampilan website anda sejelas dan sesederhana mungkin, namun dalam suatu waktu tentunya anda ingin sesekali menambahkan ornamen yang menarik dalam footer website anda sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

Fokus pada merek anda

Penggunaan besar lain untuk bagian footer pada sebuah website adalah untuk menampilkan informasi dari merek anda, serta pesan secara keseluruhan dan estetika lainnya. Sementar footer dapat menjadi cara yang bagus untuk mengaktifkan navigasi.

Jadi intinya footer dapat dijadikan acuan untuk memperjelas brand atau merek website anda.

Buat tampilan footer bersih dari ornamen yang mengganggu

Ini jelas salah satu kunci paling penting dalam setiap proses desain yang paling bernilai dari hal apapun. Ketika anda bekerja dengan banyak informasi, memanfaatkan gaya desain sederhana dan bersih adalah cara terbaik untuk itu semua.

Terutama hal ini yang menjadi bagian penting ketika mendesain bagian footer anda, selalu pastikan bahwa anda menggunakan elemen yang bersih dan banyak ruang, serta tujuan dari perusahaan anda.

Luangkan waktu yang cukup untuk mendesain halaman footer anda sehingga mendapatkan tampilan desain terbaik.

Mempromosikan produk atau jasa

Jika anda mendesain sebuah situs atau website yang difungsikan untuk menjual produk atau jasa, footer adalah cara yang baik untuk memberikan pernawaran produk atau jasa tersebut kepada pengunjung website anda.

Disini footer berperan besar sebagai pengingat atau memori terhadap pengguna atas apa yang baru saja terlihat, serta memberikan banyak manfaat yang berbeda dalam penawaran tersebut sehingga mereka dapat memutuskan untuk bertindak atas tawaran ini. Dalam kasus ini, footer harus terlihat cenderung lebih persuasif dari pada perannya sebagai informatif, dan juga harus memberikan keuntungan bagi mereka untuk mengambil tindakan sesegera mungkin.

Elemen dapat ditemukan pada footer
 
Terdapat beberapa hal yang umumnya harus terletak pada footer. Ini adalah hal yang mungkin diharapkan pengunjung ketika mendatangi blog atau website anda. Seperti : informasi kontak, link ke platform sosial media, link navigasi, berbagai informasi mengenai hak cipta, terms of conditions atau halaman privacy policy.

Dianjurkan anda memiliki ide-ide kreatif yang harus dimasukan ke dalam halaman footer anda, untuk menarik lebih banyak perhatian.

Semua informasi kontak yang diperlukan, seperti anda dapat menampilkan logo perusahaan anda. Namun jika anda seorang individu, lampirkan biografi singkat serta foto berikut daftar artikel yang telah ditulis oleh anda.

Merancang desain footer

Setiap jenis desain website harus selalu memiliki gaya utama yang melekat padanya tidak perduli apapun hal tersebut. Tidak hanya membantu untuk meningkatkan tampilan website, tetapi juga membantu untuk meningkatkan visualisasi keseluruhan dari semua konten yang berbeda dari kebanyakan blog atau website.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
February 11, 2017 at 6:32 AM delete

Bagus ulasannya, bermanfaat bagi yg masih belajar seperti saya.......

Reply
avatar
loading...