Ini Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

Wajib hukumnya menjaga kesehatan organ reproduksi, baik bagi pria maupun wanita. Nah, bagaimana sih cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang benar?
Ini Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi
Ini Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

# Rutin mengganti celana dalam

Bagi pria maupun wanita keringat bisa muncul di sekitar organ reproduksi. Bila jumlahnya berlebihan, keringat tersebut dapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan bakteri di dalam organ reproduksi. Maka, rutinlah mengganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari. Pilih bahan celana dalam yang menyerap keringat.

# Pakai handuk yang bersih

Keringkan organ reproduksi setelah buang air besar atau kecil menggunakan handuk yang bersih, kering, tidak lembab, dan tidak bau. Jangan menggunakan tisu untuk mengeringkan organ reproduksi sebab ada zat pemutih yang bisa menempel di organ reproduksi wanita maupun pria.

# Sunat

Untuk pria, dianjurkan sunat atau dikhitan agar terhindar dari kanker penis. Sunat pada pria juga kelak dapat mencegah timbulnya kanker serviks pada wanita yang menjadi pasangannya.

Silahakan baca :

# Buang air kecil dengan berjongkok

Banyak pria yang berdiri saat buang air kecil. Padahal, cara ini tidak baik untuk kesehatan. Maka, buanglah air kecil dengan cara berjongkok. Manfaat pipis dengan cara berjongkok adalah memaksimalkan proses pengosongan kantung kemih. Risiko terkena infeks saluran kemih menjadi rendah karena kantung kemih yang kosong sempurna.

# Hindari obat pembersih wanita

Organ reproduksi jika dibersihkan menggunakan obat pembersih kewanitaan justru bisa merangsang pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan. Alasannya adalah PH yang tidak seimbang justru mematikan bakteri baik yang ada di vagina.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...