Tips Memilih Gitar Akustik yang Baik

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih gitar akustik atau gitar akustik-elektrik yang cocok dengan genre musik anda adalah dari segi anggaran dan keterampilan memainkan gitar.
Tips Memilih Gitar Akustik yang Baik
Tips Memilih Gitar Akustik yang Baik

Membeli sebuah gitar akustik akan menjadikan pengalaman tersendiri bagi anda, karena kita akan mengetahui seorang pembuat gitar menggunakan berbagai jenis kayu yang berbeda, hardware, elemen desain dan masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Secara khusus terdapat empat bidang utama yang wajib anda ketahui dan dipertimbangkan sebelum membeli gitar akustik, diantaranya :
  1. Tujuan dan anggaran – untuk keperluan apa ketika menggunakan gitar tersebut dan berapa banyak anggaran yang anda miliki.
  2. Konstruksi dan desain – pelajari terlebih dahulu dasar-dasar sebuah gitar sebelum anda berbelanja.
  3. Gaya dan sound – memahami berbagai fitur yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi suara gitar.
  4. Varian gitar akustik – gitar akustik 12 strings dan bentuk alternatif body sebuah gitar akustik.

Tujuan dan anggaran

Sebelum anda berfikir tentang nama-nama merek gitar terkenal atau bentuk body gitar tersebut, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk keperluan apa gitar yang akan anda beli, dan berapa banyak uang yang akan anda habiskan untuk satu buah gitar akustik.

Skill level – seorang amatir atau pro?

Jika anda seorang pemain baru yang sedang mencari sebuah gitar akustik untuk belajar, mungkin sebaiknya tidak perlu menghabiskan budget yang begitu besar untuk sebuah high-end gitar akustik. Berkat perkembangan teknologi moderen, saat ini telah banyak berbagai pilihan terbaik untuk gitar kelas mid-range yang baik digunakan untuk belajar atau memperdalam permainan sebuah gitar.

Atau mungkin anda adalah seorang pemain yang berpengalaman dan siap untuk meng-upgrade ke gitar yang lebih baik. Dalam hal ini, penting untuk mengetahui perbedaan antara tonewoods dan bagaimana sebuah efek papan suara resonansi gitar bekerja.

Mencoba pilihan terhadap gitar akustik-elektrik

Apakah anda akan bermain dengan sebuah band, atau memainkan gitar anda dalam acara-acara publik seperti di kafe? Jika demikian mungkin anda perlu mempertimbangkan sebuah gitar akustik-elektrik.

Gitar akustik-elektrik dilengkapi dengan pickup dan preamplifier yang memungkinkan mereka dapat terhubung ke amplifier atau sistem suara yang tidak perlu menggunakan distorsi, sehingga suara akustik dapat tetap terdengar dengan baik. Namun anda tetap dapat memainkannya walau tanpa terhubung dengan amplifier seperti gitar akustik biasa. Saat ini gitar akustik hybrid ini telah menjadi populer di kalangan musisi, dan banyak terdapat berbagai macam gitar akustik-elektrik yang dapat disesuaikan dengan anggaran anda.

Konstruksi dan desain

Setelah anda memahami dasar-dasar tentang bagaimana sebuah gitar akustik dirancang dan dibangun, maka anda dapat melihat dan mendengar perbedaan halus yang akan membantu anda dalam memilih gitar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Neck

Neck atau leher gitar yang tersambung dari badan gitar (body) dan berakhir pada headstock. Fretboard terpasang pada bagian atas neck ini, dan disesuaikan untuk jarak dan ukuran agar nyaman di tangan pemain. Kebanyakan gitar akustik menggunakan set neck, yang berarti neck langsung terhubung ke body gitar.

Pada bagian dalam neck berisi batang logam yang berfungsi untuk mencegah neck menjadi bengkok dan memutar akibat peregangan oleh senar dan faktor lingkungan lainnya. Dan fungsi lain dari batang besi yang tertanam pada neck ini adalah untuk menjaga intonasi dari penyetelan senar atau string yang tetap terjaga.

Fretboard atau fingerboard pada bagian sisi atas neck, biasanya bagian terpisah sebuah kayu yang terpaku pada neck. Fretboards yang baik biasanya terbuat dari kayu rosewoods atau eboni.
Part Bagian Gitar Akustik
Part Bagian Gitar Akustik

Strip tipis dari logam disebut frets, yang tertanam pada kayu.

Headstock terletak pada ujung neck yang bersebrangan dengan body gitar. Pada bagian ini dilengkapi dengan toner yang berfungsi untuk menyesuaikan ketegangan setiap senar atau string.

Body

Pada bagian body atau tubuh gitar, ukuran dan bentuk akan mempengaruhi jenis dan kualitas suara yang dihasilkan. Dengan menemukan bentuk body yang sesuai dengan kebutuhan fisik dan musik anda akan membantu memastikan anda memilih gitar akustik yang tepat.
Pada bagian pemilihan body gitar ini, sebaiknya anda tanyakan kepada orang yang lebih paham atau bila perlu seorang instruktur gitar yang memang mengerti tentang sebuah gitar akustik yang baik.

Gaya dan sound

Meskipun semua gitar akustik memiliki bentuk dan desain elemen dasar yang sama, namun harus anda perhatikan bahwa terdapat perbedaan penting yang mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh masing-masing gitar tersebut. Mungkin anda ingin mengetahui dan mempertimbangkan beberapa variabel yang mengubah perbedaan masing-masing gitar ketika dimainkan.

Variabel-variabel ini diantaranya :
  • Bentuk body
  • Tops (bagian atas body)
  • Lebar dan panjang neck
  • Senar nylon atau string
  • Tonewood
Dengan memahami empat kategori diatas, akan membantu anda dalam membuat keputusan yang terbaik saat anda berbelanja sebuah gitar akustik.

Varian gitar akustik

Ketika anda mempertimbangkan gitar akustik yang berbeda, anda mungkin akan menemukan dua versi utama gitar akustik tradisional. Yaitu gitar akustik yang memiliki string ekstra dan gitar yang lain dibuat dengan bentuk body dan bahan yang lain.

Gitar akustik 12 string (12 senar)

Gitar akustik 12 string adalah variasi standar yang dibuat oleh beberapa produsen gitar yang berbeda. Gitar ini umumnya digunakan oleh pemain yang mengkhususkan diri dalam genre musik folk dan blues. Musisi yang biasanya menggunakan gitar akustik 12 string ini adalah Arlo Guthrie dan John Denver.

Gitar akustik 12 string memiliki enam program string, masing-masing dengan dua senar yang disetel untuk menghasilkan dentingan sebuah efek chorus. Biasanya, pasangan string untuk bass di setel satu oktaf terpisah sementara semua string treble disetel serempak.

Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel Tips dan Cara Membersihkan Gitar yang Benar :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...