Menulis Untuk Beberapa Blog

Banyak diantara para blogger yang menulis untuk beberapa blog atau website yang mereka miliki, bahkan ada diantara mereka yang menulis untuk diri sendiri bahkan mengisi blog milik orang lain. Pada kesempatan ini, para blogger mengambil banyak keuntungan ketika menulis artikel baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain seperti meningkatkan jaringan dengan para blogger lain yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat serta tips ketika menjadi penulis untuk beberapa blog.
Menulis Untuk Beberapa Blog
Menulis Untuk Beberapa Blog

Mengapa menulis untuk beberapa blog ?

Beberapa sumber pendapatan. Jika anda memiliki beberapa buah blog maka anda akan memiliki peningkatan peluang dalam pendapatan atau income. Cara lain untuk meningkatkan penghasilan anda tanpa memiliki beberapa blog adalah untuk menjadi penulis yang dibayar oleh blog lain.

Jaringan. Salah satu strategi terbaik untuk meningkatkan kualitas blog anda adalah dengan memperkuat jaringan melalui pengunjung atau tamu. Dari sini kita dapat memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menulis artikel yang dapat diposting pada blog kita sehingga mereka akan mendapatkan backlink dari situs kita. Atau sebaliknya kita yang menulis untuk blog miliki orang lain. Tentu saja cara ini sangat bernilai dan kita bisa memiliki relasi dengan para blogger yang berkualitas.

Keuntungan penilaian artikel. Dengan menulis artikel untuk blog lain terutama situs yang memiliki jumlah pengunjung yang banyak, anda akan mendapatkan tanggapan yang instan dari para pengunjung yang membaca artikel anda. Disini anda dapat menilai sendiri apakah artikel anda berkualitas dan sangat informatif sehingga banyak menarik minat para pengunjung.

Memulai dengan topik yang lain. Salah satu alasan paling umum para blogger membuat blog yang lain adalah mereka ingin mencoba dan memulai mengembangkan tulisan mereka dengan topik atau tema yang baru dibandingkan dengan blog utama mereka. Hal yang sama jika kita menjadi penulis blog milik orang lain, tentu kita akan menyesuaikan artikel yang akan kita buat sesuai dengan topik yang mereka miliki.

Inbound link. Kebanyakan posting tamu menyediakan fasilitas untuk melampirkan biografi singkat dari penulis yang berisi link aktif ke website atau blog milikinya. Link ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan peringkat di mesin pencari terhadap website penulis (backlink).

Tips untuk menulis beberapa blog

Tuliskan semua ide-ide anda dan tuangkan dalam tulisan kemudian publikasikan. Semakin banyak anda menulis untuk dituangkan dalam blog, maka semakin banyak pula ide yang anda butuhkan. Bagi sebagian orang hal tersebut bukan sebuah masalah, tetapi belum tentu bagi anda bisa melakukan hal yang sama. Jadi, alangkah baiknya setiap kali anda menemukan ide terbaru buatlah terlebih dahulu dalam bentuk draft yang tersusun rapi sehingga dikemudian waktu anda dapat mempublikasikannya di blog anda.

Berlangganan ke blog lain untuk mempublikasikan artikel anda. Dengan berlangganan anda biasanya akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari blog dan mempelajari bagaimana biasanya mereka berkomunikasi dengan langganannya.

Promosikan tulisan anda di blog lain bila memungkinkan. Jika artikel yang anda publikasikan pada blog milik orang lain banyak mendapatkan tanggapan yang positif, berarti itu merupakan sebuah keuntungan bagi anda. Jika memungkinkan buatlah link internal yang tertaut ke halaman blog anda, kalau hal tersebut tidak dapat dilakukan anda bisa menggunakan fasilitas sosial media.

Mendata artikel apa saja yang telah dimasukkan ke masing-masing blog. Jika anda telah bekerja untuk menulis pada beberapa buah blog, sangat dianjurkan bagi anda memiliki lembar kerja yang berisikan tentang masing-masing artikel yang telah anda publikasikan terhadap blog anda maupun milik orang lain. Hal ini berfungsi agar artikel anda tidak saling tumpang tindih dan menghindari artikel yang sama.

Jika sebuah artikel tidak diterima oleh salah satu blog, gunakanlah artikel tersebut di tempat lain. Salah satu kejadian yang mungkin terjadi adalah artikel anda bisa saja tidak akan bisa dipublikasikan pada blog milik orang lain. Tapi jangan berkecil hati, anda bisa menggunakan artikel tersebut pada blog milik anda yang lain. Satu hal yang pasti, jangan pernah mengirimkan satu buah artikel ke beberapa blog secara bersamaan, pastikan terlebih dahulu bahwa artikel yang anda miliki sudah pasti ditolak oleh blog tersebut.

Lampirkan link URL pada halaman portofolio anda. Hal ini sangat bermanfaat ketika anda mendapatkan tawaran untuk menjadi penulis yang dibayar pada sebuah blog atau situs terkenal. Sangat memungkinkan anda diminta untuk memperlihatkan beberapa sampel dari hasil tulisan anda.

Jangan pernah menyimpan semua artikel terbaik untuk blog utama anda. Jika anda memiliki beberapa blog, sebaiknya anda harus dapat membagi secara rata setiap artikel terbaik atau berkualitas untuk masing-masing blog yang anda miliki. Sehingga anda dapat mengangkat kualitas dari setiap blog yang anda miliki.

Ingatlah untuk menanggapi komentar. Seorang penulis yang baik adalah mereka yang selalu menanggapi komentar dan pesan yang menilai tulisan mereka.

Perhatikan apakah artikel anda bekerja. Jika anda menulis untuk blog milik orang lain, tentu anda tidak dapat melihat statistik data pengunjung artikel anda. Namun anda dapat menyiasatinya dengan cara melihat jumlah komentar yang masuk, banyaknya link aktif yang tercantum pada komentar, dan berapa banyak orang yang telah melakukan share artikel anda terhadap sosial media. Walaupun cara ini masih belum dapat memberikan nilai statistik yang pasti, setidaknya anda memiliki gambaran tentang sebuah artikel yang benar-benar menarik minat pembaca.

Mengkoreksi segalanya. Sebuah tulisan belum tentu sepenuhnya memiliki kesempurnaan, inilah fungsinya membuat sebuah artikel yang berkualitas sehingga mendatangkan minat pembaca yang secara tidak langsung membantu mengkoreksi pekerjaan anda. Kebanyakan seorang blogger tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengkoreksi setiap tulisan artikel yang mereka miliki, namun dari berbagai komentar yang ada dirinya dapat menilai sendiri seberapa besar kualitas tulisan yang dia miliki.

Biasakan menulis beberapa artikel dalam satu waktu. Kita semua memiliki waktu produktif pada diri kita masing-masing. Carilah waktu yang paling tepat bagi diri anda dalam menulis, dan biasakan jangan pernah berhenti setelah selesai membuat satu buah tulisan, usahakan memacu diri anda untuk menulis lebih banyak tulisan dalam satu waktu.

Silahkan baca juga artikel : Apa Yang Membuat Desain Blog Terlihat Baik.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...