Piano

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts atau keyboard. Alat ini secara luas dikenal sebagai salah satu instrumen musik yang paling populer di dunia. Piano banyak digunakan dalam pertunjukan musik klasik untuk pertunjukan solo, pengiring penyanyi, alat musik ruangan, dan alat musik ini paling banyak digunakan untuk musisi dalam menulis lagu dan latihan. Meskipun alat musik ini bukan merupakan sebagai alat musik portabel dan cenderung mahal, secara fleksibilitas piano dimana-mana telah menjadi salah satu alat musik paling akrab di dunia.
Piano
Piano

Dengan menekan keyboard atau tuts pada piano, hal ini akan menyebabkan palu secara otomatis memukul string baja sehingga menghasilkan suara berupa frekuensi getaran yang merambat melalui papan yang tertanam pada piano.

Kata piano sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu pianoforte yang artinya instrumen. Dalam istilah musik "piano" dan "forte" biasnya diartikan "lunak" dan "keras", namun "piano" disini adalah pesawat atau tingkat, yang menunjukan tingkatan normal dalam bermain musik. "forte" memiliki arti tingkatan yang lebih kuat dalam bermain musik, secara efektif lebih kuat dari biasanya. Hal ini mengacu pada respon sentuhan dalam memainkan alat musik ini, dimana seorang pianis dapat membuat catatan sendiri dalam memainkan dinamika yang berbeda dalam mengendalikan kecepatan terhadap palu pemukul senar.

Sejarah Piano

Piano dibuat berdasarkan inovasi teknologi sebelumnya yaitu instrumen string pertama yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan palu yaitu Dulcimer. Selama abad pertengahan, ada beberapa upaya dalam menciptakan instrumen alat musik string dengan menggunakan keyboard. Pada abad ke-17, telah dibuat mekanisme instrumen keyboard seperti clavichord dan harpsichord atau piano kuno yang terkenal. Dalam clavichord sebuah string dipukul oleh garis singgung, sementara pada harpsichord, mereka dipetik oleh duri. Pada abad berikutnya mekanisme dalam pengembangan piano telah menjadi lebih efektif dimana mereka telah membuat case atau box, soundboard, bridge, dan keyboard.

Tipe jenis piano

Piano moderen hadir dalam dua konfigurasi dasar (dengan subkategori) Grand Piano dan Piano.

Grand Piano

Dalam Grand Piano, frame dan string berbentuk horisontal, dengan posisi string membentang jauh dari keyboard. Terdapat beberapa ukuran pada Grand Piano. Biasanya sebuah generalisasi dasar yang membedakannya adalah grand konser (antara 2,2 – 3 meter), untuk sebuah piano ruangan (1,7-2,2 meter) dan untuk baby grand piano sekitar (1,5 meter).

Semuanya sama saja namun yang membedakan adalah ukuran string yang harus lebih besar, suara yang lebih kaya dan harmonisasi yang dihasilkan oleh senar.

Upright Piano

Upright piano atau piano tegak disebut juga piano vertikal, lebih praktis dalam penempatan karena  frame dan string dibentuk secara vertikal dan untuk palu pemukul bergerak secara horisontal. Piano tegak dengan ukuran yang besar kadang-kadang disebut dengan Upright Grand Piano atau grand piano tegak.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...