Alphabet Induk Baru Perusahaan Google

Google mengumumkan restrukturisasi perusahaannya yang baru pada hari senin kemarin tanggal 10 Agustus 2015. Dengan membuat payung perusahaan baru yang diberi nama Alphabet Inc. dan penamaan CEO baru untuk inti bisnis Google. Para pendiri google Larry Page dan Sergey Brin akan menjalankan Alphabet, dimana Page sebagai CEO dan Brin sebagai presiden. Walaupun selama ini sebenarnya google telah memiliki banyak anak perusahaan seperti Youtube dan mesin pencari google.
Alphabet Induk Baru Perusahaan Google
Alphabet Induk Baru Perusahaan Google

Menurut CEO Google Larry Page, Google memutuskan untuk membuat struktur ulang perusahaan. Keputusan ini akan memisahkan perusahaan web dengan divisi investasi dan penelitiannya. Alphabet Inc akan memegang divisi non web dan tambahan. Dalam blognya, Page mengatakan hal tersebut akan membuat semuanya lebih bersih dan akuntabel.

"Struktur baru ini akan membuat kita fokus pada kemungkinan luar biasa yang diperoleh dari dalam Google," kata dia, dikutip Daily Mail. Hal ini ternyata disambut baik pasar. Saham Google naik 5,8 persen setelah Page mengumumkan lahirnya Alphabet.

Alphabet akan menjadi bisnis utama Google, seperti maps dan Youtube, bersama dengan Fiber, Nest dan Google Ventures. "Saya sangat bersemangat menjalankan Alphabet sebagai CEO dengan bantuan rekan saya Sergey sebagai Presiden," kata Page.

Alphabet memang terhitung perusahaan baru, namun ia bakal menjadi induk dari berbagai macam perusahaan termasuk Google. "Alphabet secara garis besar menaungi beberapa perusahaan," jelas Page seperti dikutip UsNews. "Yang terbesar, tentu saja, adalah Google. Google lebih baru ini lebih ramping, dimana perusahaan itu akan terpisah dengan produk internet yang akan berada di Alphabet," lanjut Page.

Perusahaan lain yang dinaunginya sebagian besar mungkin sudah tidak asing di telinga pemerhati bisnis teknologi. Sebab, mereka merupakan pecahan dari divisi di Google Inc. Sebut saja Calico, Google X, Fiber, Google Ventures, Google Capital, dan Nest. Di antara seluruh perusahaan tersebut, Google masih yang terbesar. Dipimpin Sundar Pichai, Google  bakal tetap membawahi unit Android, Search, YouTube, Apps , Maps, dan Ads.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonymous
October 20, 2015 at 8:12 AM delete

informasi yang sangat menarik dari artikel ini

Reply
avatar
loading...