Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Mau berapa besar pun RAM yang ada di smartphone Android kamu, dalam beberapa kondisi pasti akan terasa lambat atau lemot. Faktornya bisa banyak hal. Berikut adalah cara-cara mengatasi smartphone yang lemot.
Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Yang Lemot
Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Perhatikan Jumlah Memori

Hindari penyimpanan data hingga memenuhi memori internal. Jika kamu sering menyimpan banyak data, diusahakan untuk membeli smartphone yang dibekali dukungan kartu memori. Atau, beli yang dibekali memori internal luas.

Cukup Gunakan 1 Aplikasi Antivirus

Hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus terus berjalan di smartphone. Dampaknya RAM kamu jadi boros dan performa Android jadi lemot. Bisa dibayangkan jika kamu mengunduh lebih dari satu aplikasi antivirus.

Selalu Update Software

Setiap ada pemberitahuan update software, segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya. Selalu meluangkan waktu untuk memeriksanya di menu Settings - About - System Update lalu pilih Check for Updates.

Kurangi Penggunaan Widget

Selain memperindah tampilan pada layar, Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait. Namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Kurangi penggunaan Widget.

Hapus atau Hentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Kadang, memang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem. Untuk menghentikannya, kamu buat aplikasi-aplikasi tersebut Disable, dengan cara masuk Settings - Apps, lalu pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

Bersihkan Cache Data

Cache adalah tempat menyimpan data sementara. Cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat Android lemot. Cara membersihkannya, masuk Settings - Apps - All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, kamu juga bisa sekaligus membersihkan cache pada Android kamu melalui menu Settings - Storage - Cached Data, dan pilih OK saat ada pop up.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonymous
March 27, 2018 at 10:33 PM delete

informssi yang bermanfaat, tks

Reply
avatar
loading...