Waspada Penyakit Pada Kuku

Kuku yang terlihat bersih dan rapi dapat menunjukkan karakter pemiliknya. Laju pertumbuhan kuku memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan kita. Kuku jemari yang sehat tumbuh kira-kira 3.5mm per bulan. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh asupan nutrisi, obat-obatan, penyakit, gangguan psikologi, serta proses penuaan tubuh.
Waspada Penyakit Pada Kuku
Waspada Penyakit Pada Kuku
Jika kamu menemukan masalah pada perkembangan kuku, seperti pembengkakan, perubahan warna, perubahan bentuk, dan ketebalan kuku, segera konsultasikan dengan dokter.

Silahkan baca :
- Sehat Dengan Clean Eating
- Manfaat Muay Thai Untuk Kesehatan
- 4 Langkah Bersihkan Buah dan Sayuran

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyerang kuku :

Onychia

Sebuah penyakit yang terjadi pada kuku akibat infeksi patogen atau bakteri. Berawal dari sebuah luka kecil di sekitar kuku yang mungkin disebabkan karena memotong kuku terlalu dalam atau tersandung saat berjalan. Jika saat terjadi luka kita tidak segera dibersihkan dan mengobatinya, maka bakteri akan masuk ke jaringan kuku. Hal ini bisa menimbulkan kuku bernanah, bahkan kuku bisa tanggal.

Onychocryptosis

Penyakit yang satu ini terjadi apabila kamu memotong kuku dengan cara yang tidak benar sehingga kuku tumbuh ke dalam. Onychocryptosis atau yang biasa disebut cantengan ini menimbulkan rasa sakit karena kuku tumbuh ke arah bantalan kuku sehingga menyebabkan luka dan infeksi.

Onychoryphosis

Yaitu penyakit penebalan pada kuku dan menjadikan kuku bengkok (melengkung). Hal ini disebabkan oleh luka yang berulang-ulang, misalnya disebabkan menggunakan sepatu atau alas kaki kekecilan. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Umumnya terjadi pada ibu jari (jempol)

Onycholysis

Onycholysis adalah penyakit yang membuat kuku lepas dari jari. Penyebabnya adalah virus atau jamur yang perlahan merusak jaringan di antara kuku dan jari. Untuk mencegahnya, jangan biarkan kaki dalam keadaan lembab/basah terus menerus karena dapat memicu tumbuhnya jamur dalam waktu cepat.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...