Mau Telinga Sehat? Ikuti Langkah Ini

Tak hanya berfungsi sebagai alat pendengaran, telinga juga membantu menjaga keseimbangan tubuh. Maka, sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan telinga. untuk menjaga kesehatan telinga lakukan langkah-langkah berikut ini.
Mau Telinga Sehat? Ikuti Langkah Ini
Mau Telinga Sehat? Ikuti Langkah Ini
 
Hindari Suara Keras

Paparan volume suara yang terlampau tinggi dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan keausan pada sel-sel rambut kecil di telinga. Sel-sel ini berfungsi untuk mengonversi suara menjadi sinyal saraf  untuk dikirim ke otak secara bertahap. Dengan kata lain, gangguan pendengaran akibat volume tinggi atau keras akan terakumulasi dari waktu ke waktu. Dalam aktivitas sehari-hari, penggunaan headset atau mendekatkan telinga ke loud speaker dengan volume tinggi adalah beberapa contoh yang bisa merusak kesehatan telinga.

Bersihkan Dengan Benar

Anda rutin membersihkan telinga dengan cotton bud atau alat berbahan besi lainnya? Sebaiknya, hentikan dari sekarang. Telinga merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuh ke dalam telinga. Jadi, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan adanya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal. Bersihkan saja sekitar ronggal telinga dengan handuk lembut.

Hindari Menggaruk

Saat telinga gatal hindari cara mengatasinya dengan menggaruk telinga karena akan mengakibatkan dampak buruk, seperti iritasi, bahaya tetanus hingga memunculkan bisul.

Gunakan Pelindung

Pada saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, kemungkinan ada gangguan pada telinga yang disebabkan oleh tekanan yang terjadi. Gangguan ini lebih besar terjadi pada anak-anak. Rasa sakit hingga pendarahan adalah dampak yang bisa muncul akibat tekanan tersebut. Untuk mencegahnya, gunakan alat penyumbat telinga yang dirancang khusus selama penerbangan.

Tetap kering

Telinga yang selalu basah atau lembab dapat memungkinkan bakteri masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi atau otitis eksterna. Jika kamu merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala dan tarik daun telinga untuk merangsang air keluar. Jaga agar telinga tetap kering.

Periksa Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap sehingga anda perlu memastikan kondisi telinga selalu dalam keadaan sehat setiap waktu.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...