5 Kesalahan Umum Ketika Menyewa Web Desainer

Untuk menemukan dan memilih desainer web yang tepat merupakan sebuah hal yang membingungkan bahkan membuat frustasi bagi kebanyakan orang yang ingin memiliki sebuah blog atau website dengan konsep yang profesional. Ada begitu banyak faktor-faktor berbeda untuk dipertimbangkan. Ketika anda berada dalam situasi tersebut, berikut ini adalah 5 kesalahan umum yang wajib anda hindari ketika ingin menyewa seorang web desainer.
5 Kesalahan Umum Ketika Menyewa Web Desainer
5 Kesalahan Umum Ketika Menyewa Web Desainer

Menentukan harga sendiri

Biaya untuk menyewa seorang desainer adalah faktor penting yang harus menjadi acuan utama ketika akan menyewa seorang web desainer. Jika anda akan membuat sebuah website untuk keperluan bisnis, dianjurkan bahwa anda jangan mendikte diri anda untuk menilai sebuah website yang bagus hanya bisa dibuat oleh seorang desainer dengan harga yang mahal. Tapi yang harus anda pertimbangkan adalah apakah dengan website tersebut akan meningkatkan performa bisnis anda dan lebih menguntungkan untuk mendatangkan pelanggan yang baru.

Dengan memilih opsi harga biaya terendah untuk menyewa seorang desainer bisa saja anda akan memiliki sebuah website dengan kualitas yang tinggi, namun dengan harga yang tinggi belum tentu anda akan mendapatkan sebuah website dengan kualitas yang tinggi. Dengan kata lain, sebuah harga yang tinggi belum tentu akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan memilih desainer web dengan harga rendah. Berarti disini kita harus pandai memilih desainer web mana yang memiliki kebutuhan yang sesuai dengan bisnis anda.

Anda harus membuat keputusan berdasarkan sejumlah faktor termasuk harga, kualitas portofolio mereka, tingkat komunikasi dengan anda, cara mereka bekerja sesuai dengan yang anda inginkan, dll.

Tidak mempertimbangkan spesialisasi desainer

Jika anda tidak terlalu akrab dengan seorang desainer web yang anda pilih, anda akan sedikit kecewa dengan hasil website yang anda inginkan. Hal ini dikarenakan anda tidak mengetahui karakter dan kebiasaan dari website yang mereka hasilkan. Oleh karena itu, jika anda menginginkan sebuah website yang sesuai dengan proyeksi anda, maka anda harus benar-benar mengetahui kebiasaan dan karakter desainer web tersebut.

Silahkan baca :

Sebagai contoh anda ingin membuat sebuah website dengan desain minimalis, namun anda memilih seorang desainer dengan kebiasaan membuat website yang memiliki banyak animasi flash dan atribut lainnya. Tentu hal ini berlawanan dengan keinginan anda dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Ini sebagai contoh yang jelas, banyak sekali para pencari desainer web sering mengabaikan spesialisasi keahlian mereka ketika memutuskan untuk memilih diantara berbagai pilihan yang ada. Untuk hasil terbaik, anda diharuskan memiliki ide terbaik dari apa yang ingin ditampilkan di situs anda, dan mendasarkan rancangan anda kepada seseorang yang dapat memenuhi kebutuhan anda.

Tidak menimbang update website dan pemeliharaan

Terlepas dari seberapa baik website anda dibangun, hal itu akan selalu membutuhkan update dan pemeliharaan dari waktu ke waktu. Kebanyakan dari para desainer menawarkan layanan ini pada tarif per jam atau sebagai bagian dari sebuah paket.

Biasanya anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan memiliki desainer yang melakukan update dan pemeliharaan. Jika anda tidak memfasilitasi sebuah website untuk selalu update dilakukan pemeliharaan oleh desainer yang telah membuat website anda, mungkin anda bisa memiliki seorang staf di kantor yang mampu membuat pembaharuan terhadap website anda. Inilah yang harus anda pertimbangkan.

Biaya pemeliharaan harus selalu dipertimbangkan, dan sama pentingnya biaya jika tidak mampu melakukan perawatan juga harus dipertimbangkan. Karena jika anda menyewa seorang desainer web dan kemudian tidak melakukan update dan perawatan terhadap website anda, maka situs yang anda bangun akan cepat menjadi usang dan tidak efektif.

Mempekerjakan desainer web yang tidak membuat situs anda SEO Friendly

Ini merupakan suatu hal yang memungkinkan jika terdapat sebuah situs website yang besar dibangun tanpa fasilitas SEO Friendly. Sementara untuk optimasi mesin pencari melibatkan lebih dari struktur situs. Jika sebuah website dimulai dengan dasar pondasi yang kuat akan memberikan kesempatan terbaik untuk bersaing.

Jika anda tidak akrab dengan desain web atau SEO mungkin sulit bagi anda untuk mengevaluasi struktur website. Dalam hal ini, hal terbaik untuk dilakukan adalah meminta desainer potensial bagaimana mesin pencari mempengaruhi keputusan yang mereka buat selama dalam memproses desain web. Idealnya, website harus dibangun untuk orang-orang (para pengunjung nyata) tetapi seharusnya tidak mengganggu mesin pencari spider atau robot yang datang untuk menjelajahi situs anda.

Terlalu dipengaruhi desain dengan tampilan yang terlihat hebat

Banyak desainer menggunakan elemen seperti intro flash pada proyek-proyek mereka sebagai faktor "Wow" untuk para klien yang potensial. Meskipun mereka mungkin terlihat bagus, disebagian besar industri mereka akan mengganggu pengunjung dan meninggalkan kunjungan terhasap situs anda.

Hal ini kembali lagi kepada kebutuhan sebuah situs web dan menemukan seseorang yang dapat memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Cobalah untuk tidak terpengaruh oleh desain tampilan yang sekilas terkesan hebat atau menakjubkan, sedangkan hal tersebut tidak ada hubungannya dengan bisnis anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...