Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Ulang Website

Mendesain ulang sebuah website bisa menjadi sebuah pekerjaan yang rumit, sangat penting untuk benar-benar merencanakan dan mempertimbangkan faktor-faktor yang diperlukan untuk mendesain ulang sebuah website menjadi berhasil. Atau bahkan sangat disayangkan jika niat untuk mendesain ulang website tersebut malah membuat situs anda menjadi berantakan. Berikut ini adalah faktor yang harus anda perhatikan ketika akan mendesain ulang sebuah website.
Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Ulang Website
Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Ulang Website

(1) Apakah tujuan anda dalam mendesain ulang ?

Apa yang ingin anda capai? Ini merupakan pemahaman yang penting tentang alasan dan motivasi yang jelas karena hal ini akan mempengaruhi keputusan yang anda buat untuk menentukan hasil akhir dalam mendesain ulang. Tanpa mengetahui tujuan dari proses perubahan ini anda akan kehilangan arah dalam konsep dan mungkin akan berakhir dengan sebuah website yang masih tidak memenuhi kebutuhan anda.

(2) Perubahan yang dibuat apakah hanya sebagian atau konsep keseluruhan ?

Sebuah desain ulang bisa saja hanya merupakan perubahan sebagian atau merubah seluruh desain. Sudah sangat jelas waktu, tenaga dan biaya yang terlibat akan bervariasi. Tetapi pertama anda harus menentukan jenis perubahan apa yang diperlukan bagi anda untuk memenuhi tujuan anda terhadap desain yang baru. Jika mendesain ulang secara keseluruhan, anda juga harus mempertimbangkan sejauh mana desain baru harus sama dengan desain lama. Jika pengunjung datang kembali ke situs anda, kemungkinan anda ingin melihat mereka melihat tampilan dengan desain baru tanpa merasa seperti mereka belum pernah ke situs anda sebelumnya.

(3) Aspek apa yang membuat desain saat ini terlihat lebih efektif ?

Kemungkinan besar ada beberapa hal tentang desain yang saat ini bekerja dengan sangat baik, dan kemungkinan ini aspek yang ingin anda simpan atau masukan ke dalam desain baru. Ikutilah ide sederhana ini untuk membuat sebuah daftar sederhana tentang hal yang anda suka dan tidak suka untuk membantu anda dalam mendesain yang baru.

(4) Apakah aspek desain pada saat ini tidak efektif ?

Poin ini berkaitan dengan poin nomor tiga (3), jika anda ingin menyingkirkan beberapa aspek tertentu dalam desain website anda. Lihat kembali apakah ada beberapa karakteristik desain yang tidak akurat dalam menggambarkan bisnis anda kepada pengunjung.

(5) Siapa target pengguna anda ?

Selama proses desain anda tidak ingin kehilangan fokus terhadap pengunjung. Dengan mengetahui siapa yang anda targetkan dan bagaimana anda memenuhi kebutuhan mereka, dengan memahami hal ini anda akan berada di jalan untuk membangun sebuah website lebih efektif. Apakah dengan gaya desain yang baru pengunjung anda akan menyukainya ?

(6) Bagaimana caranya agar website lebih user friendly

Meningkatkan fungsi dan kegunaan pada sebuah situs web adalah merupakan hal yang baik. Tapi perhatikan bahwa jika anda mendesain ulang website anda dengan fungsi dan desain yang tampak hebat tetapi tidak memiliki fungsi yang baik secara user friendly, maka hal tersebut semua akan percuma.

(7) Apakah kebutuhan sebuah logo atau merek harus diperbaharui ?

Kemungkinan besar sebuah website akan mencakup beberapa bentuk logo atau branding. Apakah item-item ini masih up-to-date dan mereka akan berfungsi dengan desain baru?  Jika logo anda out-of-date dan tidak menarik, desain baru mungkin tidak akan dapat berbuat banyak memberikan nilai yang signifikan jika masih menggunakan logo lama yang sama.

Silahkan baca juga artikel : Membuat Logo Yang Efektif

(8) Ingin melakukan perubahan konsep warna atau tetap sama ?

Mengacu pada poin dua (2), tentu anda sangat mengharapkan jika telah melakukan re-design, anda mengharapkan  pengunjung yang lama agar masih tetap berkunjung ke situs anda. Menggunakan skema warna yang sama adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini. Banyak cara untuk merubah sedikit tampilan desain dengan warna yang baru, ini bertujuan agar website anda memiliki tampilan situs yang lebih segar.

(9) Resolusi layar apa yang pengunjung anda gunakan ?

Ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana pengunjung anda akan melihat situs. Sebuah program seperti Google Analytics dapat dengan mudah memberikan informasi ini. Jelas, dengan desain fixed-width harus mempertimbangkan resolusi layar khas yang digunakan oleh pengunjung.

(10) Apa kecepatan koneksi yang pengunjung gunakan ?

Mengetahui kecepatan koneksi pelanggan akan membantu anda untuk mengetahui elemen-elemen mana saja yang sebaiknya anda terapkan pada website anda, karena proses beban yang terlalu berat akan sedikit mengganggu terhadap pengunjung yang memiliki koneksi lambat.

(11) Bagaimana caranya membuat navigasi lebih efektif ?

Navigasi adalah salah satu elemen paling penting dari kegunaan sebuah situs, hal yang sangat penting ketika mendesain kembali website anda adalah tetap memperhatikan navigasi yang baik agar mudah di gunakan oleh pengunjung.

(12) Apa yang diinginkan oleh pengunjung dari website anda ?
Memfasilitasi Keinginan Pengunjung Website
Memfasilitasi Keinginan Pengunjung Website
Memenuhi kebutuhan pengunjung adalah hal yang sangat penting untuk keberhasilan situs web jenis apapun. Apakah pengunjung datang untuk mencari informasi? Maka berikanlah pengunjung secara mudah untuk mendapatkan informasi dan membuatnya menjadi bagian terpenting dalam desain anda. Apakah mereka akan datang ke situs untuk mencari produk? Atau mereka berkunjung ke situs untuk mencari berbagai alasan lain? Antisipasilah apa yang pengunjung anda inginkan, dan fasilitasilah hal tersebut untuk menarik minat mereka.

(13) Bagaimana cara menggabungkan interaksi pengguna ?

Situs yang paling sukses adalah situs yang mampu melibatkan interaksi antar pengunjung. Blog yang besar untuk tujuan ini sangat memungkinkan pengunjung saling berinteraksi melalui komentar dan diskusi. Kemungkinan lain adalah forum, game, konten yang dibuat untuk pengguna, jajak pendapat, kuis, dll. Dengan membuat website lebih menarik untuk pengunjung anda sangat memungkinkan untuk mendapatkan sejumlah pengunjung yang akan kembali mengunjungi situs anda.

(14) Siapa yang akan melakukan pemeliharaan dan update terhadap situs anda ?

Apakah anda akan menjadi admin yang akan melakukan perawatan dan update secara berkala terhadap website anda? Atau orang lain yang akan melakukannya? Jika anda menerapkan beberapa orang yang akan menjadi admin yang mengelola website anda, sangat dianjurkan bahwa pengelolaan kode program harus sebersih mungkin sehingga tidak akan mendatangkan masalah dikemudian hari.

(15) Pertimbangkanlah apakah sistem manajemen konten (CMS) dibutuhkan ?

Banyak pemilik situs web saat ini lebih suka menggunakan CMS, seperti Wordpress, sehingga situs dapat dengan mudah diperbaharui tanpa memerlukan seorang desainer. Tergantung pada jumlah dan jenis update yang diantisipasi, CMS mungkin baik jika berkeputusan untuk menghemat waktu.

(16) Bagaimana cara meningkatkan SEO ?

Setiap kali sebuah situs web dirancang, mesin pencari harus menjadi bahan pertimbangan. Desain terbaru yang sedang dilakukan apakah kompatibel dengan mesin pencari (engine friendly). Ini yang harus direncanakan sehingga situs anda akan terindeks secara baik di mesin pencari.

(17) Kata kunci (keywords) yang menjadi target ?

Tentu saja kata kunci harus digunakan dalam judul, header, anchor text, alt tags, dll. Merancang sebuah situs tanpa menggunakan kata kunci yang ditargetkan, tentu saja hal ini akan menjadi sia-sia dan tidak efektif. Desain ulang website anda dengan merapihkan kata kunci secara maksimal.

(18) Halaman sedang memiliki nilai traffic yang tinggi

Jika terdapat halaman (page) yang terindeks dengan traffic yang sangat baik di mesin pencari, anda mungkin tidak ingin melakukan perubahan yang besar dengan isi halaman tersebut. hal ini dapat dengan mudah diabaikan selama melakukan perubahan desain, akan tetapi ingat jika anda melakukan perubahan yang terlalu berlebihan dalam merubah desain bisa saja anda akan memberikan nilai yang kurang baik terhadap halaman terindeks dengan nilai traffic yang sangat baik tersebut.

(19) Apakah setiap halaman memiliki link internal ?

Setiap halaman yang memiliki link internal atau gambar yang melalui lalu lintas link tersebut, anda harus dapat memastikan bahwa perubahan ini tidak akan berpengaruh negatif terhadap link tersebut. Jika memungkinkan gunakanlah URL yang sama, namun jika tidak memungkinkan pastikan pengunjung dapat terarah langsung ke halaman yang dituju secara benar.

(20) Apa yang membuat pengunjung untuk datang kembali ke situs anda ?

Kemungkinan besar anda telah mempertimbangkan bagaimana sebuah desain yang baru dapat membuat kesan pertama yang solid, tapi apakah anda yakin dengan desain terbaru ini akan membuat pengunjung untuk datang lebih dari sebelumnya. Rencanakanlah tujuan tersebut secara baik agar pengunjung situs anda tidak menghilang.

Silahkan baca juga artikel : Meningkatkan Kreativitas Dalam Mendesain Website

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...