Desain Logo Google Dan Perkembangannya

Google Inc. perusahaan yang berdiri pada 04 September 1998 ini telah menduduki peringkat teratas sebagai mesin pencari yang paling di gemari di seluruh dunia. Didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin perusahaan ini sekarang berkantor pusat di Mountain View, California, CA, Amerika Serikat, setelah sebelumnya beberapa kali melakukan relokasi.
Desain Logo Google Dan Perkembangannya
Desain Logo Google Dan Perkembangannya

Perusahaan multinasional asal Amerika Serikat ini dari segi bisnisnya, yaitu sebagai perusahaan jasa yang mendominasi dari segala aspek produk internet. Dimulai dari platform mesin pencari di jaringan komputer hingga setiap produk perkembangan teknologi di dunia tidak lepas dari google. Bahkan di tahun 2015 ini google mencetak rekor baru dalam sejarah, yaitu peningkatan saham terbesar dalam satu hari sebesar 16.26% menjadi US$699.61 per lembar, dengan nilai pasar (Market Value) mencapai US$400 Miliar atau setara dengan Rp.5.200 Triliun.

Uniknya perusahaan dengan kekayaan sebesar ini memiliki nama dari sebuah kecelakaan, dimana Larry Page dan Sergey Brin pada awalnya memberi nama perusahaan ini BackRub, kemudian pada tahun 1997 merubah namanya menjadi Googol, yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol. Oleh karena itu misi google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi para investor mendapatkan kesalahan dengan mengeja nama googol menjadi google, dan terlanjur menuliskannya dalam cek. Alhasil nama google melekat hingga sekarang ini.

Siapakah yang membuat desain logo google ?

Ruth Kedar seorang seniman dan desainer yang lahir pada tanggal 27 Januari 1955, merupakan seorang wanita yang telah membuat desain logo google seperti yang kita kenal saat ini. Uniknya Ruth Kedar bukan orang bagian Google inc., melainkan dia seorang Profesor Seni konsultan di Departemen seni Stanford University dari tahun 1988 hingga 1999.

Logo google oleh pendirinya memiliki visi yang sederhana yaitu mereka ingin membuat sebuah logo yang menyenangkan tanpa adanya sebuah item, barang, benda apapun yang dapat dikenali atau diidentifikaasi yang pada akhirnya akan membatasi google itu sendiri. Sehingga hanya menampilkan huruf dengan hiasan warna-warni yang menyenangkan.

Silahkan baca :

Dalam mendesain logo google, Ruth Kedar berkali-kali merubah konsep dan tampilan. Hingga pada akhirnya tercipta sebuah logo google yang menarik yaitu :

  • Jenis font yang digunakan adalah Catull, karena font ini menyatukan elemen tradisional dengan font Serif tetapi memiliki elemen moderen dalam lengkungannya. Sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine dimana untuk mencari diperlukan kemampuan untuk melihat masa lalu.
  • Dengan tampilan yang sederhana dan berwarna-warni memberikan kesan mudah dibaca dan menyenangkan dengan anggapan seorang anak kecil-pun dapat membaca tanpa bersusah payah mengejanya. Kaya warna menggambarkan google bukan sebuah perusahaan yang kaku dan membosankan.
  • Tampilan yang bersih (clean) tanpa ada sebuah item yang ditonjolkan, sesuai dengan tampilan muka website google yang hanya berisi logo dan kotak pencarian. Memberikan kesan yang mudah di gunakan oleh siapa saja, karena pengunjung hanya tinggal mengetik informasi yang dicari dan menekan enter.
  • Huruf 'E' dibelakang dibentuk seperti sebuah wajah yang tertawa riang (smile) memberikan definisi google sebagai perusahaan jasa pencari informasi dunia maya tanpa batas yang memberikan kepuasan kepada penggunanya dalam mencari berbagai kebutuhan.

Perkembangan logo Google (orat – oret atau google doodles)

Pada tahun 2000, Larry dan Sergey meminta seorang webmaster Denny Hwang, yang pada saat itu merupakan karyawan magang, membuat orat-oret logo google (Doodles) untuk Hari Bastille. Para pengguna menyambut dengan baik atas ditunjuknya Dennis sebagai pembuat orat-oret utama di Google dan orat-oret mulai semakin sering muncul di beranda Google. Pada awalnya, sebagian besar orat-oret merayakan hari besar yang diketahui secara umum. Kini orat-oret mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi.
google doodles
google doodles

Seiring berjalannya waktu, permintaan untuk orat-oret desain logo google yang menarik ini semakin meningkat di AS dan seluruh dunia. Saat ini google menyediakan divisi khusus untuk illustrator dan insinyur berbakat yang disebut "Doodlers". Bagi mereka, membuat orat-oret telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah para pengguna Google di seluruh dunia.

Hingga saat ini para Doodlers telah membuat lebih dari 2000 Doodle untuk ditampilkan di setiap beranda google di seluruh dunia. Secara rutin, sekelompok Karyawan Google berkumpul untuk bertukar pikiran dan memutuskan acara apa yang akan dirayakan dengan orat-oret. Ide untuk orat-oret datang dari sejumlah sumber, termasuk Karyawan Google dan pengguna Google. Proses pemilihan orat-oret bertujuan untuk merayakan ulang tahun serta perayaan yang menarik dan mencerminkan kepribadian maupun kecintaan Google akan inovasi.

Tim Doodlers selalu senang mendengar ide dari para pengguna, jika anda memiliki ide untuk orat-oret Google berikutnya, anda bisa kirim melalui email ke proposals@google.com. Tim ini menerima ratusan permintaan setiap harinya sehingga mereka tidak dapat menanggapi semuanya. Tapi jangan khawatir, semuanya pasti akan dibaca oleh pihak mereka. Dan bagi anda yang ingin melihat berbagai karya oret-oret perkembangan desain logo google yang telah dibuat oleh para Doodlers anda bisa mengunjunginya di www.google.com/doodles.

Demikianlah informasi sebuah perusahaan dengan penghasilan omset yang sangat besar, tidak terlepas dari desain logo terencana dan konsep visi dan misi yang berhasil dituangkan dalam logo perusahaan tersebut. Semoga artikel Desain Logo Google Dan Perkembangannya dapat menambah wawasan kita dalam mendesain logo yang baik.

[Berbagai Sumber]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...