Sejarah YouTube

Didirikan oleh karyawan PayPal dengan ide sebuah situs web video sharing, dimana pengguna bisa meng-upload, berbagi dan melihat konten. Nama domain internet www.youtube.com dibuat pada hari senin, 14 Februari 2005.
Sejarah YouTube
Sejarah YouTube

Berdiri Tahun 2005

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yang semuanya merupakan karyawan PayPal. Sebelum di perusahaan PayPal, Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania sedangkan Chen dan Karim bersama-sama belajar ilmu komputer di University of Illinois di Urbana-Champaign. Dan markas pertama YouTube berada di atas sebuah restoran pizza dan restoran Jepang di San Mateo, California.

Nama domain "YouTube.com" diaktifkan pada tanggal 14 Februari 2005, dan selama beberapa bulan ke depan website tersebut terus dikembangkan. Pemberian layanan upload video dibuka pada 23 April 2005 dan video pertama yang di unggah berjudul "Me at the zoo" serta menampilkan pendirinya yaitu Jawed Karim di San Diego Zoo.

Seperti halnya berbagai perusahaan teknologi, YouTube memulainya seperti sebuah perusahaan yang hebat dan cepat berkembang, meski pada awalnya dengan memiliki kantor hanya sebuah garasi. Pada bulan November 2005, sebuah perusahaan Sequoia Capital menginvestasikan dana awal sejumlah $3.500.000 dan ditambah oleh Roelof Botha yang merupakan mitra perusahaan dan mantan CFO PayPal kemudian bergabung menjadi bagian dewan direksi YouTube. Selanjutnya pada bulan April 2006, Sequoia dan Artis Capital menambahkan nilai investasi sebanyak $8.000.000 pada perusahaan, karena telah mengalami pertumbuhan yang sangat populer dan pesat dalam beberapa bulan pertama.

Pertumbuhan di tahun 2006

Selama musim panas di tahun 2006, YouTube merupakan salah satu situs yang paling cepat berkembang di dunia internet. Dengan lebih dari 65.000 video baru yang di upload dan menghasilkan 100 juta views video per hari pada bulan Juli, menjadikannya sebagai peringkat website kelima yang paling populer di Alexa. Rata-rata hampir sebanyak 20 juta pengunjung per bulan, menurut data Nielsen/NetRatings yang terbagi menjadi 44% perempuan dan 56% laki-laki, dan lebih dominan untuk kalangan usia 12-17 tahun.

Di tahun ini YouTube menandatangani kerjasama dengan NBC mengenai pemasaran dan periklanan pada bulan Juni 2006.

Dibeli oleh Google (2006)

Pada tanggal 09 Oktober 2006, diumumkan bahwa perusahaan akan dibeli oleh Google sebesar US$1.95 milyar. Perjanjian jual beli antara Google dan YouTube tercipta setelah YouTube memiliki tiga perjanjian kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan media dalam upaya menghindari ancaman tuntutan hukum pelanggaran hak cipta. YouTube berencana untuk terus beroperasi secara independen, dengan co-founders dan 67 karyawan yang bekerja di Google. Kesepakatan dalam pembelian YouTube telah selesai pada 13 November 2006 dan merupakan akuisisi terbesar kedua Google. Keuntungan investor YouTube setelah dijual ke Google diantaranya Chad Hurley adalah $395.000.000 sedangkan laba Steve Chen $326.000.000.

Terus berkembang (2007-2013)
  • Diperkirakan pada tahun 2007 YouTube mengkonsumsi seluruh bandwidth internet pada tahun 2000.
  • Di tahun 2007, diadakannya sebuah program YouTube Awards yang merupakan program tahunan yang diberikan kepada kepada video YouTube terbaik dari tahun sebelumnya oleh komunitas YouTube.
  • Pada tanggal 23 Juli dan 28 November 2007, CNN dan YouTube memproduksi rekaman debat presiden di televisi.
  • Pada bulan November 2008, YouTube menjalin kerjasama dengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS. Yang memungkinkan perusahaan untuk meng-upload film berdurasi penuh atau secara episode pada YouTube disertai dengan iklan. Langkah ini dimaksudkan untuk menciptkan persaingan dengan situs lainnya seperti Hulu, yang menampilkan berbagai film dari NBC, Fox dan Disney.
  • Tahun 2008, YouTube dianugerahi "Peabody Award" dan diberi julukan "a speakers corner" yang  secara baik mewujudkan dan mempromosikan demokrasi.
  • Pada awal tahun 2009, YouTube mendaftarkan domain www.youtube-nocookie.com untuk video unggahan di Amerika Serikat. Pada bulan November di tahun yang sama, YouTube meluncurkan versi "Shows" yang tersedia untuk masyarakat Inggris, dengan menawarkan sebanyak 40.000 full-length program shows dari sebanyak 60 mitra yang bekerjasama.
  • Entertainment Weekly menempatkan YouTube sebagai perusahaan terbaik pada akhir dekade yaitu bulan Desember 2009.
  • Pada bulan Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan penyewaan film secara online yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di AS, Inggris dan Kanada. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film. Pada bulan Maret 2010 YouTube mulai memberikan streaming bebas untuk konten tertentu, termasuk 60 pertandingan Kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini adalah yang pertama kali di seluruh dunia untuk siaran online gratis dan acara olah raga besar.
  • Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube menampilkan desain baru dengan tujuan untuk menyederhanakan tampilan antar muka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pengguna di situs. Dari perubahan ini pada bulan Mei 2010 dilaporkan YouTube telah melayani lebih dari 2 miliyar views video per hari, pada Mei 2011 YouTube melaporkan telah menerima lebih dari 3 miliyar views video per hari, dan pada bulan Januaru 2012, YouTube menyatakan bahwa angka tersebut meningkat menjadi 4 miliyar views video streaming per hari.
  • Menurut data Mei 2010 yang diterbitkan oleh perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia domain video online di Amerika Serikat, dengan pangsa pasar sekitar 43% dan lebih dari 14 miliar video yang dilihat selama bulan Mei.
  • Pada bulan Oktober 2010, Hurley mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer dari YouTube untuk mengambil peran penasehat, dan Salar Kamangar akan mengambil alih sebagai kepala perusahaan.
  • Selama bulan November 2011, situs jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan web browser Chrome, yang memungkinkan video YouTube dapat dilihat dihalaman muka Google+. Pada Desember 2011, YouTube meluncurkan versi baru antar muka situs, dengan saluran video yang ditampilkan di kolom tengah halaman beranda, mirip dengan berita feed dan situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru dari logo YouTube diperkenalkan dengan warna yang lebih gelap pada bagian warna merah, perubahan ini merupakan yang pertama kali dalam desain logo sejak Oktober 2006.
  • Di tahun 2012, YouTube mengatakan bahwa sekitar 60 jam video baru di-upload ke situs setiap menitnya. Dinyatakan sebanyak ¾ video diunggah dari luar AS, dan situs ini memiliki 800 juta pengguna unik per bulan.
  • Mulai dari 2010 hingga sekarang ini, peringkat YouTube di Alexa adalah ketiga yang paling banyak dikunjungi di internet setelah Google dan Facebook.
  • Pada bulan Oktober 2012, untuk pertama kalinya YouTube menawarkan siaran langsung debat presiden AS. Dalam melakukannya YouTube bekerjasama dengan ABC News.
  • YouTube kembali melakukan perubahan desain dan tata letak pada 4 Desember 2012 menjadi sangat mirip dengan aplikasi seluler dan tablet dari situs. Pada tanggal 21 Desember 2012, Gangnam Style menjadi video YouTube pertama yang melampaui 1 miliar views.
  • Pada bulan Maret 2013, jumlah pengunjung unik (unique visitor) terhadap situs ini setiap bulannya mencapai 1 miliar. Pada tahun yang sama, YouTube terus menjangkau media mainstream, meluncurkan YouTube Comedy Week dan YouTube Music Awards. Pada November 2013, YouTube sendiri telah menjadi saluran yang paling berlangganan di internet, hal ini disebabkan pengguna baru disarankan untuk langsung berlangganan setelah mendaftar.

Silahkan baca juga artikel : Sejarah Singkat Perushaan Android

Demikian sekilas sejarah YouTube, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...