Meningkatkan Kreativitas Dalam Mendesain Website

Untuk semua desainer dalam bidang apapun, inspirasi dan kreativitas sangat penting untuk keberhasilan. Jika anda banyak membaca blog atau situs yang berkaitan dengan komunitas desain web, pasti anda akrab dengan tulisan desain yang sangat menginspirasi.
Meningkatkan Kreativitas Dalam Mendesain Website
Meningkatkan Kreativitas Dalam Mendesain Website

Sementara itu sebuah produktivitas yang dikembangkan dengan melihat contoh pekerjaan dari desainer web lain, dan jika hal tersebut terlalu banyak dilakukan malah akan membuat kurangnya variasi dan inovasi dalam desain anda. Untungnya, terdapat banyak cara lain untuk memperbaiki kreativitas desain anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kreativitas dalam mendesain website.

Dapatkan bahan inspirasi offline

Sebagian besar dari kita menghabiskan berjam-jam untuk melakukan online setiap hari, karena hal tersebut merupakan sifat menjadi desainer website. Namun, terdapat inspirasi di seluruh dunia ini yang sering kita lupakan. Yaitu jenis lain dari desain, seperti publikasi cetak dan desain interior merupakan sumber yang sangat baik dan dapat kita tuangkan kedalam kreativitas online. Di kehidupan nyata ini banyak hal yang dapat memberikan inspirasi dalam desain.
 
Bereksperimen dengan warna

Skema warna membuat perbedaan besar pada hasil akhir dari sebuah desain. Dengan bereksperimen akan menjadikan hal yang sangat menguntungkan bagi anda ketika mencoba mengembangkan sesuatu yang kreatif. Seperti contoh, ketika anda menganggap komposisi warna yang anda bayangkan memiliki kualitas desain yang bagus, namun setelah dituangkan kedalam layar ternyata itu adalah cerita yang berbeda. Oleh karena itu dengan banyak melakukan eksperimen terhadap warna akan membiasakan diri anda untuk mengetahui komposisi warna yang baik.

Bereksperimen dengan backgrounds

Selama beberapa tahun terakhir, gambar atau latar belakang yang besar telah menjadi lebih umum dalam mendesain website yang memiliki desain berkualitas. Karena sebuah gambar latar tidak akan mendatangkan efek yang negatif kepada pengunjung blog anda. Jika anda mengharapkan membuat sebuah situs dengan desain yang menonjol, mungkin latar belakang dengan gambar yang kreatif adalah sebuah hal yang menguntungkan.

Bereksperimen dengan fonts

Sama halnya seperti skema warna, mengubah font atau tipografi desain dapat membuat tampilan yang berbeda. Dalam kasus tipografi, biasanya sedikit lebih dari perubahan yang halus dibandingkan jika anda mengubah skema warna. Situs dengan tipografi yang tepat biasanya akan terlihat sangat profesional, karena sangat sulit untuk menemukan sebuah tipografi yang paling tepat dalam desain sebuah situs bentuk apapun, tentunya ini memerlukan keahlian khusus.

Tingkatkan keterampilan Photoshop anda

Kreativitas dan photoshop berjalan beriringan. Seorang desainer yang terampil dengan photoshop dapat membuat apa saja, karena biasanya mereka selalu memiliki pemikiran-pemikiran yang unik dan kreatif. Jika anda ingin berjuang untuk mendapatkan kualitas desain seperti para desainer tersebut, cobalah untuk meningkatkan keterampilan photoshop anda (atau bisa juga dengan mempelajari software desain grafis yang lain).

Mulai pekerjaan anda dari selembar kertas

Sangat banyak dari kita cenderung untuk langsung mengedit di photoshop dan dilanjutkan dengan membuat coding pada blog. Sementara, proses dalam mendesain adalah harus menjadi yang utama untuk mengahasilkan desain website yang berkualitas. Oleh karena itu berikanlah kesempatan kepada selembar kertas dalam memulainya. Beberapa orang dapat lebih kreatif bekerja dengan cara yang berbeda-beda, dan tentu saja kertas bekerja dengan baik untuk beberapa desainer. Walaupun poin ini terletak pada bagian akhir, alangkah baiknya sebelum memulai sebuah desain tuangkanlah terlebih dahulu ide kreatif anda dalam selembar kertas sehingga akan menjadikan panduan dalam mendesain pekerjaan anda.
Apakah metode favorit anda? Bagaimana cara anda meningkatkan kreativitas dalam mendesain website? 

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...