Google Lebih Mengutamakan URL HTTPS

Bagi anda yang memiliki website dengan URL HTTP akan sedikit kaget, karena Google sebagai mesin pencari terfavorit di dunia telah mengembangkan algoritma terbaru yaitu lebih mengutamakan peringkat terhadap situs yang memiliki sertifikat SSL atau URL HTTPS.
Google Lebih Mengutamakan URL HTTPS
Google Lebih Mengutamakan URL HTTPS

Selama bertahun-tahun Google terus mengembangkan algoritma yang sangat kompleks untuk memberikan layanan kepada pengguna dari mesin pencari mereka. Para webmaster dan pemilik situs web di seluruh dunia mencoba untuk menjaga hubungan baik dengan algoritma Google tersebut. Tapi setiap kali Google melakukan update terhadap algoritmanya, para blogger dan webmaster harus memutar otak untuk menanggulangi kondisi tersebut.

Update algoritma Google terbaru saat ini adalah untuk memutuskan peringkat halaman terhadap sebuah situs yang menggunakan sambungan aman atau sertifikat SSL. Sekarang Google akan mulai memprioritaskan URL HTTPS aman dibandingkan dengan URL HTTP yang kurang aman. Dengan demikian bagi anda yang memiliki website dengan menggunakan sertifikat SSL dan menyajikan halaman situs dengan URL HTTPS, walaupun anda memiliki situs saingan yang memiliki kualitas dengan konten hampir sama namun tidak bersertifikan SSL dan URL HTTP, maka Google akan memposisikan anda lebih unggul dibandingkan situs pesaing anda.

Tentu saja HTTPS bukan satu-satunya faktor penentu dalam peringkat situs pencari Google, tetap Google menilai kualitas konten, membangun backlink yang berkualitas, desain website yang baik, dll. Semua hal tersebut tetap akan menjadi pertimbangan dan penilaian Google. Akan tetapi mesti anda ingat bahwa kedepannya URL HTTPS akan menjadi salah satu faktor Google dalam menentukan peringkat di halaman pencarian mereka.

Jika anda seorang pemilik website atau blog, anda dapat mengarahkan pengunjung HTTP anda menjadi HTTPS. Google telah menerbitkan sebuah posting yang menjelaskan keputusan untuk memprioritaskan situs yang bersertifikat SSL, dan juga menerangkan cara terbaik untuk pengguna SSL.

https://googleonlinesecurity.blogspot.co.uk/2015/12/indexing-https-pages-by-default.html
Apa yang anda pikirkan tentang langkah Google ini? Silahkan berbagi pendapat anda pada komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...