Manfaat Buah Mangga Untuk Wanita Hamil

Seorang wanita yang sedang hamil harus selalu memiliki asupan gizi yang seimbang, sehingga kebutuhan gizi sang bayi akan terpenuhi. Salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang baik adalah mangga, berbagai jenis buah mangga dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil karena tidak adanya pantangan untuk jenis buah mangga apapun. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat didalam buah mangga untuk wanita yang sedang hamil.
Manfaat Buah Mangga Untuk Wanita Hamil
Manfaat Buah Mangga Untuk Wanita Hamil

Memperlancar sistem pencernaan

Buah mangga memiliki kandungan serat tinggi yang berfungsi untuk sistem pencernaan. Jadi jika seorang wanita hamil yang memiliki keluhan sembelit, dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi buah mangga. Sehingga sistem pencernaan kembali menjadi lancar dan dapat kembali melakukan buang air besar tanpa kendala apapun. Karena kondisi gangguna pencernaan yang tidak lancar dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Meskipun kandungan serat dalam buah mangga sangat baik, tetapi wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mangga dalam porsi besar pada satu waktu. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi buah mangga dengan penyajian jumlah kecil dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah banyak di satu waktu akan menyebabkan gas yang berlebihan di dalam perut. Sehingga kondisi ini akan membuah wanita hamil menjadi tidak nyaman.

Menyeimbangkan cairan tubuh

Kandungan kalium dan potasium dalam buah mangga dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Karena jika volume cairan terlalu banyak di dalam tubuh, itu bisa berdampak buruk bagi wanita hamil. Efek sampingnya adalah hal ini dapat menyebabkan seringnya gejala pembengkakan di kaki, kondisi ini sangat berbahaya karena akan membuat seorang ibu hamil kesulitan dalam berjalan.

Melawan radikal bebas

Buah mangga kaya akan vitamin C yang termasuk dalam kategori antioksidan. Senyawa ini dapat melindungi tubuh anda terhadap kanker. Karena antioksidan sangat ampuh melawan serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai sitem kimia di dalam tubuh, radiasi matahari, asap rokok dan berbagai pengaruh lingkungan di sekitar anda. Radikal bebas dapat memicu penghambatan pada tumbuh kembang janin, hal ini dikarenakan radikal bebas sangat sulit untuk dihindari, oleh karena itu antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Meningkatkan energi dan stamina

Buah mangga diperkaya dengan gula sukrosa dan sumber karbohidrat yang sehat. Jadi jika seorang wanita hamil mengkonsumsi buah mangga tidak akan membuat kadar gula darah meninggkat. Sangat disarankan ketika tubuh anda terasa lemas, konsumsilah buah mangga segar sehingga energi dan stamina kembali pulih. Mangga sangat baik dijadikan untuk cemilan yang sehat dan bergizi bagi ibu hamil.

Silahkan baca artikel : Sehat Dengan Clean Eating

Meningkatkan fungsi visual

Buah mangga juga diperkaya dengan vitamin A yang sangat dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah mangga, maka fungsi visual anda akan tetap utuh. Begitu juga dengan bayi anda, perkembangan organ penglihatannya akan berkembang dengan sangat baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...