Definisi Teknologi Drone

Sebuah Drone dalam konteks teknologi adalah sebuah pesawat tidak berawak.

Drone yang lebih formal dikenal sebagai kendaraan udara tidak berawak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) merupakan sebuah pengembangan pada perangkat robot terbang. Pesawat drone ini dapat dikendalikan dari jauh atau dapat terbang sendiri secara mandiri dengan menggunakan software rancangan penerbangan, dan dikendalikan melalui sistem yang tertanam pada rangkaian pesawat serta dikombinasikan dengan GPS.
Definisi Teknologi Drone
Penggunaan Drone Untuk Mengangkut Barang

UAV pada awalnya sering dikaitkan dengan militer, tetapi alat ini banyak digunakan juga untuk keperluan pencarian dan penyelamatan, pengawasan, pemantauan lalu lintas, pemantauan cuaca, pemadaman kebakaran, dan banyak lagi.

Pada saat ini, pesawat tanpa awak atau drone telah menjadi sejumlah pertimbangan utama terhadap aplikasi komersial. Contohnya, pada akhir tahun 2013, perusahaan Amazon mengumumkan rencana untuk menggunakan drone pada proses pengiriman paket mereka agar bisa lebih cepat sampai ke tangan konsumennya. Bahkan hingga saat ini, drone lebih banyak digunakan untuk penggunaan pribadi atau sebagai hobi fotografi bebas berbasis drone.

Pengaplikasian lain dari drone ini antara lain untuk pengawasan dan jurnalisme, karena kelebihan dari kendaraan terbang tidak berawak ini seringkali dapat mengakses lokasi yang tidak mungkin dapat di jangkau oleh manusia pada umumnya.

Pada akhir tahun 2012, Chris Anderson seorang Chief Editor majalah Wired, pensiun untuk mendedikasikan dirinya dalam membangun perusahaan drone miliknya yang bernama 3D Robotics. Kesempatan ini dia ambil saat melihat drone menjadi sebuah hobi kepemilikan barang pribadi dan paling sering digunakan untuk mengambil foto di udara, sehingga menjadikan potensi pasar pesawat tidak berawak ini berkembang pesat.

Di Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) telah mengembangkan peraturan untuk pengoperasian pesawat tidak berawak ini.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...