Sejarah Berdirinya Perusahaan Lamborghini

Sebuah perusahaan yang menghasilkan mobil-mobil sport yang sangat menawan dan memiliki harga yang sangat mahal bagi orang yang ingin memilikinya. Inilah sejarah berdirinya perusahaan mobil sport Lamborghini.
Sejarah Berdirinya Perusahaan Lamborghini
Sejarah Berdirinya Perusahaan Lamborghini

Didirikan oleh Ferruccio Lamborghini yang lahir di Italia pada tahun 1916. Dimana ketertarikannya terhadap mesin telah tertanam sejak usia dini. Selama Perang Dunia ke II, ia bergabung dengan tentara dan ditempatkan di pulau Rhodes. Untungnya hanya terjadi sedikit peristiwa peperangan di lokasi ini, karena pada dasarnya pulau ini terisolasi dari belahan dunia lainnya. Setiap mobil, truk dan sepeda motor yang hancur atau rusak harus dapat digunakan kembali dengan cara diperbaiki. Pada masa ini, Lamborghini terkenal sebagai seorang mekanik yang handal dengan melakukan improvisasi terhadap perbaikan sebuah mesin, sehingga banyak permintaan kepadanya untuk memperbaiki sebuah mesin yang telah rusak.

Setelah perang selesai, dia kembali ke rumahnya di dekat Modena di Italia Utara dan mulai membangun usaha kecil yaitu sebuah bengkel mobil dan sepeda motor. Pada saat itu dia sangat menyadari bahwa banyak orang-orang disekitar tempat tinggalnya (para petani) merasa putus asa terhadap kebutuhan traktor di wilayah pertanian mereka. Akhirnya Lamborghini membuat sebuah traktor dalam waktu satu bulan yang berasal dari kendaraan militer yang terlantar. Pertumbuhan ekonomi Italia mulai tumbuh dan permintaan terhadap sebuah traktor berkualitas mulai banyak. Kemudian dia mulai membangun mesin traktor sendiri, sehingga bisnis traktornya menjadi sangat sukses mencapai penjualan sebanyak 400 unit dalam satu bulannya pada tahun 1960. Usahanya terus berkembang, disamping mempertahankan bisnis traktor, pada tahun 1960 dia memproduksi pemanas dan unit pendingin udara untuk bangunan dan hal inipun mendapatkan kesuksesan yang besar.

Pada masa-masa kesuksesannya ini, Lamborghini memiliki ketertarikan untuk mengembangkan sebuah mobil yang memiliki performa tinggi. Meskipun pada saat itu dia telah memiliki Oscas, Maserati dan Ferrari tetapi selalu merasa kecewa dengan mobil-mobil ini, terutama pada bagian mesin mereka. Terdapat sebuah cerita yang terkenal yaitu, dimana Lamborghini merasa frustasi dengan masalah kopling pada mobil Ferrari (Ferrari 250 GT), kemudian dia pergi untuk mengunjungi Enzo Ferrari yang kebetulan pabrik mereka berada di dekat lokasi tempat tinggalnya. Enzo Ferrari tidak punya waktu untuk seorang pembuat traktor dan tidak memperdulikan permintaan pendapat dari konsumennya pada saat itu. Akhirnya pada saat itu Lamborghini memutuskan untuk membuat mobil sendiri dengan mesin V12. Untuk desain mobil dia mengajak seorang insinyur yang sangat berbakat yaitu Giampaolo Dallara yang sebelumnya bekerja pada mesin V12 Ferrari.
Ferruccio Lamborghini
Ferruccio Lamborghini

Akhirnya lahirlah mobil pertama Lamborghini yang bernama "Lamborghini 350 GTV". Dalam bentuk prototipenya telah diperlihatkan ke publik pada Turin Auto Show 1963, kemudian penjualan di tahun berikutnya. Ini adalah sebuah kesuksesan yang besar, karena sebanyak 130 unit mobil telah terjual. Semakin banyaknya penjualan mobil Lamborghini dengan seri-seri berikutnya membuat nama Lamborghini semakin dikenal di seluruh dunia. Mereka memiliki dana keuntungan yang sangat besar dari penjualan mobil dan bisnis traktor mereka, sehingga bisnis Ferrucio ini memungkinkan para insinyur untuk merancang konstruksi mobil baru – Lamborghini Miura. Seri Miura membuat nama Lamborghini menjadi legendaris, ini adalah benar-benar sebuah mobil masa depan, bahkan dapat membuat terkejut sebuah perusahaan mobil sport seperti Ferrari dan Maserati.

Miura pertama kali diperlihatkan pada tahun 1965 di Turin Auto Show oleh Ferruccio Lamborghini sendiri namun masih dalam bentuk prototipe. Desain body diserahkan kepada Marcello Gandini dalam waktu kurang dari satu tahun, Pada bulan Maret 1966 mobil tersebut telah selesai dikerjakan dan ditampilkan di Geneva, bahkan terlihat lebih baik dibandingkan ketika di Turin. Statistik menunjukkan mobil tersebut sangat agresif di data, dan sebuah nama yang tepat dipilih untuk mobil ini "Miura" sebuah nama yang diambil dari pertempuran banteng Spanyol yang ganas.

Pada tahun 1974 sebuah bencana melanda. Bisnis traktor Lamborghini mengalami kemunduran yang besar, dimana orderan besar untuk traktor ke negara Amerika Selatan dibatalkan. Memang sebelumnya Lamborghini telah mengantisipasi permintaan, maka sebelumnya dia meng-upgrade pabrik agar dapat mengejar jumlah permintaan traktor yang diperlukan. Akibatnya perusahaan mengalami kehilangan banyak uang atas musibah ini. Banyak tenaga kerja terpaksa diberhentikan, sementara kekayaan pribadinya masih cukup maka ia memutuskan menjual sebagian saham di pabrik, akhirnya pabrik di ambil alih oleh Fiat.

Sebanyak tujuh perusahaan tersisa selamat berkat suksesnya penjualan Miura, kemudian bisnis mobil menjadi mandiri dan dapat menghasilkan uang. Namun Lamborghini akhirnya menjual seluruh saham yang tersisa di perusahaan mereka kepada investor Swiss. Perusahaan sampai dengan saat ini masih mempertahankan namanya, namun Ferruccio Lamborghini meninggal pada bulan Februari 1993, ketika usianya hampir menginjak 76 tahun.

Peristiwa krisis minyak di tahun 70-an membuat penjualan mobil performa tinggi menjadi sulit. Pabrik desain dan produksi terganggu dengan masalah anggaran dalam penyediaan suku cadang. Banyak orang yang menyerah dalam melakukan pemesanan sebuah mobil, karena mereka harus menunggu selama dua tahun sampai mobil tersebut selesai dikerjakan. Untungnya sebuah perusahaan kaya dari Kanada, Walter Wolf, memainkan peran utama dalam mendukung Lamborghini untuk mengembangkan usahanya dalam masa-masa sulit tersebut.

Pada tahun 1978 perusahaan mengumumkan kebangkrutan. Sebuah pengadilan Italia ditunjuk untuk menemukan pembeli. Sebuah grup perusahaan yang berbasis di Swiss yang disebut dengan "Mimran Brother's" mampu menyelamatkan kondisi pabrik yang telah bangkrut. Patrick Mimran salah satu anggota keluarga pada tahun 1980 mulai mengubah kondisi sekitar perusahaan. Mereka berhasil membuat seri mobil Countach LP500.

Kejadian yang sama berlaku juga terhadap Mimran bersaudara, mereka menjual perusahaan kepada Chrysler Corporation. Ini adalah kejutan yang sangat besar, namun dukungan dari Chrysler memang sangat dibutuhkan pada saat itu. Mereka fokus dalam perubahan seri Countach menjadi seri Diablo, Chrysler membawa tim selalu menjadi pemenang di Italia. Namun kondisi perusahaan mengalami ketegangan antar kelompok manajemen, karena budaya yang berbeda dari kedua perusahaan. Akhirnya mereka berhasil menerapkan sumberdaya dari Chrysler yang menitikberatkan pada desain, pengendalian polusi, dan teknik manufaktur baru untuk mobil-mobil berikutnya.

Sekali lagi hasilnya sukses luar biasa. Lamborghini Diablo mendapatkan sambutan hangat dimana-mana. Namun seperti mendapatkan cobaan bertubi-tubi, pada tahun 1994 Chrysler jatuh dalam masa-masa sulit dan harus menjual perusahaan. Akhirnya perusahaan ini dibeli oleh sebuah kelompok investasi dari Indonesia yang dipimpin oleh Tommy Suharto dari keluarga Suharto yang terkenal. Sayangnya di akhir tahun 90-an krisis ekonomi mulai melanda keluarga ini, dan uang yang sangat dibutuhkan untuk meneliti perkembangan seri Diablo mulai mengering.
Lamborghini Centenario
Lamborghini Centenario

Untungnya perusahaan mobil Jerman Audi memiliki minat terhadap Lamborghini. Pada tanggal 4 Agustus 1998, serangkaian transaksi kompleks Audi AG menjadi pemilik tunggal Automobili Lamborghini. Seperti pada waktu pembelian oleh Chrysler, ini bukan sebuah pilihan terbaik yang dimiliki oleh Lamborghini. Audi mengambil peran aktif dalam merancang seri Lamborghini Murchielago, dan terus mengembangkan mobil sport eksotis lainnya.

Demikian adalah sejarah berdirinya perusahaan Lamborghini yang silih berganti dari masa-masa kepemilikannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...