Cermat Memilih Sepatu Hak Tinggi

Ada beragam jenis sepatu hak tinggi (high heels) yang ada di pasaran. Yang tergolong high heels adalah sepatu yang tinggi haknya mulai dari 5-12 cm atau lebih.
Cermat Memilih Sepatu Hak Tinggi
Cermat Memilih Sepatu Hak Tinggi

Sayangnya, sepatu hak tinggi kerap membuat penggunanya merasa tak nyaman. Jadi, dipakai hanya untuk menunjang penampilan. Padahal, sisi kenyamanan juga tidak boleh diabaikan karena pemilihan hak sepatu yang salah akan berpengaruh pada kesehatan. Berikut tips cermat memilih high heels.

Pastikan ukuran sepatu sesuai dengan ukuran kaki

Mengukur kaki, sebaiknya tidak hanya panjangnya saja. Lebar kaki juga sebaiknya diperhatikan. Pengukuran sebaiknya dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran yang tidak pas, hanya akan menambah beban dan nyeri pada kaki.

Pilih sepatu dengan heel atau hak yang tebal

Sepatu jenis ini akan mencegah tumpuan tertuju pada ujung atau bantalan dengan telapak kaki saja. Kaki juga akan lebih stabil dan peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar jika dibandingkan stileto yang memiliki hak berbentuk kecil dan tajam. Sepatu jenis ini juga dapat meminimalisir gangguan pada otot kaki.

Ujung sepatu yang lebar

Sedapat mungkin hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Pilih sepatu yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya, jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung ataupun pinggiran jari kaki.

Silahkan baca artikel : Fakta Yang Terdapat Pada Jantung Manusia

Cari bahan yang lembut

Dibandingkan menggunakan sepatu high heels yang terbuat dari bahan kulit yang kaku, untuk meningkatkan rasa nyaman, sebaiknya pilih bahan yang lebih lembut.

Gunakan bantalan alas kaki

Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki yang dapat digunakan. Untuk sepatu high heels, kamu dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon metatarsal yang empuk. Dapat digunakan dengan diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk menyerap guncangan.

Pilih sepatu high heels dengan ujung terbuka

Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada ujung-ujung telapak kaki. Jenis ini juga sangat membantu kamu yang kerap mengalami gangguan pada kaki berupa penonjolan di pangkal ibu jari atau kelingking jari kaki.

Perhatikan derajat kemiringan sepatu high heels

Sepatu yang memiliki hak sekitar 10 cm kemungkinan akan menukik tajam ke bawah, namun ada pula yang memiliki kemiringan bertahap. Sebaiknya pilih jenis yang kedua, untuk meminimalisir pada bantalan telapak kaki yang terletak di bagian bawah ibu jari kaki.

Minimalisir penggunaannya

Menggunakan sepatu dengan hak lebih rendah, membuat posisi kaki semakin mendekati alami. Ahli menyarankan, penggunaan sepatu tidak melebihi 5 cm dengan waktu pemakaian yang tidak berlebihan.

Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menyempurnakan penampilan, namun hindari menggunakannya terlalu lama karena memiliki resiko kesehatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...