Tutorial Custom Paint Gitar Elektrik

Bagi anda yang memiliki gitar kesayangan, khususnya gitar elektrik tentu pernah merasakan bagaimana jika gitar tersebut di repaint ulang atau dengan desain custom sesuai keinginan anda. Namun hal tersebut adalah sebuah pekerjaan yang beresiko tinggi jika kita tidak memahami cara dan teknis dalam melakukan pengecatan tersebut. Bukan sebuah gitar indah yang anda dapatkan, malah menjadi sebuah gitar yang tidak terlihat baik atau mungkin kerusakan pada bagian hardware.
Tutorial Custom Paint Gitar Elektrik
Berikut ini adalah sebuah tutorial custom paint gitar elektrik yang saya dapatkan dari forum orang bule. Dengan total sebanyak 67 gambar, mungkin ini bisa menjadi inspirasi dalam mendesain pengecatan gitar kesayangan milik anda.

Langkah 1 : Persiapan pengerjaan

Dalam setiap melakukan pengerjaan atau pengecatan, tentu kita harus mengetahui apa yang akan dikerjakan dan mengetahui segala persiapannya. Karena banyak orang melakukan custom paint ini dan berakhir dengan kegagalan. Jika perlu, persiapkan segala peralatan dan tulis langkah-langkah yang anda perlukan dalam selembar kertas.

 

Langkah 2 : Pembongkaran

Bongkar gitar anda secara menyeluruh dengan melepaskan semua perangkat hardware pada gitar, neck, dan bagian lainnya hingga tersisa bagian kayu body gitar.






Langkah 3 : Merapihkan dan pisahkan bagian part gitar

Jangan melewatkan bagian langkah ini, gunakanlah kantong plastik kecil untuk memisahkan part-part penting pada gitar anda. Jika kehilangan salah satunya bukankah merepotkan?


Langkah 4 : Menghapus cat dan vernish yang lama





Proses di atas memang bagian paling mengesalkan dan membosankan, yaitu anda harus menghapus seluruh cat awal pada gitar. Sebaiknya gunakanlah cat remover atau anda bisa membelinya di toko-toko yang menyediakan. Namun jika ingin mendapatkan hasil akhir yang maksimal, tentu dibutuhkan kesabaran untuk menghapusnya secara menyeluruh dan merata.

Disamping itu anda bisa menggunakan kertas amplas untuk menghapus sisa-sisa bagian cat yang masih menempel pada body gitar. Pada proses ini, sesekali anda bisa menggunakan lap basah untuk menghilangkan kotoran cat, jika telah selesai anda harus benar-benar mengeringkannya.


Langkah 5 : Menerapkan lapisan pertama cat anda

Lapisan cat pertama yang digunakan adalah warna abu-abu dan sedikit silver, namun harus dipastikan sebelum melakukan pengerjaan pada bagian ini, permukaan body gitar telah di amplas dengan halus dan merata.






Langkah 6 : Menerapkan desain anda

Sebenarnya ini adalah bagian yang menyenangkan, keunggulan kreativitas anda akan sangat diuji pada tahap ini.





Langkah 7 : Buatlah desain pada bagian yang paling mudah terlebih dahulu











Hasil di atas?! COOL... 😊

Langkah 8 : Tahapan desain custom paint berikutnya

Membuat garis-garis dengan nuansa warna coklat dan hijau.





Langkah 9 : Memperjelas warna dan desain tambahan lainnya

Pada tahap ini diperjelas untuk warna coklat dan hijau, serta pada bagian ujung atas body gitar diberikan warna merah. Ditambahkan pula desain pesawat kecil.






Langkah 10 : Memasang variasi stiker seperti paku keling








 

Tahap desain pengecatan pada bagian depan telah selesai.

Langkah 11 : Desain costum paint pada bagian belakang body

Yang harus diperhatikan dalam mendesain bagian belakang, tentu saja desain tersebut harus bisa serasi dengan desain pada bagian depan body gitar anda.







Lihat gambar kucing Felix itu?? imut bukan. 😏

Langkah 12 : Desain pada head neck

Banyak yang memberikan saran jangan terlalu berani bermain-main dengan bagian neck atau head neck gitar anda, karena sangat beresiko. Namun tidak ada salahnya jika anda berani dan memahami proses pada tahapan ini.





Langkah 13 : Sentuhan akhir

Ini adalah proses yang paling penting sebenarnya, karena dibutuhkan konsentrasi untuk hasil akhir kerja anda. Memastikan tidak ada yang terlupakan dalam desain anda, meyakinkan bahwa anda akan puas dengan hal tersebut. Ditambah cat yang telah dipakai harus benar-benar kering, karena tentu saja kita tidak menginginkan jika ada sedikit saja bagian cat yang mengelupas karena tergores.

Dan proses yang paling terakhir adalah vernish. Tanyakan kepada bagian ahli, tentang merek vernish yang paling cocok untuk gitar anda. Karena kesalahan dalam memilih vernish atau terlalu tebal dalam pengolesannya akan mempengaruhi kualitas resonansi gitar anda. Dan pastikan juga proses vernish harus sampai benar-benar kering dan jauhkan dari lingkungan udara yang berdebu.





 

Jika telah selesai semua dengan tahapan pengerjaan di atas, silahkan pasang kembali part komponen gitar elektrik milik anda.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
March 9, 2018 at 6:42 PM delete

berapa waktu yang diperlukan untuk semua ini?

Reply
avatar
Anonymous
March 11, 2018 at 1:57 AM delete

kayaknya ini bisa nyampe 1 bulan atau lebih

Reply
avatar
loading...