Pro-Kontra Ziarah Kubur

Tanpa tendensi untuk mengajak pembaca sebagai pro atau kontra, terserah saja menilai mana yang diminati. Hanya sekedar memaparkan apa adanya tanpa menambahi atau mengurangi makna! Seperti kiriman Al-Fatihah, banyak yang Pro-Kontra. Namun hal ini tidak dibahas disini. Kali ini khusus dibahas tentang "ZIARAH". Mohon maaf sebelumnya (Bagi pembaca Salam Miztix yang Non Muslim), pembahasan kali ini berdasarkan ISLAM.
Pro-Kontra Ziarah Kubur
Pro-Kontra Ziarah Kubur

Karena adanya kubu yang Pro maupun Kontra.

Golongan yang KONTRA

Pada golongan yang kontra, banyak yang memakai dalil dari hadits (Sabda Rasul sebelum mencapai kesempurnaan tertinggi/masih usia paruh baya), kira2 bunyi haditsnya (Mohon maaf, sebaiknya baca sendiri hadits lengkapnya) cari saja hadits yang berbunyi: ".........KULARANG BERZIARAH..... dan seterusnya".  Juga alasan lain adalah takut jatuh pada ranah "Syirik".

Ulama ataupun Kyai (Pemuka agama) yang kontra, cenderung menurunkan tradisinya kepada santri untuk menjauhi berziarah. Sayangnya seringkali tidak memberikan dalil tersebut.

Golongan yang PRO.

Untuk golongan ini memegang hadits (Sabda Rasul saat usia mapan dan telah mencapai kesempurnaan tertinggi), bunyi haditsnya (terjemah), kira-kira seperti ini: "......DULU..., KALIAN KULARANG BERZIARAH, NAMUN SEKARANG BERZIARAHLAH !! KARENA BAIK UNTUK PENGHUNI KUBUR DAN BAIK UNTUKMU...." (Silakan cari sendiri hadits lengkapnya).

Semoga saja, pemuka agama, saat mewariskan tradisi berziarah, juga sekalian memberikan dalil tersebut, namun tidak lupa agar memberi penerangan kepada santrinya, agar tidak meminta-minta kepada alam kubur.

Memohon sesuatu tetap hanya kepada ALLAH! Agar tidak jatuh kedalam ranah "syirik!” biasanya kuncen (penjaga kubur) yang baik, akan selalu mengingatkan hal tersebut.

Adab berziarah tidak Tri tuliskan, apalagi adab yang khususon. Biarlah yang berhak dan pewarisnya saja yang akan mewarisi. Namun satu rahasia, Tri buka untuk pembaca Salam Miztix: "SAAT ZIARAH KUBUR, JANGAN PERNAH LUPA UTK MEMBACA SHALAWAT NABI MUHAMMAD SAW & SHALAWAT NABI IBRAHIM AS" !!

Rahasianya adalah, jika pembaca sudah terbuka mata hatinya, dapat melihat sendiri, bahwa tiap membaca shalawat tersebut, maka seluruh areal pemakaman tersebut menjadi terang. Toh Tri yakin, kalian tidak pelit (untuk) Menyiprati cahaya ke seluruh pemakaman dengan membacakan Shalawat, amal pahala menanti.

Silahkan baca artikel : Guna-Guna Tanah Kuburan

Sekarang terserah pembaca, mau kontra atau pro. Yang penting maklumi dari masing-masing golongan adanya alasan tersebut. Semoga tidak menjadikan permusuhan dari kedua-belah pihak.

Akhirul kalam, semoga artikel Pro-Kontra Ziarah Kubur ini menambah wawasan serta manfaat bagi pembaca.

Salam..

-Trisula-

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...