Gerhana Matahari


Apakah yang dimaksud dengan Gerhana Matahari ?

Gerhana matahari adalah suatu peristiwa ketika bulan bergerak pada posisi antara matahari dan bumi, sehingga menghalangi sinar matahari yang menuju ke bumi (membayangi bumi).
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Bayangan Bulan

Jika anda ingin melihat gerhana matahari, anda harus berada dalam jalur bayangan bulan, yang memiliki tiga bagian yang berbeda :

Umbra : merupakan bagian dari bayangan bulan yang terdalam dan tergelap. Cahaya matahari terhalang pada posisi ini dan pada tempat-tempat di bumi dimana Umbra jatuh. Pada posisi ini lingkaran matahari tidak terlihat lagi. 

Penumbra : bagian terluar dan paling teringan dari bayangan bulan, hanya bagian dari cahaya matahari yang terhalang pada tempat-tempat di bumi dimana pada saat Penumbra bulan jatuh. Pada posisi ini sebagian lingkaran matahari terlihat.

Antumbra : Antumbra bulan terletak diluar Umbra. Terlihat pada jarak yang melingkar disekitar bulan. Karena dari bumi, bulan akan tampak lebih kecil dan tidak sepenuhnya memblokir atau menghalangi matahari, sehingga pada bagian tepi luarnya masih terlihat.

Jenis-jenis gerhana matahari

Terdapat empat jenis gerhana matahari dan masing-masing ditentukan oleh jenis bagian dari bayangan bulan yang jatuh terhadap bumi :

Total : sebuah gerhana matahari Total terjadi ketika bulan benar-benar menghalangi secara penuh matahari dan memperlihatkan Umbra dan Penumbra ke bumi. Sebuah gerhana matahari total hanya dapat terjadi ketika bulan berada pada titik perigee-nya (titik terdekat dengan bumi). Anda dapat mengalami gerhana matahari total jika anda berada di jalur Umbra bulan. Anda dapat melihat gerhana parsial pada tempat dimana Penumbra matahari jatuh.
"Jalur atau orbit bulan mengelilingi bumi adalah berbentuk elips, dengan satu sisi orbit lebih dekat ke bumi daripada yang lain. Sisi yang paling dekat disebut titik Perigee dan sisi paling jauh disebut titik Apogee."

Parsial : gerhana matahari Parsial hanya terjadi ketika bulan tidak sepenuhnya menutupi lingkaran permukaan matahari dan hanya melemparkan Penumbra pada bumi.

Annular : gerhana matahari Annular terjadi ketika Antumbra bulan jatuh ke bumi. Lingkaran permukaan bulan mencakup pusat permukaan lingkaran matahari, hanya menyisakan permukaan luar bagian lingkar matahari. Gerhana ini disebur juga dengan gerhana Cincin Matahari, dan hanya terjadi pada saat bulan berada pada titik Apogee (titik terjauh dengan bumi).

Hybrid : gerhana Hybrid sangat jarang terjadi. Hal ini bisa terjadi ketika gerhana matahari Annular berubah menjadi gerhana matahari total.

Terjadi hanya pada bulan baru atau pergantian bulan

Proses terjadinya gerhana matahari, dimana matahari, bulan dan bumi harus sejajar sempurna atau berada dalam satu garis lurus yang sempurna. Kesejajaran ini oleh pihak Astronom disebut dengan Syzygy. Dan hal ini hanya bisa terjadi selama fase bulan baru.

Meskipun bulan baru diperlukan untuk dapat terjadinya gerhana matahari, namun kejadian ini tidak selalu terjadi setiap malam pergantian bulan baru. Hal ini karena bidang jalur orbit bulan mengelilingi bumi cenderung pada sudut 5° ke bidang orbit bumi dalam mengelilingi matahari(ekliptika). Titik-titik dimana 2 orbital planet tersebut saling memenuhi disebut dengan node lunar. Gerhana matahari hanya terjadi ketika bulan baru berada didekat simpul bulan.

Musim Gerhana Matahari

Matahari juga harus dekat dengan node sehingga dapat membentuk garis yang sempurna atau hampir sempurna dengan bulan dan bumi. Keselarasan ini hanya terjadi dua kali setahun dan biasanya berlangsung rata-rata selama 34,5 hari. Periode ini disebut dengan musim gerhana. Setidaknya 2 atau paling sering 3 gerhana, terjadi pada musim ini.

Periode bulan synodic adalah periode dari satu bulan baru ke bulan berikutnya. Hal ini kira-kira selama 29 hari atau rentang waktu yang lebih pendek dari gerhana matahari. Oleh karena itu akan ada setidaknya satu bulan baru dengan kondisi gerhana matahari, dan satu bulan penuh serta terjadinya gerhana bulan selama musih gerhana terjadi. Ini berarti bahwa gerhana matahari dan gerhana bulan cenderung datang berpasangan, gerhana matahari selalu terjadi sekitar dua minggu sebelum atau setelah gerhana bulan.

Gerhana matahari lebih sering dibandingkan dengan gerhana bulan

Gerhana matahari lebih sering terjadi dibandingkan dengan gerhana bulan, perbandingannya bisa 2 : 1. Rata-rata dalam satu abad kita dapat melihat sekitar 240 gerhana matahari dan sekitar 150 kali gerhana bulan.

Meskipun demikian, bagi kebanyakan orang gerhana matahari adalah pemandangan yang jauh lebih jarang daripada gerhana bulan. Ada dua alasan untuk kasus ini :

Kita berada pada pusat lingkaran bayangan selama terjadinya gerhana bulan, sehingga semua orang pada malam hari pada setiap tempat di bumi dapat melihatnya. Namun selama gerhana matahari, anda harus berada dalam jalur yang sempit, dimana bayangan bulan jatuh.

Gerhana bulan cenderung bertahan lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari. Durasi teoritis maksimum dalam gerhana matahari total adalah 07.30 menit, sementara rata-rata waktu bertahan dalam gerhana bulan total dapat terjadi selama 100 menit.

Faktanya, rata-rata gerhana bulan total dapat dilihat pada setiap lokasi yang diberikan setiap 2,5 tahun sekali, sedangakan membutuhkan waktu sekitar 375 tahun sekali untuk melihat gerhana matahari total dan itupun hanya terjadi pada lokasi tertentu.

Berapa banyak gerhana terjadi setiap tahunnya ?

Kebanyakan tahun kalender memiliki 4 gerhana, yang merupakan jumlah minimum gerhana yang harus terjadi setiap tahunnya. Dua dari 4 gerhana ini haruslah gerhana matahari. Meskipun jarang, jumlah maksimum gerhana yang dapat terjadi dalam satu tahun kalender adalah 7 (5 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan atau 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan).

Terdapatnya minimal 2 dan maksimal 5 gerhana matahari dalam setahun. Dari sini merupakan sebuah kejadian yang langka jika terdapat gerhana matahari total dalam sebuah tahun kalender.

Menurut perhitungan NASA, hanya sekitar 25 tahun pada 5000 tahun terakhir bumi telah memiliki 5 gerhana matahari. Terakhir kali ini terjadi pada tahun 1935, dan waktu berikutnya akan terjadi di tahun 2206, ketika dua gerhana matahari akan terjadi pada bulan Desember.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...