Sejarah Panjang CorelDRAW

Siapa yang tidak mengenal CorelDRAW?! Yaitu piranti lunak desain grafis yang dibuat dan dipasarkan oleh perusahaan Corel Corporation yang terletak di Ottawa, Kanada.

Bayangkan bagaimana jika teks dan grafis tidak bisa dikombinasikan dalam satu file yang sama, tentunya akan sangat membosankan. Atau anda dapat membuat sebuah bentuk gambar yang imajinatif, membuat sebuah diagram tabel atau flow chart tetapi tidak menggunakan program yang sama, pasti akan sangat merepotkan bukan? Begitulah kehidupan di dunia komputer sebelum adanya CorelDRAW.
Sejarah Panjang CorelDRAW
Sejarah Panjang CorelDRAW

Pada tahun 1985, Dr. Michael Cowpland, yang merupakan seorang staf dari Corel Corporation, menjual produk Corel kepada Intel Based Desktop Publishing System. Yang merupakan sejarah awal dibuatnya CorelDRAW. Kemudian pada tahun 1987, Corel Corporation merekrut Michel Bouillon dan Pat Beirnet sebagai programer. Akhirnya CorelDRAW atau tepatnya CorelDRAW 1.0 dirilis pada tahun 1989 bersamaan dengan diluncurkannya Windows 3.1.

Sejak pertama dirilis, Corel Corporation merasa memiliki sebuah produk yang istimewa di tangan mereka. Sebagai perangkat lunak grafis pertama untuk platform Windows, Corel telah mengubah cara orang dalam mengekspresikan ide-ide dalam mendesain, dan para pengguna telah percaya sekaligus menikmati program tersebut sejak saat itu.

Berikut ini adalah perkembangan Software grafis CorelDRAW hingga saat ini :

Tahun 1989 - CorelDRAW 1.0

CorelDRAW 1.0 merevolusi industri desain grafis, menjadi perangkat lunak grafis pertama untuk Windows.

Tahun 1990 - CorelDRAW 1.11

CorelDRAW 1.11 menambahkan AutoCAD DXF dengan dukungan impor atau ekspor untuk bekerja dengan desain 2D dan 3D.

Tahun 1991 - CorelDRAW 2

CorelDRAW 2 memperkenalkan Print Merge untuk menggabungkan file teks dengan file grafis dan mencetak hasilnya. Versi ini juga memperkenalkan Envelope, Blend, Extrusion dan Perspective Tools untuk mendistorsi dan menggabungkan bentuk dan objek.

Tahun 1992 – CorelDRAW 3

CorelDRAW 3 menambahkan Editable Preview Mode, menyediakan kemampuan untuk bekerja dengan benda-benda yang ditampilkan secara detail penuh dalam warna. Pada versi ini corel melakukan perbaikan dari efisiensi memori sehingga kinerja CorelDRAW menjadi lebih cepat. Corel Photopaint untuk editor bitmap juga diluncurkan di versi ini.

Tahun 1993 – CorelDRAW 4

CorelDRAW 4 memperkenalkan kemampuan multi halaman, yang memungkinkan page dokumen dibuat sampai 999 halaman. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software dekstop publishing seperti pagemaker. Namun peningkatan ini harus dibayar dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang lebih tinggi. Versi ini juga memperkenalkan floating Toolbox yang dapat dipindah-pindah pada halaman kerja.

Tahun 1994 – CorelDRAW 5

CorelDRAW 5 membawa PostScript dan TrueType sebagai dukungan font untuk program. Ditambahkan sistem manajemen warna pada versi ini, yang memungkinkan pengguna dapat mengkalibrasi monitor, printer dan scanner secara kustom untuk mencapai representasi yang lebih akurat pada warna layar.
Perkembangan Versi CorelDRAW
Perkembangan Versi CorelDRAW

Tahun 1995 – CorelDRAW 6

CorelDRAW 6 dirilis karena pada tahun ini bersamaan dengan dikeluarkannya Windows 95, agar menyesuaikan dengan sistem operasi tersebut. CorelDRAW 6 adalah versi pertama dengan dukungan penuh 32-bit. Dan ditambahkannya Graph Paper Tool, dengan meningkatkan ukuran halaman maksimum dari 35"x35" hingga 150ft. x 150ft.

Tahun 1997 – CorelDRAW 7

CorelDRAW 7 dirilis setelah selang dua tahun dan lebih stabil dari versi sebelumnya. Fitur baru dari versi ini adalah Property Bar, komunikasi data *.psd (Photoshop), suport alpha channel dan writing tools (Hypen, SpellChecker, AutoCorect) seperti di Microsoft Word.

Tahun 1998 – CorelDRAW 8

CorelDRAW 8 memperkenalkan Multi Import File ditambah alat interaktif Drop Shadow dan Distortion Tool, 3D, dll. Namun pada versi ini dibutuhkan kembali spesifikasi hardware komputer yang lebih besar khususnya RAM atau Memory.

Tahun 1999 - CorelDRAW Graphics Suite 9

CorelDRAW Graphics Suite 9 menambahkan beberapa palette warna, yang dapat membuat pengguna menyesuaikan ruang kerja mereka untuk menampilkan beberapa palette warna secara bersamaan, untuk kecepatan kerja dan fleksibilitas. Sebuah palette editor baru memungkinkan untuk membuat palette warna kustom atau mengedit palette kustom yang ada. Tersedianya konversi file menjadi PDF, sangat kompatibel dengan Adobe Photoshop, dan dilengkapi fitur Artistic Media. CorelDRAW versi ini sangat cocok digunakan bagi anda yang lebih banyak berurusan dengan dengan layout dibandingkan bermain ilustrasi.

Tahun 2000 – CorelDRAW Graphics Suite 10

CorelDRAW Graphics Suite 10 memperkenalkan fitur convert PDF, CorelRave, Page Sorter View dan perbaikan fitur dalam proses mencetak. Page Sorter View memungkinkan pengguna melihat thumbnail dari semua halaman dalam dokumen. Manajemen warna benar-benar didesain ulang untuk menggabungkan opsi penting dalam satu kotak dialog.

Tahun 2002 – CorelDRAW Graphics Suite 11

CorelDRAW Graphics Suite 11 memperkenalkan fasilitas simbol, agar pengguna bisa membuat objek dan dapat menyimpannya dalam sebuah library kemudian dapat digunakan kembali. Bisa dibilang tidak banyak perubahan pada versi ini dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.

Tahun 2004 – CorelDRAW Graphics Suite 12

CorelDRAW Graphics Suite 12 ditambahkannya fitur yang biasa terdapat pada AutoCAD seperti Dynamic Guideline dan Snap to Object (Quadrant, Node, dll) sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna.

Tahun 2006 – CorelDRAW Graphics Suite X3

CorelDRAW Graphics Suite X3 memperkenalkan Corel PowerTRACE untuk mengkonversi bitmap ke vektor grafis. Ditambahkan fasilitas perbaikan foto digital Corel PHOTO-PAINT, serta versi ini dapat menambahkan objek vektor tanam dimana sebelumnya hanya bisa memasukan file bitmap.

Tahun 2008 - CorelDRAW Graphics Suite X4

CorelDRAW Graphics Suite X4 dibuat agar dapat kompatibel dengan Windows Vista. Dengan tampilan ikon menyerupai CorelDRAW 3 (1992) yang sangat sederhana. Fitur barunya yaitu Color Management yang kompatibel dengan Adobe, tabel yang interaktif, pengaturan dokumen otomatis, dll.

Tahun 2010 - CorelDRAW Graphics Suite X5

CorelDRAW Graphics Suite X5 sangat banyak fitur baru yang ditambahkan pada versi ini dan sangat kompatibel dengan prosesor Multi Core dan OS Windows 7. Fitur tersebut diantaranya adalah CorelCONNECT, Manajemen warna yang baru, webgrafis dan Animation Tools.

Tahun 2012 - CorelDRAW Graphics Suite X6

CorelDRAW Graphics Suite X6 adalah sebuah versi yang mutakhir dengan menawarkan mesin tipografi yang canggih, harmonisasi warna dan tampilan alat serbaguna yang lebih gaya. Terdapat dua pilihan versi, yaitu veris 32-bit dan 64-bit. Dengan dukungan script yang kompleks sehingga memungkinkan bagi anda untuk menunjukkan kreativitas dan gaya dalam desain anda.

Tahun 2014 - CorelDRAW Graphics Suite X7

CorelDRAW Graphics Suite X7 memiliki tampilan user interface yang didesain ulang, alat dan perangkat serta fitur tambahan yang serba baru. Semuanya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan teknologi saat ini dimana sangat dimaksimalkan dalam integrasi fitur mobile. Yang menjadi fasilitas utama versi ini adalah kemudahan dalam berbagi dan mengakses konten di awan (cloud).

Selama bertahun-tahun Corel Corporation telah membawa semangat inovasi untuk pengembangan berbagai produk pemenang pengahargaan yang mencakup grafis, lukisan, foto, video dan perangkat lunak perkantoran. Mereka juga telah mendapatkan reputasi dalam memberikan produk-produk berkualitas tinggi yang mudah dipelajari, digunakan dan sangat membantu pengguna dalam meningkatkan produktivitas mereka.

Dengan markas utama di Ottawa, Kanada dan memiliki kantor utama di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Taiwan, China dan Jepang. Berbagai produk mereka telah tersebar di seluruh dunia, diantaranya CorelDRAW Graphics Suite, Painter, Corel DESIGNER Technical Suite, PaintShop Pro, VideoStudio, WinDVD, WordPerfect Office dan Winzip.

Artikel ini dibuat pada 25 Agustus 2016, dengan penyesuaian versi terbaru adalah CorelDRAW Graphics Suite X7. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu saja Corel Corporation akan terus meningkatkan performa produk mereka, terutama dalam bidang desain grafis. Jadi kita tunggu saja apa yang akan muncul hingga akhir tahun 2016 ini?! Atau di tahun-tahun mendatang.
Sumber : www.coreldraw.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...