Aliran Musik

Dalam musik kita mengenal bermacam-macam alat musik dan alirannya sehingga dikenal dengan alat musik rhytmic dan melodic, apa bedanya???
Aliran Musik
Aliran Musik

Alat musik rhytmic merupakan alat musik yang tidak memiliki notasi nada seperti drum percussion, sedangkan alat musik melodic seperti gitar, biola dan piano memiliki notasi nada yang sangat luas yang sering kali berfungsi sebagai pelengkap atau pemanis saja.

Bagaimana halnya dengan aliran musik yang sangat beragam akhir-akhir ini...????

Aliran musik atau genre musik terlahir dalam periode dan sebab yang berbeda, seperti BLUES yang asal katanya adalah BLUE yang artinya sedih atau kesedihan, dikarenakan pada masa penjajahan suatu bangsa kulit hitan yang dijadikan budak, mereka bermain musik yang menurut mereka bisa mewakili situasi hatinya pada saat itu, lahirlah musik BLUES dengan ciri khas alunan gitar yang menyayat hati. lain halnya dengan JAZZ.

Musik Jazz terlahir pada era bangsawan, ketika itu para bangsawan sangat gemar bernyanyi tetapi tidak suka apabila mereka harus terikat pada chord, mereka menginginkan chord lah yang nengikuti mereka bernyanyi, contohnya seperti chord CMajor yang memiliki komposisi C,E,G sedangkan mereka ingin memulai dengan notasi B, sehingga lahirlah chord CMajor7.

Bagaimana dengan POP atau ROCK..??

Silahkan baca artikel : Perkembangan Genre Musik

ROCK dan POP merupakan jenis musik turunan, karena musik ROCK terlahir oleh jenis musik yang memiliki suara kasar atau bising yang sering kita sebut Distortion. Aliran musik BLUES lah yang melatarbelakangi musik ROCK. Sedangkan musik POP itu berasal dari kata POPULAR atau terkenal, jadi semua jenis musik yang terkenal yang bisa BOOMING di negaranya atau bahkan di tingkat dunia, itulah musik POP yang bisa kita kategorikan sebagai musik yang easy listening.

(Ieie) - bmaestro

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...