7 Kebaikan Kecil Yang Dampaknya Tidak Kecil

Berbuat kebaikan sebenarnya bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Kita bisa melakukannya hari ini, saat ini, atau bahkan detik ini juga. Atau, mungkin sebagian dari kita perlu alarm untuk mengingatkan agar setiap harimu selalu dipenuhi dengan aktivitas kebaikan. Berikut ini 7 contoh kebaikan kecil yang dampaknya tidak kecil bagi sekeliling anda.
7 Kebaikan Kecil Yang Dampaknya Tidak Kecil
7 Kebaikan Kecil Yang Dampaknya Tidak Kecil

Bersyukur setiap hari

Berpikiran positif dan selalu bersyukur akan membuat hidup kita menjadi lebih tenang. Bersyukur atas kondisi apa pun yang kita alami akan membuat jiwa terasa tentram, tidak mudah terpancing amarah, lebih sabar, dan pemaaf. Buukan tidak mungkin aura positif kita ini akan menginspirasi dan memotivasi orang-orang di sekeliling anda.

Berikan senyum yang tulus

Anda bisa berbuat baik dengan memberikan senyum yang tulus. Memberikan senyum kepada orang yang kamu temui, misalnya rekan kerja, akan menjadikan anda dikenal sebagai pribadi yang ramah dan membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitar anda.

Silahkan baca artikel :

Buang sampah pada tempatnya

Jangan merasa berat untuk membuang sampah pada tempatnya. Ini sebenarnya aktivitas yang sangat ringan namun banyak yang belum menjadikan aktivitas ini sebagai sebuah kebiasaan. Padahal dampaknya bukan cuma membuat lingkungan tampak bersih dan enak dipandang, tapi anda juga sekaligus telah membantu meringankan pekerjaan petugas kebersihan dan turut menjaga lingkungan.

Tidak egois di angkutan umum

Buat kamu yang sering memanfaatkan tranportasi publik seperti busway dan commuter line, cobalah untuk mengalah dan memberikan tempat duduk bagi mereka yang membutuhkan, seperti ibu hamil, lansia dan penyandang difabel. Percayalah, lelah anda akan berbuah berkah.

Memberi kesempatan pejalan kaki menyebrang

Saat fokus berkendara anda juga bisa tetap melakukan kebaikan bagi sekeliling anda. Contohnya, dengan bersabar menurunkan kecepatan kendaraanmu untuk memberi kesempatan kepada pejalan kaki menyebrang, Mengurangi beberapa detik laju kendaraan tidak menjadikan waktu anda terbuang. Justru anda telah memberikan rasa aman kepada mereka untuk menyeberang.

Berbagi makanan

Saat membeli makanan, misalnya untuk berbuka puasa atau makan siang, tidak ada salahnya memesan satu porsi lagi untuk diberikan kepada orang lain yang anda temui, bisa petugas kebersihan, pedagang asongan, tukang parkir di jalan, atau orang yang membutuhkan.

Saring sebelum sharing

Di era teknologi seperti sekarang ini arus informasi khususnya di sosial media menjadi sangat besar dan tak terkendali. Agar tidak menyebarkan informasi Hoax dan menyinggung sebagian golongan, ada baiknya anda melakukan saring informasi yang didapat sebelum men-sharing-nya via platform sosial media anda.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...