4 Alasan Menggunakan CSS Pada Menu Navigasi

Struktur navigasi adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah desain website yang efektif. Navigasi bar atau menu bar adalah sebuah elemen yang menjadi kunci sebuah desain website yang membantu dari segi tampilan dan nuansa sebuah situs. Misalnya melalui warna, tipografi, bentuk dan kadang-kadang pemberian sebuah gambar.
Empat Alasan Menggunakan CSS Pada Menu Navigasi
4 Alasan Menggunakan CSS Pada Menu Navigasi

Sementara tampilan sebuah navigasi yang berlebihan akan menghancurkan komposisi dari website itu sendiri. Idealnya, navigasi harus menarik namun anda jangan terlalu berlebihan untuk memaksimalkan sebuah tampilan pada navigasi, melainkan anda harus lebih terfokus pada konten yang disajikan.

Sayangnya masih banyak sebuah situs yang menggunakan metode navigasi model lama atau bentuk pengkodean yang sudah usang. Contohnya sebuah menu navigasi yang memanfaatkan fasilitas gambar pada tampilannya, hal ini tentu tidak akan berfungsi bagi pengunjung sebuah situs yang mematikan fasilitas gambar pada perangkat browser mereka. Namun tidak berarti pula sebuah menu navigasi harus di desain dalam bentuk polos dan tidak menarik ketika di akses.

Berikut ini adalah manfaat menggunakan CSS untuk menu navigasi

Script ringan

Kombinasi CSS dan HTML membuat menu navigasi yang berat jauh lebih ringan (script kode jauh lebih sedikit) dari menu navigasi serupa yang dibuat menggunakan Java Script atau memanfaatkan fasilitas gambar. Namun CSS dapat dikombinasikan ulang dengan gambar dalam pengkodeannya. Komposisi script yang lebih ringan akan memudahkan mesin pencari dalam mengindeks halaman situs anda serta akses tampil halaman situs menjadi lebih cepat.

Aksesibilitas

Navigasi berbasis CSS dapat diakses dan digunakan oleh semua pengunjung. Jika seorang pengunjung situs anda mematikan fasilitas gambar dan script CSS, format navigasi akan secara otomatis tampil dalam bentuk daftar bullet. Sejumlah pengunjung walaupun dengan persentase kecil yang mengunjungi situs anda dengan menggunakan browser lama tetap dapat menggunakan navigasi pada situs anda tersebut.

Pilihan desain yang tidak terbatas

Menggunakan CSS dalam desain menu navigasi, anda sangat memiliki banyak pilihan variasi dan bentuk dalam mendesain situs anda. Bahkan, menu navigasi dengan menggunakan CSS lebih fleksibilitas dibandingkan pilihan navigasi lainnya.

Banyak script gratis tersedia

Jika anda tidak dapat membuat menu navigasi bebasis CSS sendiri dari awal, terdapat banyak script gratis yang tersedia untuk digunakan. Anda akan menemukan menu navigasi yang sama seperti ratusan atau ribuan situs-situs lain. Setiap menu seharusnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan situs anda seperti warna, ukuran font, gambar latar belakang, dll.

Silahkan baca juga artikel : Apakah Memerlukan Sidebar Pada Blog ?

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...