Membuat Logo yang Efektif

Evolusi pada abad ke-20 telah mengantarkan sebuah logo untuk benar-benar menggambarkan identitas sebuah perusahaan. Hal ini terkait dengan banyaknya teknologi yang dikembangkan untuk memfasilitasi para desainer dalam menuangkan ide dan kreatifitas mereka. Namun dalam pembuatannya tidak mungkin sebuah teknologi yang canggih secara tersendiri akan membuat logo dengan baik dan efektif jika tidak adanya kreatifitas seorang desainer yang benar-benar mengerti dalam mendesain sebuah logo yang efektif untuk sebuah perusahaan.
Membuat Logo yang Efektif
Membuat Logo yang Efektif

Beberapa kriteria dalam membuat sebuah logo yang efektif

Untuk apakah logo tersebut dan fungsinya ketika disajikan

Sebuah logo adalah identitas visual dari sebuah merek, sebuah tanda yang mewakili organisasi atau perusahaan sehingga membuatnya langsung dikenali oleh yang melihatnya, dibangun dengan penggunaan satu set warna, huruf, dan gambar. Disini sebuah logo atau merek harus berbeda dengan jenis logo lainnya, harus unik dalam mengidentifikasikan sebuah simbol, serta memiliki nilai-nilai dan karakteristik.

Prinsip desain logo sudah tepat ?

Sebuah logo yang akurat dan sederhana harus dapat mewakili sebuah perusahaan, tidak terlepas dalam bentuk perusahaan apapun seorang desainer harus bisa mempertimbangkan bagaimana bentuk font, warna dan gambar pilihan yang mendukung dan memperkuat identitas perusahaan.

Prinsip desain logo simpel dan bersih

Sebuah logo yang efektif harus memiliki prinsip yang simpel, bersih dan tidak terlalu rumit. Logo harus dapat mereproduksi dengan baik dan semua elemen logo harus dapat dibaca di berbagai ukuran mulai dari billboard hingga ke dalam bentuk sebuah kartu nama. Hindarilah gambar foto yang rumit atau gradient ketika merancang logo. Pilihlah bentuk vektor yang bersih dan mudah ketika merubah ukuran.

Desain logo unik

Sebuah logo harus berdiri terpisah dari para pesaingnya di pasaran oleh karena itu sebuah logo harus unik.

Apakah desain logo sudah usang ?

Sebuah identitas perusahaan harus bertahan dalam ujian waktu dan tidak tergantung pada tren atau mode dalam sebuah periode waktu. Sebuah logo yang efektif akan terus dikenal dan menarik seperti saat pertama kali dirancang.

Logo harus konsisten

Sebuah logo harus memiliki sebuah warna inti dan font, pilihan ornamen pada desain ini harus tetap sama ketika sebuah logo digunakan untuk menjaga konsistensi dan membangun identitas sebuah merek.

Proses singkat dalam mendesain logo

Bertemu dengan klien

Bertemu dengan klien untuk membahas kebutuhan proyek dalam mendesain logo berikut jadwal.

Penelitian

Mengumpulkan informasi tentang latar belakang perusahaan dan berasal dari industri apa, hingga termasuk pesaing klien anda. Hal ini akan memberi anda pondasi yang kuat untuk membangun desain anda. Memeriksa desain logo sukses dari industri yang sejenis dengan klien anda untuk menentukan apa yang telah bekerja di masa lalu.

Sketsa

Mulailah untuk meletakkan ide-ide awal anda di atas kertas, jadilah kreatif dan terbuka pada kesempatan ini, kemudian anda dapat memperbaiki sketsa anda nanti.

Refleksi

Ambilah sebagian waktu untuk melakukan istirahat dalam mendesain. Ini akan membantu anda untuk merenungkan kembali pekerjaan anda dan dapat memeriksanya lebih hati-hati.

Revisi

Ini adalah proses dan timing untuk mendapatkan hasil akhir dari desain anda, sesuai dengan konsep dan keinginan dari klien. Pada tahap ini anda dianjurkan untuk melakukan beberapa kali tahap revisi sehingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Presentasi

Presentasi anda ke klien harus mencerminkan karya terbaik anda, pastikan bahwa desain logo telah selesai dengan sempurna, memiliki kualitas tinggi dan penampilan yang profesional. Mungkin sebuah ide yang baik jika anda menampilkan logo pada produk klien anda.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...