4 Langkah Bersihkan Buah Dan Sayuran

Manfaat buah/sayuran tentu sudah banyak yang tahu. Tapi mungkin sedikit yang peduli terhadap residu pestisida yang terkandung dalam buah/sayuran. Buah yang terpapar residu pestisida tentu menjadi tidak aman untuk dikonsumsi, bahkan dapat menimbulkan penyakit. Agar yakin buah/sayuran aman dimakan, simak 4 langkah membersihkan buah/sayuran berikut ini.
4 Langkah Bersihkan Buah Dan Sayuran
4 Langkah Bersihkan Buah Dan Sayuran

1) Masukan Dalam Wadah Berpori

Mencuci buah/sayuran memang bisa mengurangi residu pestisida yang ada di permukaan, namun kata Dave Stone, seorang ahli racun yang menjadi direktur National Pesticide Information Center, tidak bisa menghilangkan pestisida yang sudah diserap oleh akar sehingga masuk ke dalam jaringan buah/sayuran.

Nah, cara terbaik untuk membersihkan buah dan sayuran dari residu pestisida adalah dengan memasukkannya ke dalam sebuah wadah seperti baskom yang berpori atau memiliki lubang kecil-kecil. Lantas, alirkan air kedalamnya. Jangan memasukkan buah/sayuran ke dalam wadah yang airnya tidak bisa mengalir karena residu pestisida tidak akan terbuang bersama aliran air.

2) Mengupas Lebih Efektif

Selain mencuci buah dan sayuran di air yang mengalir, mengupas ternyata juga efektif membantu mengurangi residu pestisida yang menempel di kulit buah/sayuran.

3) Gunakan Cuka Untuk Membersihkan

Cara lainnya adalah dengan menggunakan cuka yang bisa membersihkan buah dari bakteri dan memecah lapisan lilin pada buah/sayuran.

Seperti diungkapkan dalam laman cooks illustrated, cara paling cepat mencuci buah menggunakan cuka adalah dengan menyemprotkan cuka ke buah, kemudian bilas di bawah air mengalir. Untuk hasil yang lebih maksimal, rendam buah dalam campuran air dan cuka selama 10-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4) Membuat Sendiri Sabun Pencuci

Sementara itu situs SahabatNestle menawarkan cara lain untuk membersihkan residu pestisida dalam buah dan sayuran yaitu dengan membuat sendiri sabun pencuci buah. Selain lebih murah, caranya juga mudah.

Silahkan baca artikel : Sehat Dengan Clean Eating

Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon, 2 sendok makan baking soda, dan 250 ml air. Masukkan campuran tersebut dalam botol semprot. Jika akan digunakan, semprot saja pada buah kemudian diamkan 5-10 menit, sebelum dicuci bersih.

Kamu juga bisa mengganti baking soda dengan cuka, dalam ukuran yang sama. Semprotkan pada buah, tak perlu dicuci lagi. Cukup dikeringkan dengan tisu atau lap bersih, dan siap dikonsumsi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...