Sejarah Singkat Perusahaan Android

Ini dimulai pada bulan Juli 2005, ketika Google memiliki banyak uang dan sedikit kebingungan untuk mengembangkan bisnis mereka, namun secara diam-diam mereka telah membeli beberapa perusahaan yang sedang berkembang atau baru mulai dibangun.
Sejarah Singkat Perusahaan Android
Sejarah Singkat Perusahaan Android

Salah satunya pada tahun tersebut Google pernah tertarik dengan perusahaan Dodgeball, yaitu sebuah layanan untuk membagikan teks atau pesan terhadap sekelompok orang atau teman yang hampir mirip dengan Twitter, namun ini tidak pernah muncul dan terealisasi pada layanan Google hingga saat ini.

Tetapi pada saat yang sama, Google juga membeli sebuah perusahaan kecil yang disebut dengan Android.Inc Corporation didirikan oleh Andy Rubin, saat ini menjabat sebagai direktur platform mobile di Google.

Sedikit orang yang mengetahui tentang perusahaan ini bahkan dalam perindustrian teknologi pada saat itu, padahal pada kenyataannya perusahaan ini sedang mengembangkan sebuah perangkat lunak untuk ponsel.
Andy Rubin - Pendiri Android
Andy Rubin - Pendiri Android

Pada tahun 2003, sebelum Rubin membuat Android. Dia mengungkapkan bahwa terdapat potensi besar dalam mengembangkan perangkat mobile pintar (smartphone) yang lebih ramah dan bermanfaat terhadap penggunanya. Jika orang-orang pintar (pengembang aplikasi) sadar akan hal ini, maka mereka dapat segera mengumpulkan aplikasi dan menjadikannya sebuah produk konsumen yang berkualitas.

gPhone

Sementara itu persaingan mulai memanas ketika iPhone diluncurkan, kemudian rumor meningkat bahwa Google mengeluarkan handset mereka sendiri yang bernama gPhone. Dimana fungsi utama dari ponsel ini adalah dirancang untuk bekerja dilayanan berbasis seputar Google Labs, hingga email dan maps.

Namun faktanya Google tidak mengumumkan dan merilis kapan gPhone akan diluncurkan.

Mengingat peristiwa besar 5 November 2007

Pada hari ini dunia tepatnya di California terkejut dengan sebuah kemajuan besar dalam industri teknologi. Bukan hanya berbasis pada handset (handphone), melainkan sebuah pengembangan dari sitem OS open-source baru untuk menyaingi Symbian, Microsoft dan yang lainnya.

Sejak saat itu mulai diadakannya pertemuan rahasia untuk membahas platform ini yang diantaranya diikuti oleh HTC, LG, Samsung, T-Mobile, dll. Hingga sekarang kita kenal dengan nama Open Handset Alliance (OHA).

Dengan sebutan Google Android, masih banyak orang yang bisa dibilang gagal menyadari dengan anggapan bahwa "dengan platform baru ini mengapa Google harus meminta bantuan dari orang lain (perusahaan lain)". Karena banyak orang yang kesulitan memahami manfaat apa yang sebenarnya bisa diambil dari Google Android, dan apa yang membuatnya istimewa dibandingkan dengan sistem operasi saingan di luar sana.

Namun Google membuktikan itu semua tidak benar, justru Google adalah kekuatan utama dibalik kesuksesan sistem baru ini, dan seluruh anggota OHA berdiri untuk mengembangkan serta memasarkan keberhasilan OS Android ini.

Dampak

Setelah rahasia OS tersebut keluar dan dibentuknya faksi OHA, tekanan terhadap pangsa pasar langsung terasa terhadap pesaing mereka.

Berikut ini adalah langkah cepat dari pengembangan Android dalam 10 bulan terakhir sejak pertama kali dirilis :

OHA merilis pengembang Android SDK pada 12 November 2007 hanya satu minggu setelah pengumuman. Banyak pengembang dari masyarakat yang mampu membuat berbagai aplikasi untuk berbagai handset, dan pengguna dapat dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi secara fleksibel.

Pada bulan Februari, sejumlah perusahaan termasuk Qualcomm dan Texas Instruments memiliki chipsets yang dapat bekerja dengan baik pada versi mendasar dari OS Android, dan memberikan preview pertama dari OS ini.

Android adalah performa sistem OS yang berkesinambungan, produsen tidak perlu bingung untuk mencari pihak ketiga dalam mengembangkan aplikasi mereka, namun secara tiba-tiba banyak pengembang yang berkontribusi untuk mereka. Mereka telah mengadopsi ekosistem Linux ke dalam basis bisnisnya.

Berikut adalah sejarah singkat dari perusahaan Android yang telah diakuisisi oleh Google, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...