Misteri Kota Bogor

Di kalangan paranormal, kota bogor sangat dikenal dengan nilai mistisnya yang sangat kental, seperti adanya kebun raya bogor yang berada ditengah kota, istana bogor yang bersebelahan dengan kebun raya, istana batu tulis yang pernah diisukan adanya harta karun didalamnya. Hal inilah yang membedakan kota Bogor dengan kota lainnya di Indonesia, karena di kota lain biasanya daerah yang mengandung mistis berada jauh diluar kota atau cenderung dipelosok atau di pegunungan.
Misteri Kota Bogor
Misteri Kota Bogor

Bogor yang terkadang oleh banyak orang berasal dari kata Buitenzorg, hal ini seperti yang ditulis oleh orang belanda. Mungkin berasal dari kata mboten jorok yang dalam bahasa jawa berarti tidak jorok atau tidak kotor. Hal ini berbeda pandangan dari paranormal yang miztix temui. Bokor, begitulah pendapat paranormal, karena dulu di istana Negara tersimpan Bokor yang cukup besar, walaupun keberadaannya sekarang hanya dapat dilihat dengan mata batin atau indera keenam, karena bokor tersebut raib atau menggaib, karena kata bokor tersebut bagi kebanyakan orang sulit diucapkan, maka berubah menjadi Bogor yang lebih mudah diucapkan.

Di dalam kebun raya sendiri disamping pohon-pohon yang besar, juga terdapat makam tokoh terkenal yang oleh masyarakat Bogor dikenal dengan nama mbah Japra. Saat miztix wisata ke kebun raya Bogor, miztix sempat ditawari ilmu pelet oleh mbah Japra, namun dengan halus miztix menolak. Dengan sedikit berbekal ilmu terawangan, miztix melihat adanya masjid gaib di dalam kebun raya Bogor, walaupun kecil tapi cukup indah. Jaraknya kira-kira dua ratus langkah dari mbah Japra. Juga adanya istana kerajaan yang bernama Galuh Pakuan. Bukan kerajaan Galuh juga bukan kerajaan Pakuan, melainkan kerajaan Galuh Pakuan. Dan ada dua dayang-dayang yang cantik berhilir mudik. Dan inilah yang sering marah jika melihat ada yang berpacaran di dalam kebun raya Bogor, oleh karenanya jika pacaran di kebun raya Bogor sering kali berakibat putus dari pacar. Tapi dapat juga untuk menguji kekuatan ikatan cinta bagi pasangan yang sedang mabuk asmara. Karena hanya yang serius dan cinta yang kuat maka tidak terpengaruh oleh dayang-dayang cantik di kebun raya.

Tugu kujang, yang saat pembangunannya sempat membuat pusing pimpinan proyek, lantaran berkali-kali kujang yang diletakan di atas tugu selalu jatuh. Setelah menanyakan hal tersebut pada orang pintar, maka mendapat petunjuk untuk mengarahkan bilah kujang ke istana Bogor, setelah menuruti nasihat orang pintar tersebut maka kujang di atas tugu berhasil berdiri tegak, dan sekarang dikenal dengan nama Tugu Kujang.

Petir dengan kekuatan terbesar memang ada di Depok, tapi petir terbanyak ada di Bogor, maka Bogor dikenal dengan kota petir nomor satu di dunia, padahal satu kelebatan petir terkecil dapat menghidupkan lampu pijar 100watt selama 80 tahun nonstop maka energi yang sangat besar sayang sekali jika dibiarkan mubazir. Dan telah dilakukan riset oleh ITB, LIPI, Jepang dan Perancis untuk kemungkinan memanfaatkan energi petir menjadi energi listrik. Tapi sayang tidak berhasil dikarenakan petir di Bogor terjadinya secara acak, tidak pada tempat yang sama. Petir sendiri memicu terbentuknya ozon, maka dari itu udara Bogor terasa lebih segar, karena rasa ozon sendiri segar dipernapasan.

Mengapa Bogor banyak sekali petir? Ini yang menjadi pertanyaan banyak orang. Miztix berusaha memecahkan misteri tersebut, walaupun hanya sedikit yang berhasil miztix temukan jawabannya. Konon sebagian paranormal mengatakan di Bogor banyak sekali tersimpan harta karun berupa emas. Yang dapat memicu reaksi petir. Juga banyak pertempuran gaib yang terjadi di Bogor. Hal yang paling penting juga banyak dilakukannya perbuatan yang dilarang agama, misalkan di Puncak Bogor. Tentu pembaca sudah maklum perbuatan apa yang dilakukan di Puncak Bogor. Semoga saja iman para kyai dan santrinya yang banyak terdapat di sekitar puncak dapat meredam akibat buruknya. Oleh karenanya alam cukup adil dengan memberi hujan yang besar untuk membersihkannya, dan air kotor dikembalikan lagi pada yang berbuat berupa banjir, maka jangan menyalahkan banjir kiriman dari Bogor. Tapi telaah oleh hati masing-masing apakah kita andil dengan perbuatan yang tidak baik saat berada di Puncak Bogor?

Bagi sementara paranormal, saat mereka sedang membawa barang pusaka, jika melewati daerah Bogor, biasanya isi pusaka atau khodam pusaka akan mampir ke kebun raya. Mungkin karena ada kerajaan Galuh Pakuan, sehingga khodam pusaka sowan terlebih dahulu.

Di Bogor ada daerah yang sering terjadi gempa kecil atau lini lokal yaitu daerah bernama gunung batu. Menurut terawangan miztix, hal ini tidak terlepas dari terbentuknya daerah itu sendiri. Mungkin saksi hidup sulit untuk ditemukan, tapi sesepuh mungkin masih dapat menceritakan apa yang dilihat oleh buyut mereka. Jaman dulu pernah bertemu kura-kura raksasa dengan ular besar yang berakhir dengan pertarungan keduanya, bahkan sampai salah satu dari mereka mati. Kura-kura tersebut dililit oleh ular hingga mereka terkubur dan menjadi gunung batu. Sampai sekarang miztix melihat keduanya masih bertarung maka tidak heran jika daerah gunung batu sering gempa kecil yang diakibatkan bergeraknya kura-kura dan ular tersebut yang sekarang telah berubah menjadi siluman. Miztix pernah bertanya lantas sampai kapan mereka bertarung? Mereka menjawab sampai salah satu dari mereka ada yang mati.

Sekelumit uraian diatas hanya sedikit sekali yang berhasil miztix ungkap walaupun masih banyak yang diceritakan misalkan kerajaan siluman di jembatan hitam ciluar, talang air yang berada di jalur ke Sukabumi dan di kedung halang yang konon untuk melunturkan ilmu orang yang mempunyai niat tidak baik saat memasuki kota Bogor, tapi hal ini tidak menjadi bahasan saat ini, mungkin di episode mendatang akan miztix ulas cerita dan beritanya, akhirulkalam semoga tulisan ini menambah wawasan kita semua.

-Trisula-

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...